window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Chery Omoda 5 EV dan Tiggo 8 Pro Max Bakal Jadi Lawan Berat SUV Jepang

Prasetyo · 20 Nov, 2023 09:26

chery omoda 5 ev

Chery Omoda 5 EV dan Chery Tiggo 8 Pro Max dipastikan hadir di Indonesia tahun depan, keduanya bakal menyapa bertepatan dengan pameran otomotif yang berlangsung di Tanah Air.

Demikian di tegaskan Harry Kamora, Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) saat ditemui di Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Menurut dia, Chery Omoda 5 EV akan hadir lebih dulu, disusul Chery Tiggo 8 Pro Max kemudian yang bakal jadi jagoan baru bagi penjualan Chery Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Omoda 5 EV pasti, Tiggo 8 Pro Max juga pasti tahun depan, dua-duanya kita manfaatin pameran otomotif yang ada disini," jelas Harry.

Baca juga: Chery Omoda 5 EV Sudah Bisa Dipesan di GIIAS 2023?

chery omoda 5 ev

Omoda 5 EV saat tampil di GIIAS 2023

Itu berarti, Omoda 5 EV akan diluncurkan secara resmi dan diumumkan harganya pada saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, sementara Tiggo 8 Pro Max akan hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Harry juga menuturkan punya alasan tersendiri mengapa dipilih kedua pameran tahunan tersebut untuk meluncurkan produk-produk terbarunya.

Sebab menurut dia, ketika hadir pertama kali dalam sebuah ajang berskala Nasional bahkan internasional, maka rasa penasaran masyarakat terhadap produk tersebut akan lebih besar ketimbang mereka melakukan peluncuran bukan bertepatan dengan pameran.

"Gaungnya itu lebih besar, jadi semua orang memperhatikan, semua jadi penasaran, beda kalau kita launching sendiri di luar pameran," ungkap dia.

Baca juga: Chery Omoda 5 EV Segera Dijual di Indonesia, Spesifikasinya Bikin Kagum

Chery Siapkan Charging Station di Seluruh Jaringan Dealer

chery omoda 5 ev

Sudah terpesan 350 unit

Sebelumnya Harry juga telah mengungkapkan, dalam rangka persiapan hadirnya mobil listrik Omoda 5 EV, maka pihak CSI akan memberikan fasilitas tambahan baru di semua jaringan dealer resmi Chery.

CSI akan melibatkan semua dealer terkait berbagai persiapan, mulai dari service sampai ketersediaan tempat pengisian daya listrik (charging station).

Rencananya mulai tahun depan akan ada 50 dealer yang sudah terpasang sistem pengisian daya listrik cepat (fast charging) DC yang lokasinya ada di area parkir bagian depan dealer.

Selanjutnya Harry juga menjelaskan, meski baru akan resmi dirilis tahun depan, tetapi jumlah pesanan mobil listrik Chery ini sudah terpesan setidaknya 300 unit dari sejak diperkenalkan saat GIIAS 2023, Agustus lalu.

chery omoda 5 ev

Tampilan fisiknya tak berbeda jauh dari Omoda 5 bermesin ICE

"Itu kita kumpulkan dari GIIAS di BSD kemudian di daerah-daerah, di setiap pameran juga, dan nanti mereka dapat unitnya mulai Februari tahun depan, setelah launching langsung dapat unit," ucap Harry.

Dirinya juga memastikan, jika unit Omoda 5 EV yang akan didapatkan konsumen tahun depan, sudah dirakit Completely Knock Down (CKD) secara lokal di pabrik Chery yang bekerja sama dengan pT Handal Indonesia Motor.

"Kita sudah rakit disana, dari Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, Omoda 5, Omoda 5 GT, sampai Omoda 5 EV," jelas Harry.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, SUV Paket Lengkap dengan Harga Menggoda

Chery Tiggo 8 Pro Max Siap Menggemparkan Indonesia

chery tiggo 8 pro max

Fiturnya lebih lengkap dari Tiggo 8 Pro

Selain mobil listrik, Chery Indonesia juga akan menghadirkan satu produk andalannya lagi tahun depan, yakni Chery Tiggo 8 Pro Max.

Ya, varian flagship dari Tiggo 8 Pro ini memang sudah lama dibicarakan bakal masuk pasar Tanah Air, namun rupanya baru akan terwujud di 2024.

Bila melihat spesifikasi Tiggo 8 Pro Max yang ada di China, maka sepertinya tidak berbeda banyak dengan Tiggo 8 Pro yang juga sudah dipasarkan di dalam negeri.

Karenanya, Rifkie Setiawan, General Manager Marketing CSI sempat bertutur jika Tiggo 8 Pro Max akan pakai nama Tiggo 8 Pro saja saat masuk ke Indonesia, namun menjadi varian facelift dari Tiggo 8 Pro versi Indonesia.

Baca juga: Chery Tiggo 7 Pro Diubah Jadi Service Car, Bagasi Penuh Peralatan Mekanik

chery tiggo 8 pro max

Desain lampu belakang berbeda

Apakah penamaannya berarti bakal menjadi New Tiggo 8 Pro? Bisa jadi!

Sebagian varian di atasnya, tentu ada beberapa hal yang berbeda antara Tiggo 8 Pro Max dan Tiggo 8 Pro, termasuk dari sisi kelengkapan fitur.

Misalnya pada desain grill baru yang oleh pihak Chery dijuluki Galactic Grill, selain itu desain headlamp juga berubah menjadi panel LED lengkap dengan DRL berbentuk L shape. 

Kemudian pada lampu belakang ditambahkan LED plasma, serta ada footstep automatic yang akan keluar saat pintu dibuka.

Baca juga: Ada Omoda 5 EV, Chery Pede Bisa Kuasai Pasar Mobil Listrik di Indonesia

chery tiggo 8 pro max

Interiornya yang versi China

Soal sumber tenaga, Tiggo 8 Pro Max tetap dijejali mesin 2.0-liter turbo dengan daya hingga 250 hp dan torsi 390 Nm, tetapi unit ini menggunakan sistem penggerak roda AWD seperti halnya yang diterapkan pada Omoda 5 GT AWD.

Untuk harga Chery Tiggo 8 Pro Max, Harry belum mau menyebut karena menurut dia saat ini masih tahap finalisasi keputusan dari pihak manajemen CSI.

Meski begitu dirinya berharap banderol mobil AWD kedua Chery di Indonesia tersebut tidak akan jauh dari versi sebelumnya.

Sebagai catatan, saat ini harga Chery Tiggo 8 Pro adalah Rp 528,5 juta untuk tipe Luxury, dan Rp 558,5 untuk tipe Premium.

Baca juga: Tidak Pakai Nama 'Pro Max', Ini Bedanya Chery Tiggo 8 Pro Indonesia dengan Versi China

Chery Rayakan 1 Tahun Kehadiran di Indonesia

1st Anniversary Chery Indonesia

Perayaan 1 tahun Chery Indonesia di Jakarta

Pada Minggu, 19 November 2023, Chery juga merayakan setahun kehadiran mereka di Indonesia untuk meramaikan perkembangan otomotif di Tanah Air.

Sepanjang satu tahun perjalanan Chery di Indonesia, penjualan retail Januari-Oktober 2023, mencapai 3.418 unit, dimana kontribusi penjualan terbanyak adalah Omoda 5, yaitu sebanyak 75 persen.

Adapun rata-rata penjualan Chery dari November 2022 sampai Oktober 2023 tercatat 400 unit per bulan, yang terdiri dari Tiggo 7 Pro dan 8 Pro, serta OMODA 5 Series. 

Chery juga mengklaim jika saat ini pabrikan yang berpusat di Tiongkok itu sudah masuk sembilan besar merek otomotif terlaris kategori mobil penumpang.

Baca juga: Sudah Setahun Chery di Indonesia, Seberapa Laris Penjualannya?

1st Anniversary Chery Indonesia

Chery sudah masuk 10 besar merek kendaraan penumpang di Indonesia

Pondasi kuat yang dibangun oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI), akan diteruskan sebagai sebuah komitmen untuk melangkah bersama konsumen menuju visi Chery di masa depan, yaitu mobilitas berkelanjutan.

"Kami sangat bersyukur atas pencapaian Chery selama satu tahun di Indonesia. 

Pencapaian ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama yang baik dari seluruh tim Chery, serta dukungan dari konsumen dan mitra kami. 

Waktu satu tahun ini benar-benar kami gunakan untuk membangun pondasi yang kuat karena kami ingin memberikan kontribusi kepada perkembangan otomotif di Indonesia secara signifikan dan dalam jangka waktu yang panjang," ujar Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia.

Baca juga: 20 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Oktober 2023, Toyota Ngebut Diposisi Pertama

1st Anniversary Chery Indonesia

Dihadiri pengguna dan komunitas mobil Chery di Indonesia

Popularitas Chery di Indonesia juga didukung dengan perluasan jaringan dealer yang saat ini berjumlah 48 dari target 60 dealer di semua kota besar di Indonesia.

Selain penjualan, Chery menerima banyak penghargaan dari media dan konsumen pada berbagai ajang bergengsi tingkat nasional dan internasional.  

Chery Omoda 5 meraih total 7 penghargaan dan Tiggo Pro Series juga meraih total 4 penghargaan.

"Kami akan terus berupaya untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik bagi pelanggan, dengan inovasi dan dedikasi sebagai panduan utama kami," tutup Qu Jizong.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil