Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta

Yuki · 13 Des, 2020 12:00

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 01

Menjadi salah satu mobil keluaran pabrikan otomotif KIA yang berasal dari Korea Selatan, Kia Rio tampil unggul di depan publik. Apalagi Kia Rio menjadi salah satu mobil Kia yang cukup terkenal di tanah air.

PT KIA (Kereta Indo Artha) yang merupakan anak perusahaan di bawah naungan Indomobil Group, resmi menjalankan distribusi mobil Kia di Indonesia. Perusahaan otomotif ini dipimpin oleh Andrew Nasuri sebagai presiden direktur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Andrew Nasuri menyatakan rasa terima kasih atas kepercayaan sebagai Importir dan Distributor Utama produk Kia baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial di Indonesia bagi konsumen tanah air.

PT Kereta Indo Artha (KIA) telah meluncurkan produk-produk unggulan dan terbaru dari Kia, seperti Kia Rio, Kia Grand Sedona, Kia Picanto, dan Kia Big-Up K2700 di segmen kendaraan niaga ringan.

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 01

Kia Rio 2021 berada di segmen hatchback menengah. Di segmen hatchback ini ada saingan yang memiliki nama yang cukup terkenal di Indonesia seperti Mazda 2, Suzuki Baleno hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris, dan sebagainya. 

Sedangkan, Kia Grand Sedona berada di segmen MPV medium. Model Kia ini akan bersaing dengan MPV bongsor lainnya seperti Toyota HiAce dan Hyundai H1.

Sementara itu, Kia Picanto akan bermain di segmen city car, berhadapan langsung dengan sejumlah pemain seperti Honda Brio RS, Suzuki Karimun Wagon RS, Nissan March, Suzuki Ignis, dan Datsun Cross

Sedangkan Kia Big-Up K2700 berada di segmen kendaraan niaga ringan (LCV) dan bersaing langsung dengan Hino Dutro dan Isuzu Traga

Andrew menambahkan bahwa PT Kereta Indo Artha (KIA) juga berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna mobil Kia melalui jaringan after sales service dan ketersediaan suku cadang. 

PT Kereta Indo Artha (KIA) juga akan menguatkan dan menambahkan jaringan layanan after sales yang saat ini fokus pada Jabodetabek dan kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Malang, Medan, Surabaya, Palembang, Jogja, Solo dan Semarang dan tidak menutup kemungkinan di daerah lain di luar Jawa dan Sumatra. 

Selain itu, PT Kereta Indo Artha juga menyediakan Kia Guard 24 Road Assistance dan memberikan 5 tahun garansi dengan kilometer yang tidak terbatas serta free jasa service 50,000km atau 4 tahun.

Saat ini PT KIA memiliki jaringan distribusi yang terdiri dari 24 jaringan penjualan dan purna jual Kia yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 02

Biasanya merek asal Korea Selatan selalu dipandang sebelah mata apabila dibandingkan dengan merek asal Jepang. Padahal kualitas dan fitur mobil asal Negeri Ginseng tidak kalah dibandingkan Negeri Sakura. Salah satunya mobil Kia Rio 2021 yang merupakan hatchback Kia yang bisa menjadi pilihan apabila sudah bosan dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Yah, Kia Rio 2021 merupakan salah satu mobil keluaran KIA yang masuk dalam varian hatchback. Mobil Kia Rio 2021 hanya tersedia dalam satu tipe dan memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis.

Harga Mobil Kia Rio 2021 yang memiliki 5 pintu ini tidak jauh beda dan hampir sama dengan Honda Jazz. Harga Kia Rio 2021 versi manual dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 277 juta dan versi otomatis dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 292 jutaan.

Jika melihat dari sosok Kia Rio 2021, tidak ada yang berubah dari awal peluncurannya di tahun 2017. Nah, meskipun dikatakan tua, namun mobil Kia Rio 2021 tetap memiliki gaya yang khas. Dibandingkan sporty ataupun agresif, bisa dikatakan bahwa mobil Kia Rio 2021 memiliki tampilan yang elegan.

Mobil Kia Rio 2021 memiliki desain yang lebih mengarah ke gaya Eropa. European taste begitu kuat pada tampilan eksterior mobil Kia Rio 2021. Sudut-sudut tegas mendominasi di sisi eksterior seperti hatchback keluaran brand benua biru.

Dimensi kap mesin mobil Rio dirancang lebih panjang, pilar C mobil dibuat lebih kecil. Selain itu, batang penyambung spion di pilar A tampak jauh lebih pipih. Setiap perubahan yang dibuat padanya bertujuan supaya mobil Kia Rio 2021 yang baru terlihat punya stance yang proporsional.

Pada bagian depan, mobil Kia Rio 2021 masih mempertahankan desain Grill Tiger Nose. Kali ini gril-nya tidak bermotif tapi solid dengan warna piano black. Desainnya tersambung ke lampu depannya yang jauh lebih tipis dibanding generasi sebelumnya.

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 03

Pada bagian belakang juga masih memiliki gaya seperti generasi sebelumnya, hanya saja desainnya dibuat jauh lebih kaku. Lekukan kaca belakang didesain hampir 90 derajat. Pada pintu dan bumpernya juga dibuat menjadi lebih tajam karena dulunya menggunakan desain yang membulat.

Headlamp mobil Kia Rio 2021 sudah dibekali dengan teknologi tinggi yakni projector LED dengan kemampuan Bi-Beam. Lampu kabut mobil ini juga sudah mengadopsi teknologi LED.

Bagian kaki-kaki dari mobil ini juga menambah kesan keren. Pelek mobil Rio dipadukan dengan ban profil medium keluaran Continental ContiSportContact yang menambah kesan agresif pada mobil.

Nah, pelek mobil Kia Rio 2021 lebih besar dibandingkan Jazz, Yaris, atau Mazda 2. Hal inilah semakin membuktikan bahwa Kia Rio 2021 ini memiliki konsep Eropa yang kental.

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 04

Interior Kia Rio 2021 tampak mewah dan keren, Dimana tombol-tombol instumen Rio disinari backlight warna merah sebagai ciri khas mobil Rio. Lalu, bagian  AUXinput di tengah, USB port bagian depan, USB port bagian belakang juga mendapat pencahayaan yang sama. Tombol-tombol di bagian pintu juga mendapat pencahayaan. Namun, spion mobil tidak diberikan pencahayaan.

Mobil Kia Rio 2021 telah dibekali fitur passive keyless entry yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi membuka pintu mobil tanpa harus menekan tombol di remote atau mengeluarkan kunci.

Yang perlu dilakukan hanyalah cukup kantongi remote kunci lalu tekan tombol yang ada di handle pintu. Cara ini juga berfungsi apabila meninggalkan mobil dan mengunci pintu. Fitur Passive keyless entry itu sepaket dengan tombol start stop mesin. Yah, cukup menarik.

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 05

Selain itu, Kia Rio 2021 dibekali dengan berbagai fitur hiburan yang siap membuat penumpang merasa terhibur di dalam kabin. Kia membekali mobil Rio dengan head unit layar sentuh yang berukuran 7 inci dengan model OEM dari Kia Global. Ada tombol fisik di sekitar layar sentuh, serta dua kenop untuk volume dan tracks.

Di dalam head unit mobil Kia Rio 2021 ada pengaturan radio, audio, USB port dan AUX. Peranti ini mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, jadi pengemudi bisa proyeksikan Google Maps atau Waze langsung. Selain itu fitur hiburan ini dibekali 4 speaker dan 2 tweeter di dalam kabin.

Pada bagian lingkar kemudi terdapat tombol pengatur bluetooth telephony, audio, dan voice command untuk Siri dan Google Now. AC di dalam kabin mobil Kia Rio 2021 juga sudah auto climate control dengan layar digital.

Suhu AC 17 derajat celcius paling dingin dan 32 derajat celcius paling panas. Pengemudi maupun penumpang di bangku baris depan bisa mengatur aliran udara mengarah ke kaki. Kia juga membekali mobil Rio mode defrost kaca depan dan ada defogger kaca belakang.

Yang membuat mobil Kia Rio 2021 unggul dibandingkan mobil hatchback lainnya adalah dibekali fitur sunroof pada mobil ini. Fitur ini tidak tersedia di Honda Jazz dan Toyota Yaris. Sunroof bisa tilt dan slide, sehingga memberi kesan keren bagi mobil maupun penggemudinya. Gaya modern dan stylish seperti ini sangat cocok untuk pengemudi anak muda.

Nah, apakah mobil Kia Rio 2021 memiliki kelemahan? Ya, tentu saja ada. Mobil Kia Rio 2021 tidak dibekali dengan cruise control atau paddle shift. Sedangkan mobil Honda Jazz versi CVT sudah memiliki fitur ini. Fitur ini memberikan kesan sporty pada mobil.

Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp.277 Juta 06

Dikarenakan cukup populer di kalangan publik, mobil Kia Rio bekas ini juga banyak mengincarnya. Pembeli harus memperhatikan secara detail kondisi mobil sebelum membelinya.

Harga bekas KIA Rio 1.4 M/T 2011 dibanderol dengan harga berkisar dari Rp 95 juta. Kalau ingin transmisi otomatis, KIA Rio A/T 2012 dibanderol dengan biaya sebesar Rp 105 juta. Harga KIA Rio bekas termahal jatuh pada tipe All New 1.4 A/T 2017, yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 185 juta.

Nah, itu dia salah satu mobil andalan Kia yang cukup unggul di tanah air. Mobil Kia Rio 2021 dengan tampilannya yang bergaya eropa, ditambah dengan berbagai fitur yang menarik dan spesial yang dibekali untuknya. Kia Rio 2021, si hatchback unggul dari Kia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Kia Rio MT Sunroof

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru