Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil

Enda · 30 Jul, 2021 09:00

Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil 01

Cara mudah menambah freon AC mobil di rumah

Freon AC mobil pada umumnya akan berkurang jika mengalami kebocoran. Apabila dalam kondisi darurat, kalian bisa menambahkannya dengan freon kalengan yang biasa dijual di toko spare part.

Sebelum berencana menambahkan freon, sebaiknya kalian memiliki sebuah alat yang dinamakan manifold gauge atau alat untuk mengukur tekanan freon ac mobil. Alat ini secara otomatis akan menunjukkan apakah tekanan freon tinggi ataupun rendah.

Tekanan tinggi biasanya ditunjukkan dengan garis merah. Sedangkan, tekanan rendah biasanya ditunjukkan dengan garis biru.

Baca juga: Mencampur Oli Mesin Beda Merek Bisa Menimbulkan Masalah Besar?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perlu kalian ketahui sebelumnya, Manifold gauge terdiri dari 5 bagian penting didalamnya. Yang diantaranya; skala ukuran tekanan, kran, selang (hose), coupler atau kopel atau naple, dan sightglass (bagian yang menunjukkan isi freon pada alat ukur).

Sebelum memulai pengukuran freon AC mobil, kalian diwajibkan mengetahui lima bagian tersebut. Hal ini bertujuannya agar proses pengukuran berjalan dengan baik, serta dapat mengetahui tekanan freon AC dengan lebih mudah.

Baca juga: 5 Mobil Toyota yang Dipakai di Olimpiade Tokyo 2020, Semuanya Pakai Mobil Ramah Lingkungan

Langkah Mudah Mengisi Freon AC Mobil yang Aman

Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil 01

  1. Pastikan kran dari manifold gauge tertutup sesuai dengan arah gerakan jarum jam. Kondisi ini berlaku untuk jenis kran rendah maupun kran tinggi.
  2. Apabila posisi kran benar-benar tertutup, mulailah memasang naple biru pada service valve AC yang tekanannya rendah. Sedangkan naple berwarna merah untuk service valve AC yang tekanannya tinggi. Pastikan kamu memasang naple yang benar karena letak atau posisi naple pada setiap jenis AC mobil berbeda-beda.
  3. Untuk memudahkan proses pemasangan naple, pasang naple AC dengan gerakan memutar. Dimana bagian atas AC diputar berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian tarik kancingan bawah sesuai arah panah agar naple dapat masuk ke bagian service valve dengan pas. Langkah ini berlaku pada AC bertekanan tinggi maupun rendah.
  4. Selanjutnya, kamu akan mendengarkan suara “klik” jika pemasangan naple AC telah sesuai pada tempatnya.
  5. Putarlah kedua kancingan pada AC bertekanan tinggi maupun rendah (warna merah atau biru) searah jarum jam. Bisa juga ke arah open agar bagian service valve terbuka dan freon akan mengalir dengan baik. Tekanannya juga dapat dibaca dengan mudah melalui alat ukur.
  6. Hasil yang ditunjukkan oleh alat ukur atau manifold gauge biasanya hampir sama karena AC mobil belum dinyalakan. AC yang berada dalam tekanannya dalam keadaan normal akan menunjukkan angka 70 – 90 psi, sehingga mesin mobil masih tetap dalam keadaan dingin. Pastikan kamu dapat membaca tekanan ada alat ukur dengan jelas. Jika ukurannya tidak terbaca, berarti ada yang salah pada alat ukurnya.
  7. Hidupkan mesin, dan hidupkan ac mobil. Saat ac mobil dinyalakan, AC mobil tekanan rendah yang normal akan berada di level 20 – 30 psi. Sedangkan AC mobil tekanan tinggi akan berada di level 170 – 250 psi.

Baca juga: Ini Foto-foto Detil Wuling Hongguang EV Macaron, Mobil Listrik Murah yang Viral Sudah Masuk Indonesia

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru