window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari!

Budi · 3 Okt, 2022 20:00

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 01

  • Mobil Listrik Terbakar bisa berhari-hari tanpa penanganan yang tepat
  • Perlu direndam di wadah dengan cairan khusus hingga tak ada api

Perkembangan teknologi mobil listrik sudah semakin maju dan luas. Bahkan di Indonesia, harga mobil listrik semakin terjangkau dengan kehadiran Wuling Air EV. Beberapa model mobil listrik juga harus inden untuk segera mendapatkan modelnya, namun apakah Anda tahu jika terjadi kecelakaan dan mobil listrik terbakar membutuhkan waktu lama untuk padam?

Selama ini, isu kuat soal mobil listrik yang paling santer terdengar hanyalah soal infrastruktur pengisian baterai yang masih minim. Apalagi hal ini terjadi bahkan di kota besar layaknya Ibu Kota, Jakarta. Nah sebenarnya ada hal lain yang perlu juga diantisipasi, yaitu jika mobil listrik terbakar usai kecelakaan, perlu berhari-hari untuk memadamkannya, bahkan bisa menyala lagi setelah seminggu berlalu.

Baca juga: Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baterai Mobil Listrik Dapat Terbakar Selama Berjam-Jam

Menurut Confederation of Fire Protection Associations Europe (CFPA-Europe), baterai pada mobil listrik dan hybrid memiliki banyak tantangan dari perspektif kedaruratan. Masing-masing sel pada baterai lithium-ion dapat saja rusak saat terjadinya kecelakaan. Hal ini akan menyebabkan penumpukan panas yang kemudian menyebar dari satu sel ke sel lainnya. Hal inilah yang disebut thermal runaway sebuah reaksi berantai yang akan sulit dihentikan begitu dimulai.

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 01

Dari China, sempat ada laporan bahwa BYD Han terbakar setelah diparkir selama 48 jam sejak uji tabraknya. Setelah itu, BYD merilis pernyataan yang menunjukkan bahwa kebocoran cairan pendingin kemungkinan menjadi penyebab kebakaran. Namun hal itu jadi menimbulkan kecurigaan para pemilik BYD Han di China, walaupun penyebab sebenarnya dari kebakaran tersebut hingga saat ini masih belum diketahui.

Risiko kebakaran yang terjadi pada baterai mobil listrik memang lebih rumit jika dibandingkan dengan mobil-mobil bermesin konvensional. Karena pada kebakaran yang melibatkan baterai kendaraan listrik, api yang muncul tidak dapat dengan mudah dipadamkan. Bahkan jika petugas pemadam kebakaran telah memadamkan api, baterai dapat menyala lagi beberapa jam kemudian, karena reaksi yang mengalir dari satu sel baterai ke sel lainnya alias thermal runaway tadi.

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 02

Di Amerika Serikat, pihak pemadam kebakaran bahkan harus dipanggil hingga dua kali untuk memadamkan api pada kasus terbakarnya sebuah Chevy Bolt yang sama. Pada upaya kedua, pemadam kebakaran tidak bisa berbuat banyak selain menyiramnya dengan semua yang mereka miliki, tetapi api di mobil listrik terbakar itu terus menyala selama 4 jam.

Kasus lainnya yang terjadi pada April 2021 di Houston melibatkan Tesla Model S, pemadam kebakaran membutuhkan 7 jam dan 28.000 galon air – jumlah air yang normalnya mereka gunakan untuk satu bulan -- untuk dapat memadamkan kebakaran mobil listrik tersebut. 

Baca juga: Tata Tiago EV Mobil Listrik Harga Terjangkau yang Lebih Murah dari Brio Satya

Bagaimana Memadamkan Kebakaran Mobil Listrik?

Tak hanya sekadar kebakaran, selama baterai listrik terbakar, gas yang beracun juga muncul. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 100 gas beracun yang dapat dihasilkan seperti hidrogen fluorida. Gas ini dalam dosis kecil sekalipun dapat menyebabkan munculnya air di paru-paru. Artinya, pemadam kebakaran perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra dengan mengenakan alat bantu pernapasan saat memadamkan api mobil listrik.

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 03

Michael Kim Andersen, Deputi Direktur Layanan Darurat di Copenhagen Denmark, mengatakan, “baterai sulit dipadamkan, dan baterai dapat kembali menyala beberapa jam kemudian – dalam beberapa kasus, bahkan hingga seminggu kemudian. Kami tidak mungkin menutup jalan dan jalan raya selama beberapa jam, jadi jika api tidak bisa kami padamkan, mungkin kami harus memindahkan mobilnya. Itu sebabnya kami telah mengembangkan sebuah wadah untuk tujuan itu.”

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 04

Mobil listrik tidak boleh ditempatkan bersama mobil-mobil lain di bengkel setelah terbakar, karena mobil ini tetap berisiko kembali terbakar. Karenanya mobil itu akan tetap berada di dalam wadah sampai resikonya mereda.“Kebakaran pada baterai mobil listrik adalah kebakaran kimia yang tidak membutuhkan oksigen. Oleh karena itu, gas inert tidak berpengaruh pada baterai tetapi ditujukan untuk bagian lain dari mobil. Perkembangan panas dari baterai berpotensi menyebabkan kabin terbakar,” ujarnya.

Mobil Listrik Semakin Laris, Tapi Hati-Hati Saat Mobil Listrik Terbakar Bisa Berhari-Hari! 05

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana merawat mobil listrik Anda dengan benar. Menjaga perawatan mobil Anda dan memperbaikinya secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran spontan.

Baca juga: Mitsubishi Fuso eCanter Lakukan Uji Coba Jadi Mobil Paket, Truk Listrik Ringan Pertama di Indonesia Mulai Disiksa

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil