window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser

Yongki Sanjaya · 10 Jan, 2023 09:30

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser 01

Saat kita mengendarai mobil dengan transmisi manual, kita tinggal memposisikan tuas transmisi di kondisi netral saat parkir. Cukup berbeda pada mobil dengan transmisi otomatis, terdapat fungsi P atau Parking yang membuat posisi mobil tetap diam di suatu titik dan tidak bisa digeser saat parkir. Supaya mobilnya bisa digeser, maka terdapat fitur shift lock di tuas transmisinya. 

Baca juga:

Cara Gunakan Shift Lock Release Pada Mobil Hyundai Saat Parkir Paralel

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ada Paddle Shift di Mobil CVT, Apakah Punya Banyak Fungsi atau Cuma Gimmick Saja?

Tidak seperti mobil manual, kamu tak bisa memposisikan tuas transmisi atau persneling di posisi Netral (N) saat parkir memakai mobil matic. Pada beberapa mobil, posisi tuas transmisi harus ada di posisi P (Park) terlebih dahulu agar mesin bisa dimatikan dan kunci kontak bisa dicabut dari slotnya.

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser 01

Permasalahan yang muncul di mobil matic, jika kunci kontak sudah dicabut dari slotnya, tuas persneling sudah terkunci di posisi P dan tidak dapat digeser-geser. Untuk itulah oleh pabrikan diciptakan fitur shift lock. Kehadiran shift lock ini biasanya tersedia di mobil-mobil matic keluaran terbaru dengan fitur keyless atau smart key.

Perlu kalian ketahui, fungsi tombol shift lock pada mobil matic adalah untuk melepas pengunci pada tuas transmisi supaya bisa pindah ke posisi Netral. Tujuannya agar mobil dapat digeser-geser saat kunci kontak sudah dicabut dan mesin mati. Supaya tidak bingung saat pertama kali menggunakan fitur ini, berikut penjelasan lengkap seputar fungsi shift lock.

Cara Memakai Fitur Shift Lock di Tuas Transmisi Mobil Matic

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser 02

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra Motor, tombol shift lock sebaiknya digunakan pada kondisi-kondisi tertentu saja, seperti saat parkir mobil paralel yang sewaktu-waktu perlu didorong. Dengan menekan tombol ini, maka tuas persneling akan mudah dipindah posisinya dari P ke N. Dengan begini, mobil bisa digeser maju mundur saat parkir paralel. 

Ada beberapa jenis shift lock, yaitu model tombol dan ada juga model colok. Berikut cara menggunakan tombol shift lock:

  • Matikan mesin mobil
  • Posisikan tuas transmisi di P (Parking)
  • Tarik rem parkir atau rem tangan untuk memastikan mobil kamu tidak bergerak
  • Cabut kunci kontak mobil dari slotnya
  • Tekan tombol shift lock sambil geser tuas ke posisi N (Netral)
  • Lepaskan tombol shift lock
  • Perlahan lepas rem parkir sehingga mobil kamu bisa didorong jika dibutuhkan.

Nah itu tadi cara memindahkan tuas transmisi matic memakai tombol shift lock. Lantas bagaimana untuk memindahkan tuas transmisi matic bila fitur shift lock memakai model colok? Sebagai informasi, shift lock jenis ini disematkan pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser 03

Untuk model colok, biasanya terdapat lubang kecil di sekitar tuas transmisi matic. Cara menggunakannya yaitu dengan membuka kunci keyless untuk mengeluarkan anak kunci. Nah, anak kunci di remote keyless berguna saat darurat dan bisa digunakan untuk mencolok lubang shift lock.

Kemudian kamu tinggal memasukkan anak kunci mobil ke lubang tersebut untuk mengaktifkannya. Jangan lupa, pasang rem tangan terlebih dahulu agar mobil tidak melorot atau bergeser. Sambil dicolok, geser tuas transmisi dari posisi P ke N, Setelah itu, turunkan rem tangan agar mobil bisa digeser-geser saat parkir paralel.

Memakai Shift Lock di Mobil Matic dengan Electric Parking Brake

Ketahui Fungsi dan Cara Memakai Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic, Biar Bisa Digeser-geser 04

Bagi pengguna mobil matic dengan electric parking brake, ada cara yang berbeda saat parkir paralel dan ingin mobil tetap bisa didorong. Langkah pertama ialah non aktifkan fitur Auto-Hold dan Electric Parkir Brake. Ketika mesin sudah mati, segera injak pedal rem bersamaan dengan memindahkan tuas transmisi dari P ke N. 

Fitur shift lock pun sudah aktif dan Anda bisa meninggalkan mobil yang memakai electric parking brake dengan tenang saat parkir paralel. Ada lagi cara lain untuk nonaktifkan electric parking brake dan memindahkan transmisi ke posisi N, memakai key-shift interlock seperti di Hyundai Stargazer.

Untuk melepaskan tuas dari posisi parkir, pemilik Stargazer harus memasukkan kunci ke dalam kontak dan memutar kunci kontak ke posisi ON atau RUN. Setelah itu non aktifkan parking brake sambil injak pedal rem. 

Setelah matikan mesin, kita bisa pindahkan transmisi dari P ke N sambil terus injak pedal rem secara bersamaan. Hyundai Stargazer akan memberi waktu 3 menit untuk pengemudi memindahkan ke N sehingga mobil bisa diparkir secara paralel.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil