window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pahami Bedanya Daihatsu Ayla X dan M 2014, City Car Rp75 Jutaan!

Enda · 7 Nov, 2023 09:03

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, penjualan Daihatsu Ayla pertama kali dilakukan pada September 2013 dengan menyandang status sebagai kendaraan LCGC (Low Cost Green Car).

Seperti Avanza-Xenia dan Rush-Terios, Ayla hadir bersama dengan saudara kembarnya, Toyota Agya.

Saat diluncurkan pertama kali, Ayla ditawarkan dalam empat varian, yakni; D, D+, M dan X yang merupakan tipe flagshipnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bagi kalian yang sedang mencari Daihatsu Ayla bekas, pasaran harga sekennya kini ditawarkan mulai dari Rp75 jutaan.

Apabila kalian saat ini sedang mencari Ayla bekas lansiran 2014, ada baiknya ketahui perbedaan tipe X dan M di bawah ini.

Baca juga: Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana?

Daihatsu Ayla X 2014 Terlihat Lebih Mewah

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Tampilan belakang Ayla X

Mengetahui apa saja bedanya Daihatsu Ayla X dan M 2014, pada fasadnya tipe teratas sudah dilengkapi foglamp serta aksen krom baik itu pada grill maupun rumah foglamp.

Melihat bagian samping, tipe X dipadukan velg alloy 14 inci, handle pintu krom, serta adanya side moulding dan spion elektrik dengan lampu sein pada cover.

Sedangkan untuk tipe M, mobil ini masih mengandalkan velg kaleng 13 inci yang ditutupi dop serta spion dengan pengaturan manual.

Pada buritannya, tipe X ketambahan spoiler serta high mount stoplamp di bagian atas pintu belakang.

Tipe Teratas Dibekali Head Unit 2Din

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Interior Ayla X

Selain tampilan eksterior, untuk interior kedua varian pun berbeda.

Seperti yang dapat dilihat, Ayla X 2014 di beberapa ornamentnya mendapat sentuhan warna silver yang lebih memperlihatkan kesan mewah, ketimbang tipe M yang keseluruhannya berwarna gelap.

Selain ornament untuk sistem hiburan keduanya pun berbeda.

Terlihat pada center clusternya tipe X berhasil disematkan head unit 2din yang mendukung format radio, CD, MP3, WMA, USB/AUX port.  

Sedangkan pada tipe M, untuk sistem hiburannya menggunakan head unit single din dengan format yang terbatas.

Selain nuansa interior serta penggunaan sistem hiburan yang berbeda, untuk panel instrument Ayla M pun tampil lebih sederhana.

Seperti yang terlihat tipe ini hanya mengandalkan odometer serta layar MID berukuran lebih kecil dengan menampilkan informasi serta status kendaraan secara terbatas.

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Panel instrument Ayla X

Pada tipe X, untuk panel instrumentnya mendapat tambahan tachometer serta layar MID dengan ukuran lebih besar yang menampilkan informasi lebih lengkap, seperti dapat menampilkan rata-rata penggunaan bahan bakar, trip meter, jam dan alarm, dan terakhir ECO indicator.

Untuk diketahui, baik tipe X maupun M sama-sama menggunakan jok berbahan fabric dengan head rest di baris kedua yang dapat diatur baik tinggi maupun rendah.

Lainnya, tipe X berhasil dibekali intermittent wiper serta alarm system yang dapat meminimalisir dari tindakan pencurian.

Mesin dan Transmisi Keduanya Sama Persis

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Mesin 1KR-DE Ayla 1.0

Baik Ayla X maupun M lansiran 2014 sama-sama dibenamkan mesin bensin berkodekan 1KR-DE 3-silinder segaris Electronic Fuel Injection (EFI) 12 valve DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 87 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Membuatnya berjalan, kedua varian ini hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.  

Berapa Konsumsi BBM Daihatsu Ayla?

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Terkenal irit bahan bakar

Berbekal mesin 1.0L dengan 3 silinder serta sistem kombusi injeksi, untuk konsumsi bahan bakar Ayla terbilang sangat irit.

Berbagai pengetesan yang pernah dilakukan, untuk penggunaan dalam kotanya berada di angka 15 km/liter hingga 17 km/liter.

Sedangkan pemakaian luar kotanya, jarak yang ditempuh mencapai 18 km/liter sampai dengan 20 km/liter.

Baca juga: Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang

Bensin Apa yang Cocok untuk Mobil Ayla?

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Tampilannya sederhana

Mesin 1KR-DE yang digunakan Ayla memiliki angka kompresi 10:1.

Memiliki kompresi yang tidak terlalu tinggi, menurut spesifikasi Ayla masih bisa menggunakan bensin dengan RON90 atau sejenis pertalite.

Namun pabrikan menyarankan untuk menggunakan bensin dengan RON92 guna menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Berapa Kapasitas Tangki Daihatsu Ayla?

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Cocok buat mobil perkotaan

Untuk kapasitas tangki bahan bakar, Daihatsu Ayla mencapai 36 liter.

Jika harga pertamax saat ini Rp13.400 per liter, dari kondisi kosong sampai dengan terisi penuh menghabiskan biaya Rp482.400.

Perawatan Ayla Murah?

Perbedaan Daihatsu Ayla X dan M

Biaya servis terjangkau

Daihatsu Ayla untuk perawatan serta suku cadangnya sangat murah, sehingga kalian tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak setiap kali melakukan service.

Untuk perawatan rutin yang bisa dilakukan, kalian cukup melakukan tune up meliputi pembersihan throttle body, filter udara, filter bensin, serta penggantian oli mesin dan transmisi secara teratur.

Tak lupa juga mengganti minyak rem serta air radiator untuk menjaga performanya agar tetap optimal.

Baca juga: Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih Harga Sampai Rp12 Jutaan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil