Daftar Mobil Teraman di Indonesia Hasil Pengujian ASEAN NCAP. Mulai Toyota hingga MG

Dhoni · 24 Jan 2021 09:00

Tingkat keselamatan dan kenyamanan sebuah mobil menjadi bagian terpenting, Jadi buat apa memiliki mobil dengan harga selangit tapi tidak nyaman dan memberikan jaminan keselamatan saat dikendarai? Namun antara kenyamanan dan keselamatan, mana yang Anda pilih sebagai prioritas saat memilih kendaraan?

Daftar mobil di Indonesia yang teraman di segmennya

Tentu saja tingkat keselamatan pada mobil agar dapat meminimalkan resiko cedera. Namun jika anda memilih kenyamanan tanpa memperdulikan tingkat keselamatan, lupakan saja artikel ini!

Di Indonesia cukup banyak mobil yang masuk dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV) Sedan hingga City Car. Lalu mobil apa yang paling aman dikendarai di Indonesia sesuai hasil pengujian dari ASEAN NCAP di akhir tahun 2020 lalu?

Pengujian Keselamatan dilakukan ASEAN NCAP

Untuk pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP pada mobil meliputi kemampuan kendaraan dalam melindungi penumpang dewasa (Adult accupant) dengan poin tertinggi 36, melindungi penumpang anak – anak (Child Accupant) – 49 poin dan fitur keselamatan pada mobil (Safety Assist) – 18 poin untuk nilai tertinggi. Berikut lima mobil dari berbagai segmen yang mendapatkan rate 5 bintang dari ASEAN NCAP.

Medium SUV: MG ZS

MG ZS dibanderol dari harga 261 juta – Rp 295 juta

Mobil dengan brand asal Inggris, yang kini dimiliki oleh korporasi dari China dan diproduksi di Thailand ini berhasil memperoleh rate 5 bintang dari ASEAN NCAP. Total penilaian yang diperoleh MG ZS sebesar 81,00.

Hasil pengujian MG ZS oleh ASEAN NCAP

Dengan harga mulai dari Rp 261 juta – Rp 295 juta, MG ZS tersedia dalam dua varian, tetapi tetap menggunakan mesin 15S4C DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – TECH berkapasitas 1.498 cc.

MPV: Toyota Kijang Innova

Harga Toyota Kijang Innova Rp339 juta hingga Rp442 juta

Toyota Kijang Innova yang menjadi mobil terlaris keempat sepanjang tahun 2020, berhasil meraih rate 5 bintang daari ASEAN NCAP. Mobil yang banderol mulai dari harga Rp 339 juta hingga Rp 442 juta mendapatkan penilaian 82,69. Hasilnya rate 5 bintang didapatkan oleh Toyota Kijang Innova sebagai mobil buatan Indonesia dan di ekspor ke Brunei Darussalam, Kamboja, Laos dan Myanmar.

Hasil pengujian Toyota Kijang Innova oleh ASEAN NCAP

Dengan kemampuan Toyota Kijang Innova yang dapat melindungi pengemudi maupun penumpang, tidak salah masuh sebagai mobil berkapasitas 7 penumpang yang cukup digemari di Indonesia.

Small Family Car: Honda City

Honda City dibanderol Rp 352 juta

Honda City yang masuk dalam segmen mobil sedan berhasil memperoleh nilai sebanyak 86,54 sehingga meraih rate 5 bintang dari ASEAN NCAP. Mobil yang hadir di Indonesia dalam satu varian yakni E CVT dibanderol dengan harga Rp 352 juta.

Hasil pengujian Honda City oleh ASEAN NCAP

Honda City menggunakan mesin dengan kode L15Z1 berkapasitas 1.497 cc yang menggunakan transmisi Automatic CVT with Earth Dreams Technology. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 120 Ps dengan torsi 145 Nm.

Medium SUV: Toyota Corolla Cross

Harga Toyota Corolla Cross Rp 460 juta hingga Rp 510 juta

Toyota Corolla Cross berhasil memperoleh penilaian dari hasil pengujian ASEAN NCAP sebanyak 88,61 sehingga meraih rate lima bintang. Toyota Corolla Cross yang masuk dalam segmen SUV dengan kapasitas penumpang 6 orang.

Hasil pengujian Toyota Corolla Cross oleh ASEAN NCAP

Dengan mengusung platform TNGA, Toyota Corolla Cross dibanderol dari harga Rp 460 juta hingga Rp 510 juta. Untuk performa Toyota Corolla Cross menggunakan mesin 2ZR-FE, 4 Cylinder In-line, DOHC 16 Valve dengan CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock.

SUV: Isuzu MU-X

harga Isuzu MU-X Rp 459 juta hingga Rp 520 juta

Isuzu MU-X merupakan salah satu SUV yang berhasil meraih rate 5 bintang dari ASEAN NCAP. Memang mobil dari segmen SUV cukup berjaya pada pengujian tingkat keamanan dengan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat memberikan perlindungan.

Hasil pengujian Isuzu MU-X oleh ASEAN NCAP

Untuk total nilai yang diperoleh Isuzu MU-X sebesar 86,81 dari hasil pengujian oleh ASEAN NCAP. Mobil seharga Rp 459 juta hingga Rp 520 juta memiliki kapasitas mesin 2.499 cc dari mesin diesel dengan kode 4JK1-TC Hi-Power In-Line 4-Cylinder, DOHC.

Selain kelima mobil diatas, berikut daftar mobil teraman dari ASEAN NCAP yang belum lama diuji, serta dijual di Indonesia: 

Daftar Mobil Hasil Pengujian ASEAN NCAP
Merek & tipe Nilai Jumlah Bintang
Nissan Magnite 70,60 4
Mitsubishi Outlander 83,54 5
Nissan Kicks 86,93 5
Toyota Fortuner 87,46 5
Toyota Hilux 83,42 5

Kesimpulan 5 mobil teraman di Indonesia

Data yang kami rangkum dari ASEAN NCAP merupakan mobil – mobil yang diuji pada tahun 2020. Jadi sangat mungkin mobil kesayangan anda tidak masuk dalam daftar mobil teraman versi ASEAN NCAP.

Namun berbagai faktor, termasuk kondisi jalan hingga cuaca memberikan pengaruh yang cukup besar. Tapi bagaimana pun, keamanan dari sebuah mobil menjadi prioritas terpenting. Jadi, mencari informasi tentang jaminan keselamatan kendaraan yang ingin Anda beli menjadi salah satu hal yang patut menjadi prioritas.

Komentar