window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Ciri-ciri Aki Mobil Lemah, Begini Cara Menjaga Tegangannya Tetap Tinggi

Enda · 21 Des, 2021 09:00

Ciri aki mobil lemah

Ciri aki mobil lemah

Aki merupakan bagian terpenting pada mobil yang mempunyai peran sangat vital baik untuk menghidupkan kendaraan maupun menjalankan berbagai macam fitur yang berhubungan dengan kelistrikan. Untuk itu kita diwajibkan selalu menjaga kondisi aki agar tetap prima.

Tahukan kalian, seiring berjalannya waktu kondisi maupun performa aki akan menurun. Beberapa cirinya, mulai dari susah menyalakan mesin, sistem pencahayaan yang redup, serta suara klakson yang lemah.

Baca juga: Bukan Cuma Buat Cantelan Baju, Ini Fungsi Penting Hand Grip di Mobil

Guna memastikan kondisi aki dalam keadaan baik atau tidak, dibutuhkan alat multimeter untuk mengukur tegangan aki. Apabila tegangan di bawah 12 volt, sudah pasti performanya mulai melemah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk aki yang tekor, biasanya disebabkan karena tidak seimbangnya antara suplai dengan kebutuhan daya listrik. Umumnya karena salah spesifikasi aki, atau karena beban aksesori kelistrikan yang terlalu banyak yang tidak dibarengi dengan peningkatan arus tegangan pengisian menuju aki.

Baca juga: Asuransi Bakal Kasih Ganti Rugi Kerusakan Akibat Mobil Terendam Banjir, Begini Syaratnya!

Cara Mencegah Aki Lemah atau Tekor

Ciri aki mobil lemah

Menambahkan air aki jika volumenya berkurang bisa memperpanjang usia aki

Cara mudah mencegah aki lemah atau tekor, kalian diharuskan untuk mengecek kondisi kabel pada kutub dan sering menguras air aki jika yang digunakan adalah aki basah.

Untuk menguras air aki lama dengan yang baru, sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Disis lain, kalian juga diharuskan mengecek volume air jangan sampai di bawah garis minimum.

Jangan lupa juga untuk tambahkan air sesuai dengan ukurang yang ditentukan, serta bersihkan kepala terminal aki dari tumpukan kotoran dan zat asam menggunakan sikat kawat.

Di sisi lain, kalian pastikan juga kabel ground aki ke bodi tidak mengalami kerusakan guna memperlancaran pasokan aliran listrik menuju body.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Tanda Transmisi Matic Mobil Mulai Rusak

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil