window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak

Prasetyo · 31 Jul, 2022 12:09

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 01

  • Merawat aki kering mobil juga wajib dilakukan secara berkala.
  • Mulai dari memperhatikan kebersihan permukaan aki, sampai posisi aki.
  • Jika daya listrik mobil melebihi kapasitas maksimal, maka aki mudah soak.

Aki kering sering disebut juga sebagai aki MF alias Maintenance Free. Disebut demikian karena aki atau accu jenis ini tak butuh perawatan seperti halnya aki basah. Namun embel-embel MF bukan berarti aki kering bebas perawatan.

Karena sejatinya semua tipe aki harus tetap dirawat secara berkala. Jika tidak diperhatikan kondisinya, fungsi dari komponen sumber kelistrikan di kendaraan itu akan tidak optimal. Kondisi speerti ini kerap disebut aki soak atau aki drop.

Lalu bagaimana cari merawat aki kering biar tahan lama? Berikut langkah-langkahnya yang kami kutip dari laman Daihatsu Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Beragam Penyebab Aki Mobil Soak, Harus Segera Diganti atau Bisa Disetrum Lagi?

1. Jangan Lupa Panaskan Mesin Mobil

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 01

Panaskan mesin paling tidak 2 hari sekali kalau mobil tak digunakan

Merawat aki kering mobil yang paling utama adalah rutin memanaskan mesin kendaraan. Dengan memanaskan mesin maka suhu maksimal mesin dapat tercapai. Selain itu ketika mesin mobil bekerja, maka sistem kelistrikan di kendaraan bakal beroperasi normal.

Bagi aki mobil, pada saat mesin bekerja maka alternator akan mengubah energi kinetik jadi tegangan listrik yang kemudian dialirkan ke aki. Sehingga tegangan listrik di aki akan tetap optimal yang berefek daya pakai aki jadi lebih lama.

2. Bersihkan Permukaan Aki

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 02

Jangan sampai kondisi aki kotor

Walau diklaim bebas perawatan, namun jangan biarkan aki kering tidak pernah ditengok sama sekali. Cobalah setiap akhir pekan buka kap mesin mobil Anda dan perhatikan kondisi akinya.

Biasanya, aki kering yang berada di pasaran berjenis Valve Regulated Lead Acid atau VRLA. Ini menjadi istilah untuk katup yang berguna agar cairan aki tidak mudah menguap ketika terdapat goncangan atau getaran.

Bagian kutup aki inilah yang kerap kali menjadi tempat melekatnya debu dan kotoran. Karena itulah bersihkan secara teratur permukaan aki kering mobil Anda supaya proses penguapan tidak terganggu.

Baca juga : Ketahui Ciri-ciri Aki Mobil Lemah, Begini Cara Menjaga Tegangannya Tetap Tinggi

3. Perhatikan Terminal Aki

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 03

Jangan biarkan kerak menumpuk seperti ini

Perlu Anda ketahui, terminal aki merupakan bagian yang harus diperhatikan dengan baik kebersihannya. Bagian terminal biasanya tertutup kerak yang disebabkan karena penguapan elektrolit. Bila hal ini dibiarkan begitu saja, tegangan aki tidak dapat mencapai titik maksimal.

Untuk menjaga kebersihan terminal, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air panas. Siram air panas hingga merata ke kerak, sampai kerak hilang. Kemudian, gunakan grease untuk melumasi terminal.

4. Jangan Sampai Posisi Aki Longgar

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 04

Cek kondisi bracket aki, jangan sampai longgar

Aki ditempatkan di wadah khusus dalam ruang mesin. Di sana, juga terdapat pengikat atau bracket yang digunakan sebagai penahan. Tujuannya, agar aki bisa tetap stabil ketika bodi mobil berguncang di jalanan yang bergelombang. 

Bila bracket longgar, aki bisa berubah-ubah posisinya. Hingga akibatnya, keadaan aki akan terganggu. Oleh sebab itu, pastikan kembali seluruh baut braket berada dalam posisi kencang sehingga aki tidak akan bergoyang. 

5. Beban Aki Jangan Terlalu Berat

Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak 05

Kalau sudah modifikasi audio seperti ini sebaiknya ganti aki yang sesuai

Terakhir cara merawat aki kering adalah perhatikan beban kelistrikan yang harus ditanggung komponen ini. Setiap aki tentunya memiliki daya maksimal, jika kebutuhan listrik di mobil tersebut melebihi daya maksimal aki, maka usia aki akan lebih singkat dan cepat soak.

Karenanya jangan pasang terlalu banyak aksesoris tambahan yang membutuhkan daya listrik besar. Jika memang diperlukan modifikasi, maka sebaiknya sesuaikan daya aki dengan kebutuhan listrik dari komponen tambahan tersebut.

Baca juga : Tips: Jangan Sampai Mobil Terbakar, Amati 7 Gejala Aki Mobil Wajib Diganti

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil