window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless

Yongki Sanjaya · 10 Feb, 2022 12:00

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 01

Suzuki pada era 1990-an memiliki beragam model dan jenis kendaraan. Tak cuma pick up atau minibus, Suzuki juga menjual hatchback dan sedan yang cukup laris. Salah satu model lawas Suzuki yang bisa kita beli dengan harga terjangkau ialah Suzuki Esteem bekas.

Esteem ini boleh disebut sebagai mbahnya Baleno atau cikal bakal Baleno. Sebab, Esteem merupakan versi sedan dari Forsa Amenity atau yang di luar negeri dipasarkan sebagai Swift. Versi sedan dari Amenity ini masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan nama Suzuki Amenity Esteem. Saat itu Esteem sempat dijual bersamaan dengan Suzuki Amenity dan Eleny sampai 1993. 

Desain keseluruhan Suzuki Esteem kurang lebih sama persis dengan desain Suzuki Amenity dan Eleny, yang bedanya ada buntut bagasi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 01

Setelah 1993, Esteem menjadi model sedan Suzuki satu-satunya, sebelum akhirnya digantikan oleh Suzuki Baleno pada tahun 1997. Buat kamu yang ingin mencari kendaraan yang terjangkau, bandel, lega, dan perawatan relatif mudah, maka Suzuki Esteem perlu masuk daftar incaran. 

Di pasaran mobil bekas, harga Suzuki Esteem ini cukup bervariasi, mulai dari Rp18 jutaan sampai yang termahal dijual Rp30 jutaan. Artinya, dengan budget mirip Honda Vario 160 baru, kita bisa membeli sebuah sedan motuba yang secara desain belum terlalu ketinggalan zaman. 

Lantas, apa menariknya Suzuki Esteem bekas dengan usianya yang hampir 30 tahun tersebut? Mari kita bahas lebih mendalam. 

Kelebihan Suzuki Esteem, Sedan Compact Era 90-an

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 02

Dengan karakter khas mobil 90-an, Esteem memiliki tampilan yang cukup modern dan performa mesin yang cukup handal. Mobil sedan suzuki ini juga dibandrol dengan harga bekas yang cukup murah. 

Tak heran bila Suzuki Esteem mendapat tempat tersendiri di pasar Indonesia dengan harganya yang terjangkau. Untuk ukuran motuba, sparepart Suzuki Esteem tidak seperti mobil jadul lainnya yang lebih langka dan mahal. Pasalnya, untuk part mesin yang masih punya banyak kemiripan dengan Suzuki Carry

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 03

Suzuki Esteem menghadirkan 2 pilihan mesin, yakni 1.300 cc 8 katup karburator bertenaga 73 hp/6.000 rpm. Kemudian untuk pilihan mesin yang lebih besar yakni 1.600 cc 16 katup yang juga karburator, tenaganya 95hp/6.000 rpm. 

Transmisi yang dipakai tersedia manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda depannya. Tenaga mesin Esteem ini lumayan oke untuk mesin keluaran lawas dan yang terpenting ialah konsumsi BBM cukup irit untuk varian 1.300 cc. 

Suzuki Esteem Punya Fitur Lengkap dan Material Berkualitas, Terkesan Murah Untuk Mobil Bekas

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 04

Suzuki Esteem saat itu ditawarkan untuk keluarga kecil atau pengemudi wanita. Suzuki Esteem diberikan berbagai fitur yang begitu lengkap untuk mobil sekelasnya. Fitur seperti power window, power steering, central lock, dan electric mirror sudah ada pada semua varian mobil ini. Untuk varian GT, Suzuki menambahkan beberapa tambahan fitur dan kelengkapan, seperti tilt steering, defoger belakang serta velg alloy palang lima. 

Kelebihan berikutnya pada mobil ini yakni bahan material body yang kuat dan tebal. Pastinya dengan penggunaan material body yang kuat mobil ini cukup kokoh. Jika dibandingkan dengan sedan terbaru saat ini, material plat besi yang digunakan untuk body Suzuki Esteem dinilai lebih bagus. 

Dimensi Ramping, Suzuki Esteem Lincah Bermanuver di Jalan Perkotaan

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 05

Kelebihan Suzuki Esteem yang perlu kalian perhitungkan ialah ukurannya yang ramping. Hal ini memudahkan untuk bermanuver dengan lincah di jalanan sempit perkotaan. 

Walaupun bodinya kecil, namun luas kabinnya masih proporsional untuk ukuran normal orang Indonesia. Hanya saja, kabin jadi agak sempit untuk orang yang kelebihan berat dan tinggi.

Kelemahan Suzuki Esteem, Kaki-kaki Rentan Keseleo dan Kurang Adem

Harga Cuma Setara Honda Vario 160, Suzuki Esteem Bekas Punya Kabin Lega dan Desain Timeless 06

Setelah membahas kelebihan Suzuki Esteem, tiba saatnya mengupas beberapa kelemahan dari sedan ini. Hal yang paling sering terjadi dan dikeluhkan ialah kaki-kakinya yang agak manja setelah melewati jalanan yang kasar. Permasalahan kaki kaki yang ringkih pada Suzuki Esteem memang menjadi kekurangan yang umum terjadi pada sebagian mobil sedan jadul. Penyakit sejenis juga muncul di Toyota Great Corolla, Mazda Lantis, Honda Civic Genio dan lain sebagainya.

Kelemahan lain Suzuki Esteem yang cukup banyak dikeluhkan oleh sebagian pemilik yaitu kurang dinginnya suhu AC. Hal ini dikarenakan penggunaan komponen AC nya masih cukup sederhana, tidak seperti mobil sekarang ini yang sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi yang mutakhir. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil