window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Fitur di Mobil yang Bikin Mudik Jadi Lebih Aman dan dan Nyaman, Ada di Mobilmu?

Enda · 12 Apr, 2023 08:30

Mudik lebaran

Rasa aman dan nyaman selama mudik lebaran bagi yang membawa kendaraan pribadi tentunya ditunjang dengan adanya fitur lengkap serta teknologi canggih yang tersematkan di dalam mobil. 

Pasalnya jumlah pemudik pada tahun ini diperkirakan akan melonjak dibanding tahun sebelumnya. Hal ini bisa menimbulkan dampak berupa penumpukan jumlah kendaraan yang memadati ruas jalan utama para pemudik menuju kampung halaman. Berikut ini adalah fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalan mudik.

Baca juga: 7 Barang-Barang di Mobil yang Terlihat Sepele Padahal Wajib Dibawa Saat Mudik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Head Unit dengan Konektivitas Android Auto & Apple CarPlay 

Mudik lebaran

Head unit dengan Konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay

Sistem hiburan yang mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay dapat memberikan kenyamanan selama berkendara. Pasalnya dengan fitur ini pemudik bisa mendapatkan panduan arah melewati jalur alternatif.

Pengguna bisa secara langsung menghubungkan smartphone ke layar sentuh di head unit dari kendaraan menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay. Dari situ, pengguna bisa menampilkan Google Maps melalui layar sentuh pada head unit untuk mendapatkan panduan arah jalan menuju titik yang dituju. Dari segi kenyamanan lainnya, konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay juga memudahkan pengguna untuk memutar musik favorit langsung melalui sistem hiburan.

Baca juga: Toyota Kijang Innova 2004 Cocok Dipakai Buat Mudik, Harga Bekas Lebih Murah dari Terios Konde

2. Fitur Keselamatan ADAS Memberi Rasa Aman

Mudik lebaran

Fitur keselamatan ADAS

Menjaga fokus selama perjalanan mudik merupakan satu hal yang berat bagi pengemudi terlebih jika kurang dalam istirahat. Rasa berkendara yang lebih aman dan nyaman selama perjalanan mudik bisa didukung apabila mobil dilengkapi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi canggih yang ada pada fitur keselamatan ini diantaranya Forward Collision-Avoidance Assist yang dapat membantu menghentikan kendaraan secara otomatis ketika sistem mendeteksi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan. Fitur ini juga berguna untuk menghindari risiko kecelakaan dalam kondisi jalan yang ramai maupun lengang.

Tak hanya itu, ada juga Driver Attention Warning yang mengingatkan pengendara untuk beristirahat jika mendeteksi kurang fokusnya dari cara berkendara. Tidak kalah penting, ada Lane Keeping Assist dan Lane Following Assist yang bisa membantu pengendara untuk tetap berada di lajur aman, termasuk saat berkendara di jalan bebas hambatan.

3. Teknologi Connected Car Services 

Mudik lebaran

Connected Car Services Hyundai Bluelink

Ketika melakukan perjalanan mudik ada kalanya mampir ke rest area untuk beristirahat. Saat meninggalkan mobil, terkadang kita lupa letak terakhir dimana mobil diparkir. Guna mengatasi hal tersebut, ada salah satu  teknologi yang memberikan kenyamanan  berkendara selama mudik yakni connected car services seperti yang ada di Stargazer atau Creta dengan sebutan Hyundai Bluelink.

Sebagaimana fungsinya, fitur ini mampu menghubungkan pengguna dengan kendaraannya dalam berbagai situasi, termasuk ketika ingin menemukan kendaraan dengan lebih mudah. Hyundai Bluelink telah dilengkapi fitur Remote Horn & Light Control untuk menyalakan klakson/lampu serta Find My Car yang menunjukkan posisi mobil melalui peta di aplikasi.

Pengguna pun bisa menyalakan mesin dan AC mobil dengan Hyundai Bluelink, jadi kendaraan sudah sejuk saat kita kembali memulai perjalanan. Pengguna cukup unduh aplikasi Hyundai Bluelink di smartphone untuk menikmati fungsi canggih tersebut hanya dengan sentuhan jari.

Tak hanya itu, Hyundai Bluelink juga siap mendampingi pengguna saat kondisi darurat, misalnya saat kendaraan mengalami masalah. Pengguna bisa menekan tombol Bluelink atau SOS di overhead console mobil untuk menghubungi Hyundai Bluelink Call Center untuk mendapatkan info lokasi Hyundai Service Center terdekat ataupun mendapatkan bantuan yang dibutuhkan langsung ke lokasi seperti mobil derek.

Baca juga: Asik! Tarif Tol Jakarta-Cikampek Ada Promo Diskon 20 Persen Buat Pemudik

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil