window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kerap Disepelekan, Begini Perawatan Sliding Door Mobil Biar Nggak Macet

Enda · 2 Agu, 2022 11:00

Pintu sliding door

Di Indonesia mobil dengan sliding door terbilang cukup banyak. Modelnya didominasi dengan kendaraan MPV dan niaga jenis blind van. Mobil menggunakan pintu bukaan dan penutup geser sendiri dirasa sangat praktis serta ergonomis saat mengakomodir keluar masuknya penumpang ataupun barang.

Meski terbilang praktis, mobil sliding door memiliki mekanikal lebih rumit serta peranti yang banyak bila dibandingkan pintu bukaan samping, terlebih jika mobil menggunakan motor elektrik untuk membuka dan menutup secara otomatis.  

Baca juga: Ingat, Aki Kering Juga Harus Dirawat Kalau Gak Mau Cepat Soak

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki banyak bagian, lantaskan membuat mobil dengan sliding door perlu mendapat perhatian dan perawatan dari pemiliknya? Supaya kondisi pintu geser tetap optimal, berikut cara mudah merawatnya.

1. Rajin Membersihkan Sliding Door

Pintu sliding door

Menyemprotkan cairan khusus untuk manjaga keaweta sliding door

Bagian yang wajib dijaga kebersihannya untuk mobil dengan jenis pintu geser adalah rel atau bantalan pemutarnya bisa dengan menggunakan cairan khusus. Karenanya pada bagian tersebut seringkali debu atau kotoran menempel. Apabila tidak sering dibersihkan, dampaknya bisa mengakibatkan pintu sulit untuk dibuka atau ditutup. Bahkan jika dibiarkan, terparahnya pintu akan macet dan membuat motor listrik rusak apabila sudah menyematkan teknologi elektrik.

Baca juga: Merasa Gampang Ngantuk dan Jenuh Saat Mengemudi Jarak Jauh di Tol? Waspadai Gejala Highway Hipnosis

2. Berikan Pelumas Terhadap komponen Penggerak

Pintu sliding door

Berikan grease atau gemuk pada bagian yang sering bergesekan langsung

Karena memiliki banyak bagian serta sering bergesekan secara langsung, maka untuk mencegah korosi dan melancarkan kerja roller perlu diberikan pelumas grease atau gemuk. Untuk melumasi bagian pintu sebaiknya dilakukan sesering mungkin, terlebih jika mobil kerap diguyur hujang langsung.

3. Lap Bagian Rel Pintu Sehabis Diguyur Hujan Deras Atau Menerobos Banjir

Pintu sliding door

Bersihkan sliding door sehabis diguyur hujan atau melewati banjir

Selain debu dan kotoran, air merupakan musuh utama pintu geser. Dalam jangka panjang, air dapat memicu karat yang merusak mekanisme penggeraknya mulai dari engsel, roller, rel, pengunci, dan motor penggerak pintu untuk versi elektrik. Guna mencegah rusaknya pintu dari air hujan, bersihkan juga bagian situ saat mencuci mobil.

Hindari menyemprot langsung ke mekanisme pintu geser jika mencuci dengan air tekanan tinggi supaya air bertekanan tidak merangsek ke rel pintu yang mengakibatkan cairan pelumasnya tersapu dan memicu karat. Selain itu pastikan area sekitar sliding door bersih sepenuhnya dengan tidak meninggalkan noda air maupun debu.

Baca juga: Sudah Tahu Belum? Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Punya MID dengan 9 Tampilan Berbeda

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil