window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Korea Selatan Bikin Cara Ampuh Atasi Mobil Listrik Terbakar di Parkiran

Herdi · 29 Mei, 2023 15:01

Korea Selatan Bikin Cara Ampuh Atasi Mobil Listrik Terbakar di Parkiran 01

Mobil listrik terbakar mungkin masih menjadi mimpi buruk yang dikhawatirkan para pemilik EV atau mereka yang mau beralih pada kendaraa elektrifikasi.

Pasalnya, meski mobil listrik dianggap mempunyai teknologi canggih, namun kendaraan jenis ini sangat sulit untuk dipadamkan saat terjadi kebakaran daripada mobil bermesin bensin atau diesel.

Di beberapa negara, banyak kasus mobil listrik terbakar dan sangat sulit dipadamkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Begini Sulitnya Menangani Mobil Listrik Terbakar, Walau Sudah Padam Api Bisa Tiba-tiba Muncul Lagi

Kapal Havila Krystruten terbakar

Kapal Havila Krystruten terbakar saat membawa ribuan mobil termasuk mobil listrik  

Bahkan tahun lalu ada sebuah kapal ekspedisi yang mengangkut ribuan mobil terbakar.

Usut punya usut hal ini diawali mobil listrik yang tersulut api dan sulit dipadamkan. 

Selain itu, beberapa kasus kebakaran mobil listrik juga sempat terjadi di Korea Selatan.

Terlebih tahun lalu di sebuah jalan Busan, Korea Selatan, ada dua orang tewas saat mobil listrik terbakar karena menabrak pembatas gerbang tol 

Korea Selatan Bikin Cara Ampuh Atasi Mobil Listrik Terbakar di Parkiran 02

Baca juga: Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari!

Hal ini pula yang membuat Markas Besar Keselamatan Kebakaran Provinsi Jeju beserta para ahli bidang keselamatan kebakaran, mengadakan pertemuan untuk membahas teknologi dan pencegahan pemadam kebakaran. 

Dalam pertemuan tersebut mereka membahas standar khusus berupa penerapan fasilitas pemadam kebakaran yang disebut Pedoman Keselamatan Kebakaran untuk Zona Parkir Kendaraan Listrik. 

Mereka juga membahas bagaimana solusi untuk pemasangan alat pemadam kebakaran di parkiran.

Solusi Pencegahan Mobil Listrik Tebakar di Basement

Ilustrasi mobil listrik diparkiran

Ilustrasi mobil listrik diparkiran

Sama seperti mobil pada umumnya, dimana banyak mobil listrik yang di parkir di basement, termasuk mobil listrik dan alat pengisian daya atau home chargingnya. 

Alhasil, jika terjadi kebakaran di area parkir bawah tanah, tim pemadam khususnya akses untuk truk pemadam akan lebih kesulitan ke lokasi kejadian. 

Untuk menghindari kebakaran yang meluas di area basement akibat mobil listrik terbakar, komite pemadam kebakaran di Korea Selatan akan membuat inovasi khusus. 

Baca juga: Sulit Dipadamkan, 2 Orang Tewas Saat Mobil Listik Ini Terbakar di Jalan Tol di Korsel

Ilustrasi mobil listrik diparkiran

Pengaturan charging statin mobil listrik di basement

Adalah dengan memasang alat khusus termasuk tangki pemadam api. Adapun untuk alat khusus tersebut akan digunakan seperti pagar penghalang yang berada di sekitar mobil terbakar. 

Nantinya pagar penghalang tersebut akan jadi seperti sebuah wadah untuk mengisi cairan pemadam api dengan volume setinggi posisi baterai.

Ilsutrrasi pencegahan mobil listrik terbakar diparkiran

Air akan dialiri ke area baterai terlebih dulu

Selain cara pencegahan di area parkir basement, Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan menyebutkan, untuk memadamkan api kendaraan listrik, alat yang ada saat ini merupakan hal yang menantang. 

Sebaliknya, jika terjadi kebakaran kendaraan listrik petugas profesional sekalipun membutuhkan peralatan pemadam kebakaran khusus. 

Mobil lsitrik terparkir dipasang pagar pemabatas

Mobil lsitrik terparkir dipasang pagar pemabatas 

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea merekomendasikan fasilitas pengisian daya sebisa mungkin dibuat di luar ruangan. 

Namun, jika pemasangan di bawah tanah menjadi tidak dapat dihindari, maka cara pemasangan pagar penghalang dan sebuah tangki air khusus harus ada untuk memastikan pencegahan kebakaran meluas.

Tidak hanya itu, untuk mencegah terjadinya kebakaran karena mobil listrik, maka harus dibuat sistem pencegahan dini, berupa fasilitas keselamatan, termasuk memperbanyak area yang dilengkapi kamera CCTV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia