window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

MG One 2022 Calon Rival Kuat Honda HR-V di Indonesia, Berapa Harganya?

Prasetyo · 3 Sep, 2021 15:30

MG One 2022

MG One 2022 merupakan model SUV compact terbaru dari brand blasteran Cina-Inggris, Morris Garage (MG) Motor. Diperkenalkan pertama kali di Cina, namun MG mengaskan kalau ini adalah produk global. Sehingga terbuka kemungkinan MG One SUV juga akan dipasarkan di negara lain.

Apakah itu artinya Indonesia berpeluang kedatangan mobil ini? Bisa saja. Apalagi pasar SUV berdimensi ringkas juga sedang naik daun disini. Lihat saja bagaimana penjualan Honda HR-V terus tak terbendung, serta peminat Kia Seltos dan Kia Sonet kiat meroket, sampai duet Raize - Rocky yang seakan jadi mobil fenomenal setahun belakangan.

MG One Pakai Platform SIGMA

MG One 2022 -1

Gunakan platform baru

Dalam keterangan resmi perusahaan, MG One 2022 menggunakan platform SIGMA baru. Ini merupakan teknologi khas dari MG Motors untuk mengoptimalkan ruang interior sehingga bisa efisien sampai 70 persen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi bukan berarti kelapangan kabin dipangkas. Arsitektur SIGMA memungkinkan rekayasa mekanis pada kendaraan sehingga bisa menciptakan ruang interior yang seimbang antara keseluruhan dimensi mobil, bentuk eksterior, serta kenyamanan penumpang di dalam kabin.

MG One 2022 -2

Janjikan ruang kabin yang lapang

Desain SIGMA juga dibuat untuk mudah beradaptasi dengan bentuk bodi apapun, bukan hanya compact SUV namun juga bisa diterapkan pada model Big SUV, hatchback, sampai mobil sport. Kemudian platform ini juga dapat dijejalkan dengan tipe mesin apapun. Baik itu pembakaran internal, hybrid, hingga full elektrik.

Baca juga : MG ZS Facelift 2021 Tertangkap Basah Ada di Jakarta, Siap-siap Sapa Konsumen

Ada Dua Tipe

MG One diperkenalkan dalam dua varian berbeda, yakni Fashionable dan Sporty yang masing-masing diwakili dalam dua warna berbeda, Bubble Orange dan Wilderness Green. Namun secara garis besar keduanya punya bahasa desain serupa.

MG One 2022 -3

Dari belakang mirip Mazda CX-5

Di bagian depan ada gril tiga dimensi yang cukup besar, namun untuk model Fashionable tampilannya lebih agresif. Begitu juga bentuk bemper depan dimana pada model Sporty sedikit lebih halus ketimbang Fashionable.

Lampu depannya tajam dan sudah full LED yang terintegrasi dengan DRL. Sementara pola atapnya merendah di bagian belakang sehingga memberikan siluet model coupe. Namun MG menegaskan kesan SUV pada mdoel ini dengan atap yang ditambahkan roof rail. Lantas pilihan velg juga diamaternya cukup lebar dan juga desainnya terlihat sporty.

Interiornya Syarat Teknologi Tinggi

MG One 2022 -4

Interior MG One

Tampilan yang cukup agresif di bagian luar ternyata begitu berbeda dengan nuansa kabinnya. Mobil ini memiliki interior dengan atmosfir terknologi yang begitu kuat. Mungkin hal itu akibat MG menyasar konsumen kalangan muda untuk SUV tersebut.

Desain dasbornya dan konsol tengah clean karena hampir tak ada tombol berlebihan disana. Di sisi pengemudi tertampil monitor besar dengan layar memanjang yang terbelah jadi tiga bagian. Sisi paling kanan bertugas sebagai pusat infotainment, sementara dua bagian di kiri untuk informasi ke pihak pengemudi.

Baca juga : Waspada Sebelum Membeli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan MG HS

MG One 2022 -5

Layar super lebar yang terbagi tiga

Tema warna kabin juga kombinasi hitam dengan kuning. Atau bisa saja ini tergntung dari warna eksteriornya. Yang jelas aksen silver cuma ditemui sedikit pada bagian dasbor.

Lawan Berat Honda HR-V di Indonesia

MG One 2022 akan menggunakan mesin turbo 1.5-liter yang dikombinasikan dua model gearbox. Yakni transmisi manual 6 percepatan serta gearbox otomatis kopling ganda (Dual Clutch Transmission). Mesin ini diperkirakan mampu memproduksi daya sekitar 172-182 PS dengan torsi berkisar 250-260 Nm.

Ada indikasi MG Motor Indonesia berniat memboyong SUV compact ini. Sebab melalui unggahan di laman media sosial @mgmotor.id sempat diperlihatkan sosok MG One pada 30 Juli 2021 lalu.

Sayangnya belum ada pernyataan resmi dari pihak MG Motor Indonesia mengenai hal ini. Namun kami prediksi sosok MG One akan dimunculkan saat berlangsungnya pameran GIIAS 2021 November mendatang.

Benarkah demikian begitu MG Motor Indonesia?

Baca juga : Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil