window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Losbak Diesel Termurah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tata Intra V20

Enda · 30 Sep, 2022 13:00

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Hegemoni kendaraan niaga muatan ringan model losbak hingga kini masih dipegang oleh Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry. Guna mencari peluang pasar di segmen tersebut, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) belum lama ini meluncurkan Tata Intra V20 sebagai mobil barang bermesin diesel dengan CC kecil yang merupakan pesaing utama DFSK Super Cab.

Didatangankan secara utuh dari Negeri Vrindavan, untuk pasar Tanah Air Tata Intra V20 ditawarkan dalam dua varian, yakni pick up AC yang diniagakan Rp169 juta dan pick up non AC Rp159 juta. Sedangkan versi box alumunium, TMDI membandrolnya di angka Rp213,4 juta.

Dinobatkan sebagai pick up diesel termurah saat ini, simak kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20 lewat ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Perbandingan Daihatsu GranMax 1.3 vs Tata Intra, Mobil India Apakah Lebih Perkasa?

Kelebihan Tata Intra V20

1. Tampilan Paling Mewah di Antara Pesaing Terdekatnya

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Tampilan mewah

Secara penampilan menurut kami Tata Intra V20 terlihat paling mewah di antara pesaing terdekatnya seperti DFSK Super Cab, bahkan Daihatsu Gran Max serta Suzuki Carry sekalipun.

Di bagian depannya sendiri terdapat aksen krom seperti pada garnish di atas grill serta list berbentuk L-shape pada rumah foglampnya. Selain itu untuk grillnya hadir dengan bentuk atraktif yang dilabur warna silver serta penambahan aksen motorized clear lens pada headlampnya.

Pada sisi samping, secara bentuk mobil ini terlihat begitu kekar berkat tarikan garis meruncing yang disambungkan dari ujung lampu utamanya. Bukan cuma itu, lekukan di atas roda juga terlihat begitu macho yang membuatnya terlihat semakin kokoh.

Tepat di atas spatbor depan Tata Intra V20 mendapat tambahan lampu sein yang berfungsi untuk memberi sinyal terhadap pengendara lain di belakang ketika mobil hendak berbelok atau berpindah lajur.

2. Bak Paling Tinggi di Antara Pick Up yang Ada

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Tinggi bak Tata Intra V20 mencapai 400 mm

Menyoal dimensi Tata Intra V20 terbilang besar. Di atas kertas untuk panjangnya sendiri mencapai 4.282 mm, lebar 1.639 mm dan tinggi 1.918 mm. Selain itu wheelbasenya sendiri mencapai 2.250 mm dengan ground clearance 170 mm.

Mengenai ukuran kargonya, mobil ini mempunyai panjang 2.450 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 400 mm. Perlu diketahui untuk baknya Tata Intra V20 lebih tinggi dibandingkan Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry dan juga DFSK Super Cab sehingga mampu dimuati barang lebih banyak.

3. Punya Fitur Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Tata Intra V20 dilengkapi head unit single din dan AC

Sekelas mobil niaga, untuk fiturnya Tata Intra V20 terbilang lengkap. Seperti yang bisa kalian lihat didalamnya mobil ini sudah dilengkapi dengan dua console box terbuka dan tertutup di bagian penumpangnya. Pada center clusternya sendiri terdapat head unit single din dengan tombol pengaturan AC dan dua kotak penyimpanan kecil di bagian atasnya.

Supaya pengemudi lebih mudah ketika melakukan manuver, Tata Intra V20 berhasil dilengkapi dengan power steering. Sebagai pusat informasi berkendara, panel instrument cluster nya terlihat modern berkat menggunakan tampilan digital baik untuk kecepatan maupun jarak tempuh.

Memudahkan pengemudi ketika berkendara di malam hari, mobil ini turut dilengkap tombol pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi yang ditempatkan di dashboard bagian kanan bawahnya.

4. Tata Intra V20 Diklaim Irit BBM

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Tata Intra V20 sanggup menempuh jarak 14 km/liter

Tata Intra V20 dibekali mesin diesel turbo intercooler 4-silinder segaris dengan kapasitas 1.396 cc. Menggunakan teknologi common rail direct engine dengan standar Euro 4, untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 72 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm @1.800-3.000 rpm.

Supaya dapat melaju sesuai dengan keinginan pengemudi, mobil ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian diarahkan ke penggerak roda belakang. Untuk performa yang dihasilkan Tata Intra V20 diklaim memiliki kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM jenis solar di angka 14 km/liter.

Baca juga: Pick Up Diesel Terjangkau, Cicilan Tata Intra V20 Setiap Bulannya Mulai Rp3,5 Juta

Kekurangan Tata Intra V20

1. Bukaan Bak Hanya Bisa Dilakukan dari Belakang

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Bak Tata Intra V20 hanya bisa dibukan dan ditutup dari belakang

Kekurangan yang ada pada Tata Intra V20 adalah bukaan baknya. Seperti yang diketahui untuk kargonya mobil ini belum menganut model 3-way yang dapat dibuka dari tiga arah, belakang, samping kanan dan kiri. Bak model 3-way sendiri berguna untuk memudahkan penggunanya saat menaikan atau menurunkan barang.

2. Outlet Resmi Terbatas

Kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20

Outlet resm Tata Motors

Mengenai outlet diler atau bengkel resminya, di Tanah Air Tata Motors masih sangat sedikit. Tentunya dengan outlet yang terbatas ini kalian agak sedikit kesulitan ketika ingin melakukan service berkala di bengkel resmi atau sedang mencari spare part. Mau tidak mau, kita harus beli online dan pengguna juga harus bisa sedikit-sedikit oprek mesin untuk menangani saat kondisi darurat. 

Kesimpulan

Punya harga jual yang terjangkau, untuk kelebihan dan kekurangan Tata Intra V20 berhasil kami sampaikan di atas. Secara konklusi mobil ini sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari karena tangguhan serta irit bahan bakar. Selain itu Intra V20 juga memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap guna memberikan kenyamanan selama perjalanan.

Namun yang perlu jadi perhatian dari mobil ini adalah outlet baik diler maupun bengkel resmi yang terbatas, sehingga akan sedikit menyulitkan ketika ingin melakukan pembelian atau perbaikan.

Baca juga: Persaingan Pick Up Diesel Under 1.500 Cc, Tata Intra V20 yang Lebih Murah Apa Bisa Ungguli DFSK Super Cab?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil