window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dampak Negatif Isi Bensin Mobil Terlalu Penuh, Seberapa Bahaya?

Enda · 12 Okt, 2022 13:00

Dampak isi bensin penuh

Beberapa orang lebih menyukai isi bensin dengan cara full tank supaya tidak perlu sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar. Selain itu, tangki yang terisi penuh dengan BBM juga dapat menghindari timbulnya karat pada tangki.

Namun tahukah kalian, mengisi bensin kepenuhan ternyata dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, loh. Ingin tahu apa saja hal yang bisa ditimbulkan akibat dari tangki BBM mobil yang terisi penuh? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. BBM Akan Terbuang Percuma Lewat Selang Pembuangan

Guna melakukan proses pembakaran secara maksimal, bensin butuh ruang udara pada tangki agar bisa mengembang. Ini yang jadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang.

Fungsi lubang sendiri untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki. Ketika tidak ada ruang kosong sama sekali akibat tangki yang terisi penuh dengan BBM, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut akan keluar dari tangki lewat selang pembuangan. Dengan begitu bensin yang sudah terisi penuh tadi akan terbuang percuma.

Baca juga: Mau Bikin Garasi Mobil yang Ideal? Yuk Cek Dulu Dimensinya

2. Bensin yang Tumpah Berbahaya Untuk Kendaraan dan Kesehatan

Dampak isi bensin penuh

Bensin tumpah berbahaya bagi kesehatan

Pengisian BBM secara penuh memiliki dampak lainnya yang lebih bersifat jangka panjang. Uap bensin yang tumpah ketika mengisi bensin hingga keluar dari bibir tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara.

Bukan cuma itu, bensin yang tumpah akibat terisi penuh juga berbahaya untuk kendaraan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karenanya bensin yang mengenai beberapa bagian kendaraan bisa saja terbakar jika terkena percikan api atau berada di suhu panas tertentu. Jika sudah seperti itu bukan cuma lingkungan atau orang sekitar, tapi juga diri sendiri yang mengalami kerugian.

3. Memudarkan Cat dan Meninggalkan Noda Kuning

Dampak negatif lainnya akibat dari mengisi bensin terlalu penuh dapat memudarkan cat mobil atau menyisakan noda kuning pada body. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimia yang ada di bensin sangat tajam. Guna menghindari kerusakan pada cat mobil, apabila terlalu penuh mengisi bahan bakar hingga keluar bibir tangki sebaiknya langsung lap menggunakan kain bersih.  

Baca juga: Cara Gunakan Shift Lock Release Pada Mobil Hyundai Saat Parkir Paralel

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil