Kia Rio dari Lelang Mobil Bea Cukai Sepi Peminat, Harganya Dianggap Masih Kemahalan

Prasetyo · 11 Jun, 2021 19:09

Kia Rio Lelang Bea Cukai 2021

Beberapa waktu lalu Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Republik Indonesia (RI) melakukan lelang sejumlah mobil yang telah lama mangkrak di gudang. Jumlahnya mencapai 75 unit namun seluruhnya berjenis Kia Rio produksi 2014.

Tetapi yang menarik unit lelang mobil Bea Cukai Jakarta ini semuanya adalah mobil baru. Dimana beberapa komponen interiornya masih terbungkus plastik. Kemudian lelang pun dilakukan secara online melalu website lelang.go.id

Kia Rio Lelang

Semuanya berjenis Kia Rio 2014

Semua mobil lelang ini merupakan barang yang tidak dikuasai negara dan tertimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS). Sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 178/PMIZ.04/2019, jika barang tersebut ada di TPS lebih dari 30 hari sejak ditimbun maka barang itu akan dilelang untuk umum.

Baca juga : Harga Bekas Mitsubishi Xpander 2017 Mulai Rp130 Juta, Begini Cara Ikut Lelang Mobil Secara Online

Cuma Tiga Unit yang Laku

Lelang online ini dibuka oleh pihak Bea Cukai pada 9 Juni 2021 lalu. Harga awal untuk setiap unit mobil lelang adalah Rp112,5 jutaan. Sementara untuk bisa ikut dalam lelang, peserta harus menyetor uang jaminan sebesar Rp45 juta. Uang ini harus disetor melalui rekening virtual paling lambat H-1 pelaksanaan lelang online, yakni 8 Juni 2021.

Lelang Mobil Bea Cukai Jakarta

Penawaran Tertinggi Rp137 juta

Namun ternyata, acara lelang mobil Bea Cukai ini sepi peminat. Seto, perwakilan dari Balai Lelang Artha yang ditunjuk untuk menyelenggarakan lelang ini mengungkapkan, jika dari 75 unit Kia Rio yang dilelang hanya 3 unit yang ditawar.

"Lelangnya cuma di tanggal 9 Juni, ada tiga unit yang mendapatkan penawaran," katanya saat dihubungi. Ia juga menuturkan, penawaran tertinggi di lelang mobil Bea Cukai 2021 kali ini ada di angka Rp137 juta.

Baca juga : Honda Jazz Lebih Irit di Rute Dalam Kota Daripada Kia Rio

Kia Rio 2014

Semuanya adalah mobil baru yang masih terbungkus plastik

Akan Dibuka Lelang Berikutnya

Jika Anda masih berminta memiliki Kia Rio baru dengan harga miring, Seto pun menuturkan jiak pihaknya akan kembali melakukan lelang untuk unit Kia Rio yang belum terjual. "Nanti kita ada lelang lagi kok," ucap dia.

Namun jadwal lelang belum bisa dipastikan, sementara harganya kemungkinan akan mendapat revisi dibanding sebelumnya. "Nanti harganya ada penyesuaian lagi, mungkin yang kemarin juga akibat faktor harga," ungkap dia.

Baca juga : Review Kia Rio 2020: Desain Menawan Khas Korea Selatan

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Kia Rio MT Sunroof

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru