window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh

Dito · 4 Feb, 2023 11:00

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 01

Sejak hadirnya jalan tol trans-jawa membuat banyak orang menggunakan mobil untuk bepergian keluar kota. Sepulangnya ke rumah, ada beberapa bagian mobil yang wajib diperiksa setelah dipakai perjalanan jauh ratusan kilometer.

“Servis mobil berkala adalah kegiatan memperbaiki mobil yang wajib dilakukan paling tidak setiap 6 bulan sekali. Kami memberikan rekomendasi bagi kendaraan Anda yang baru saja kembali dari liburan atau perjalanan jauh,” ujar Donald Rachmat, General Manager Branch Operation & Commercials CARSOME Indonesia.

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Donald menambahkan jumlah  kilometer tidak selamanya menjadi acuan untuk melakukan servis mobi. Tetapi pada teori umum 10.000 km pada mobil baru dapat dicapai dalam waktu 6 bulan.

Setidaknya ada lima komponen teratas yang wajib dicek untuk mengembalikan performa mobil. Komponen apa saja? Berikut penjelasannya.

Baca juga : Selalu Jual Mobil Bekas Berkualitas, Carsome Hindari Konsumen dari Masalah

Filter 

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 01

Mobil yang telah berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama dari penggunaan sehari-hari, ada empat komponen filter vital yang berpotensi mengalami penurunan performa. Mulai dari filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC. 

Keempat filter tersebut perlu dicek secara berkala untuk mencegah debu dan kotoran menyumbat sirkulasi,sehingga menghambat kinerja mesin. Khusus filter AC bisa menganggu kenyamanan berkendara akibat bau tidak sedap di kabin.

Rem 

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 02

Kemacetan yang tidak dapat dihindari memberikan beban kerja lebih besar pada rem mobil karena stop and go. Secara berkala, lakukan pengecekan dengan cermat terhadap komponen rem mobil.

Beberapa komponen dalam rem seperti  minyak rem, kanvas, dan selang pada rem dipastikan masih kondisi baik. Beberapa penggantian mungkin perlu dilakukan, terutama ketika telah melewati batas pemakaian.

Ban 

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 03

Pengecekan tekanan udara pada ban jadi hal wajib dilakukan. Terlebih ban sebagai tumpuan utama sebuah mobil dan melewati kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi. 

Minimal lakukan seminggu sekali memeriksa tekanan udara ban mobil sebelum melakukan perjalanan. Mungkin Anda juga perlu untuk segera mengganti ban mobil jika kondisinya sudah terlihat menipis, ban mobil yang tidak layak dapat berakibat fatal.

Baca juga : 5 Mobil Bekas Termurah CARSOME di Bawah Rp100 Juta, Ada Apa Aja?

Kaki-kaki

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 04

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah kaki-kaki mobil. Ketika Anda mengendarai mobil dengan ban yang terasa tidak stabil bergerak liar ke kiri atau kanan, bisa jadi ada masalah pada kaki-kaki mobil. 

Masalah pada kaki-kaki mobil bisa dirasakan ketika setir bergetar tidak wajar atau ketika terdengar bunyi saat berputar atau berbelok. Apabila Anda merasakan ciri-ciri tersebut, lakukan pengecekan pada tie rod dan long tie rod.

Aki

Lima Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Perjalanan Jauh 05

Bagian terakhir yang wajib diperiksa pasca perjalanan jauh adalah aki mobil. Sebagai penyuplai daya listrik komponen-komponen mobil, lakukan pengecekan berkala berdasarkan jenis aki yang digunakan.

Jika Anda menggunakan aki basah, periksa kualitas aki dan cek apakah volume air aki yang 
dalam kualitas aman. Sedangkan untuk pengguna aki kering, bisa dipantau dari suara mesin yang ditimbulkan saat mobil dinyalakan (starter).

Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Irit BBM di CARSOME, Cocok Buat Harian

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil