Hyundai Bakal Gempur dengan Mobil Buatan Cikarang, Creta di 2021 Menyusul Ioniq 5 Tahun Depan

Prasetyo · 15 Jul, 2021 15:00

Hyundai Creta 2021

Hyundai sepertinya bakal semakin agresif melakukan penetrasi ke pasar otomotif Indonesia. Ini merupakan buntut dari didirikannya pabrik Hyundai di kawasan Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Pada pabrik seluas lebih kurang 77,6 hektare itu akan dibuat secara CKD (Completely Knock Down) sejumlah model global Hyundai. Hal ini ditegaskan langsung oleh Lee Kang Hyun, COO Hyundai Motor Asia Pasific dalam acara Investor Daily Summit 2021.

Hyundai Pabrik Indonesia

Pabrik ini juga jadi fasilitas R&D untuk ASEAN

Lee menyebutkan kalau akan ada beberapa mobil berstatus CKD yang akan diluncurkan di Indonesia dari hasil fasilitas perakitan di Cikarang tersebut. Satu model bermesin ICE (Internal Combustion Engine) yang akan dirilis akhir tahun ini, dua model ICE lainnya di tahun depan, serta ada satu model EV (Electric Vehicle) juga di tahun depan.

"Akhir tahun ini kita akan luncurkan satu model ICE, lalu tahun depan dua model ICE dan satu model BEV," kata Lee.

Baca juga : MPV Futuristik Hyundai Staria 2021 Bakal Dijual Lebih Murah dari Honda Odyssey

Hyundai Staria Sudah Bersiap ke Indonesia

Hyundai Staria 2021

Kabarnya satu unit sudah tiba di Indonesia untuk proses studi

Model pertama yang begitu kuat diprediksi akan lahir dari pabrik Hyundai di Indonesia adalah Staria. MPV besar berdesain futuristik itu sebelumnya sudah masuk secara resmi ke Thailand. Adapun model yang diperkenalkan di negara tersebut adalah tipe mesin diesel 2.2-liter VGT dengan kapasitas 11 penumpang.

Dan diprediksi kuat, model serupa juga akan hadir di Indonesia. Bahkan sejumlah orang sudah ramai membicarakan jika unit mobil ini telah tiba di salah satu dealer resmi Hyundai sebagai bahan studi para stafnya. Lantas Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Hyundai Staria 2021 ini juga sudah diumumkan oleh pihak Pemerindah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Hyundai Creta Diprediksi Rilis Akhir Tahun Ini

Hyundai Creta 2021

Akan lawan Raize-Rocky

Meskipun Staria digadang-gadang sudah tiba di Tanah Air, namun prediksi kuat kami mobil baru Hyundai made in Cikarang yang akan pertama kali mucnul adalah Creta. SUV compact yang di Korea Selatan dikenal dengan nama Hyundai ix25 itu diyakini akan rilis sekitar November 2021.

Beberapa foto amatir juga pernah memperlihatkan bagaimana Hyundai Creta tengah menjalani uji jalan di Indonesia. Sehingga tak heran banyak yang cukup penasaran dari penantang KIA Sonet dan Toyota Raize serta Daihatsu Rocky ini.

Baca juga : Ini Fitur-Fitur Baru di Hyundai Kona Electric Facelift 2021!

Hyundai Stargazer Juga Akan Menantang Avanza-Xenia

Hyundai Stargazer 2022

LMPV Hyundai 7 penumpang

Satu model ICE Hyundai yang yang juga kencang diberitakan bakal diproduksi di dalam negeri yakni Stargazer. Sebuah model Low MPV Hyundai yang sempat muncul di tahun 2012 dengan nama Hexa Space Concept.

Belum ada prediksi memang mengenai peta kekuatan Hyundai Stargazer ini. Tapi nama tersebut diyakini akan dipakai Hyundai setelah pengajuan paten pabrikan Korea ini ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Hak Kekayaan Intelektual Republik Indonesia (HAKI RI).

Hyundai Ioniq 5 Produksi Indonesia Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

Hyundai Ioniq 5 2021

Ioniq 5 dari Indonesia kemungkinan juga untuk ekspor

Model terakhir namun yang paling menarik dari Hyundai yang akan diproduksi di Indonesia adalah hadirnya Ioniq 5. Ini merupakan mobil listrik BEV yang dirancang menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Lee menyebut, Indonesia memiliki potensi besar pasar kendaraan listrik di masa mendatang. Apalagi hal ini didukung kebijakan pemerintah tentang percepatan peralihan kendaraan energi terbarukan. Satu diantaranya dengan pemberian PPnBM 0% untuk mobil listrik sehingga harganya bisa lebih murah.

Keempat model tersbeut rencananya akan dirakit di pabrik Hyundai di Indonesia yang dioperasikan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Selain itu, di lokasi yang sama juga akan menjadi pusat R&D Hyundai untuk kawasan ASEAN.

Baca juga : Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Murni

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Hyundai Ioniq Electric Prime

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru