window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketua MPR Dorong Supaya Mobil Modifikasi Legal Dikendarai di Indonesia

Enda · 2 Okt, 2023 16:00

Mobil modifikasi

​​​​​Industri modifikasi mobil di Indonesia dipercaya menjadi lokomotif penggerak sub sektor industri kreatif Nasional. Industri modifikasi dan aftermarket yang didominasi pelaku UMKM Nasional juga bertujuan mendorong para tuner lokal mengenalkan kreativitasnya secara lebih masif.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Dewan Pembina National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, pelaku modifikasi dan aftermarket lokal bukan hanya menguntungkan industri pabrikan manufaktur besar, tetapi juga tidak terlepas dari kreativitas para montir, dan teknisi.

“Sebagian besar produksi oleh anak muda kita di dalam negeri. Terakhir modifikasi body kit sudah diekspor sebanyak 80 persen ke negara luar. Kita juga mendorong tumbuhnya industri otomotif, entah itu buatan Jepang, China, atau Korea. Tapi dia harus memberi nilai lebih bagi anak muda kita. Contohnya mobil pabrikan yang di-dress up atau dimodifikasi. Disitulah lapangan pekerjaan dan value tambahan bagi anak muda kita di industri ini,” ujarnya di pagelaran Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2023 yang berlangsung baru-baru ini.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ragam Modifikasi Wuling Air ev di IMX 2023, Bisa Jadi Inspirasi

Mobil modifikasi

Di Indonesia, industri otomotif sebagai subsektor manufaktur yang menjadi perhatian besar pemerintah di sektor otomotif termasuk modifikasi. Terus majunya industri modifikasi tidak hanya memberi nilai tambah, namun juga berpotensi memberi nilai tambah melalui kreativitas dan inovasi.

Seiring terus bekembangnya industri modifikasi kendaraan bermotor yang meningkatkan peluang pelaku UMKM Nasional, dalam waktu dekat kendaraan yang dilakukan modifikasi dan laik jalan legal untuk dikendarai di Indonesia.

“Proses izin atau legalitas kendaraan modifikas legal dikendarai di jalan belum keluar, sudah hampir selesai. Tinggal ada satu kementrian untuk menyetujui proses legalitas laik jalan kendaraan modifikasi untuk dikendarai di jalan. Jika sudah seperti itu tentunya juga mendukung kemajuan sektor industri otomotif khususnya industri modifikasi dan aftermarket lokal,” ungkapnya.

Baca juga: Modifikasi Wuling Air ev Garapan BTX Concept Tampil di IMX 2023, Habis Duit Berapa?

Modifikasi Mobil Lokal Layaknya Produksi Pabrikan Luar Negeri

Mobil modifikasi

Shelby Cobra

Perkembangan serta kemajuan industri modifikasi kendaraan bermotor di Tanah Air bahkan diakui di beberapa negara.

“Terlihat seperti Tuksedo, perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan restorasi mobil-mobil klasik asal Bali dan ada Carpenter. Mereka membuat lagi mobil klasik seperti aslinya dengan parts ori bahkan mendapatkan lisensi dari negara asal pembuat mobil dan laik jalan. Itu yang kita dukung supaya mobil modifikasi ini legal dikendarai di jalan. Di IMX 2023 ada juga Shelby Cobra yang pakai mesin Toyota 2JZ, ini juga laik dikendarai. Ini yang terus kita dukung supaya benar-benar sah dan tidak melanggar hukum dikendarai, jadi karya modifikasi anak bangsa bisa dilihiat semua orang,” tutupnya.

Mobil modifikasi

Shelby Cobra dengan mesin Toyota 2JZ

Baca juga: Modifikasi Hyundai Ioniq 5 Bergaya Street Racing Pertama di Dunia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil