Cara Menyalip Mobil Lain yang Benar dan Aman di Jalan Raya, Jangan Maksa Biar Gak Celaka!

Prasetyo · 14 Jun, 2021 15:35

Menyalip mobil

Menyalip mobil di jalan raya terkadang dibutuhkan saat kendaraan di depan Anda melaju terlalu pelan. Namun perlu diperhatikan beberapa ha yang juga menjadi bagian dari teknik menyalip mobil yang benar dan aman.

Karena jika salah dalam mengambil tindakan ketika mendahului kendaraan lain, maka kecelakaan pun siap menanti. Kalau sudah begitu, taruhannya nyawa bisa melayang.

Berikut ini, setidaknya ada lima hal sebagai cara menyalip mobil yang benar di jalan raya.

Baca juga : Mana Lebih Berisiko Pecah Ban: Isi Tekanan Kelebihan Atau Kurang Angin?

Kaca Spion Mobil

Cek spion untuk melihat posisi kendaraan lain

1. Cek Kondisi Sekitarnya

Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menuturkan, cara menyalip mobil di jalan raya yang penting untuk diingat adalah pastikan dahulu kondisi disekitarnya. Apakah keadaan itu memungkinkan untuk Anda mendahului kendaraan tersebut atau tidak.

"Yang pertama cek kaca spion untuk memastikan posisi mobil dari arah belakang aman untuk mendahului," katanya. Yang tak kalah penting, perhatikan juga tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan saat hendak menyalip.

Tuas Lampu Sein Mobil

Pastikan lampu sein diaktifkan sesaat sebelum menyalip

2. Nyalakan Lampu Sein Dahulu

Ketika sudah dipastikan kondisi saat itu memungkinkan untuk menyalip mobil atau kendaran lain did epan Anda, maka langkah berikutnya adalah nyalakan lampu sein.

Lampu berwarna kuning yang menyala berkedip ini berguna untuk memberi tanda bagi kendaraan lain jika Anda hendak berpindah jalur untuk mendahului kendaraan lain di depannya.

Rambu tikungan tajam

Jangan menyalip di tikungan tajam

3. Lihat Dulu Apakah Memungkinkan untuk Menyalip

Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah kondisi jalan saat itu memang memungkinkan Anda untuk menyalip mobil dengan benar dan aman. Caranya Anda bisa perhatikan rambu-rambu di ruas jalan tersebut.

Jika terlihat ada rambu tikungan tajam, di depan ternyata lokasi banyak anak-anak menyebrang, saat memasuki area perbukitan, bahkan jika ternyata ada lokasi perbaikan jalan, maka sebaiknya urungkan niat untuk menyalip mobil lain.

Baca juga : Kadang Bikin Kesel Sendiri, Ini Penyebab Klakson Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

Tuas transmisi mobil matic

Turunkan posisi gigi biar akselerasi lebih responsif

4. Menyalip dengan Mobil Matic atau Manual

Cara menyalip mobil yang benar juga patut memperhatikan kondisi dari kendaraan yang sedang Anda kemudikan itu. Dikutip dari Auto2000, supaya mobil berakselerasi lebih responsif, untuk penggua mobil transmisi manual maka sebaiknya turunkan posisi gigi dan tambah tekanan pada pedal gas ketika hendak mendahului kendaraan lain di jalan.

Sementara untuk Anda yang menggunakan mobil matic, maka cara menyalip mobil matic adalah lakukan kickdown di pedal gas supaya tenaga mobil bertambah. Jika memungkinkan, geser tuas tranmisi ke posisi "D3" atau bahkan "2" jika menyalip mobil di jalan menanjak.

Emosi saat berkendara

Selalu tetap tenang saat berkendara

5. Jangan Emosi

Faktor lainnya yang perlu diperhatikan adalah jangan memaksakan diri untuk menyalip mobil di depannya. Jika memang kondisinya tidak memungkinkan, sebaiknya tahan untuk tidak mendahului secara terburu-buru. Jaga emosi apalagi terpancing akibat ulah pengendara lain.

Baca juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanaskan Mesin Mobil, Biar Gak Buang-buang Bensin

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru