window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner

Prasetyo · 21 Jan, 2022 14:08

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 01

  • Jetour T-X Concept merupakan mobil konsep berjenis SUV off road.
  • Jetour adalah sub brand dari Chery yang sudah ada sejak 2018.
  • Pilihan mesinnya ada banyak termasuk hybrid dan full elektrik.

Jetour T-X Concept, begitu nama mobil yang baru saja diperkenalkan oleh Jetour. Belum familiar dengan brand yang satu ini? Nah ternyata Jetour adalah satu anak perusahaan dari produsen mobil asal Cina, Chery Automobile Company.

Adapun T-X Concept merupakan sebuah mobil konsep berjenis SUV Off Road. Model ini disebut-sebuat menjadi jajaran baru T-Series dari Jetour yang selama ini selain hadir dalam genre SUV dan juga tersedia di tipe pickup kabin ganda.

Jetour sebenarnya bukan brand otomotif baru. Chery sudah mengenalkan merek ini di tahun 2018 dan menawarkan beberapa porduk SUV. Saat ini pangsa pasar Jetour ada di sejumlah negara Asia dan Timur Tengah. Dan perusahaan sudah mengumumkan jika mulai tahun ini akan meluncurkan satu model baru setiap tahunnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sosok Jetour T-X Concept Paduan Tank 300 dan Ford Bronco

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 01

Lampu depan LED dan emblem di gril bisa berpendar

Kalau dilihat-lihat, profil tubuhnya percampuran antara dua model SUV. Dibagian depan ia terlihat seperti Tank 300 sebuah SUV keluaran Great Wall Motors. Sementara dari bagian samping terlihat mirip dengan Ford Bronco.

Platformnya disebutkan perusahaan memakai platform arsitektur Kunlun. Dimensinya besar, bodinya mengkotak, pakai ban besar tipe All Terrain, dan ground clereance-nya tinggi.

Baca juga : Great Wall Motor Patenkan SUV Baru di Indonesia, Diduga CyberTank 300 Sang Penantang Jeep Wrangler

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 02

Suv boxy pesaing Tank 300

Fascia depan pakai gril datar warna hitam. Lampu utamanya full LED model bar horizontal. Sementara di bagian tengah gril ada logo JETOUR yang bisa berpendar saat gelap. Ini mirip dengan yang diterapkan Ford di Bronco.

Dari samping ia punya lenngkung fender tambahan yang dibuat menonjol. Lalu ada pula side step, gagang pintu tipe elektrik yang dipencet terlebih dulu untuk membukanya, serta satu set velg diameter cukup besar warna hitam kombinasi kuning.

Dari Belakang Seperti Land Rover Defender

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 03

Jetour T-X Concept tampak belakang

Kalau dari depan dan samping Jetour T-X Concept mirip Ford Bronco, maka dari belakang malah menyerupai Land Rover Defender. Siluetnya mengkotak dengan LED tail light. Pintu belakang bisa dibuka dalam dua bagian, yaitu ke samping, sementara kacanya dibuka ke atas.

Oh ya, kalau Anda melihat kotak besar yang menggantung seperti konde, ini adalah penutup roda cadangan. Bentukannya mirip baterai eksternal di Mercedes-Benz EQG Concept. Dan ternyata Chery pun akan menerapkan hal yang sama jika itu memungkinkan demi kebutuhan daya jelajah mobil lebih jauh.

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 04

Diklaim akan jadi SUV off road yang tangguh

Namun karena masih berupa konsep, perusahaan belum memperlihatkan bagian interior. Tetapi hal unik lainnya yang bisa ditemui adalah bagian atap mobil yang roofrack namun berukuran penuh.

Baca juga : GWM Tank 400 Sudah Siap Diproduksi, Rival Kuat Toyota Fortuner 2.8 dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Nih!

Punya Banyak Pilihan Mesin

Jetour T-X Concept, Kawin Silang Ford Bronco dan Land Rover Defender 90 dari Chery, Harganya Setara Fortuner 05

Akan dipasarkan tahun ini

Meskipun masih berwujud prototipe, Jetour T-X Concept dipastikan bakal punya beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin 1.6-liter, mesin 2.0-liter, dan mesin 3.0-liter turbocharged. Kemudian akan disediakan juga varian Plug-in Hybrid (PHEV), dan full electric (EV). Semua varian ini akan pakai sistem penggerak empat roda (Four-Wheel Drive).

Pihak Chery belum merilis harga yang akan dipatok untuk Jetour T-X ini. Tapi perwakilan perusahaan menyampaikan, lini produk T-Series dari Jetour akan punya harga di rentang 150.000 Yuan hingga 300.000 yuan. Kalau dirupiahkan nilai ini setara Rp339 jutana sampai Rp678 jutaan.

Kalau melihat banderol ini akan bersaing ketat dengan Ford Bronco. Mengingat harga Bronco 2022 sudah Rp700 jutaan. Tapi kalau dibandingkan harga Land Rover Devender jelas Jetour jauh lebih murah.

Baca juga : Land Rover Defender Siap Tenggak Bahan Bakar Hidrogen, Bisa Hasilkan Nol Karbon Tapi Tetap Tangguh

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia