window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho!

Adit · 28 Des, 2021 18:00

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 01

Jalan tol terpanjang di Indonesia, ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung.
  • Jalan tol terpanjang di Indonesia bukan Cipali, tapi ada di Sumatera
  • Ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung adalah jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini
  • Merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, dari Bakauheni hingga Aceh

Pemerintah saat ini tengah memacu pembangunan jalan tol di Indonesia. Tujuannya untuk memperlancar lalu lintas, memudahkan distribusi barang dan jasa, serta menumbuhkan pemerataan hasil pembangunan. Tapi pernahkah terbesit di benak Anda, kira-kira mana jalan tol terpanjang di Indonesia? 

Ada yang jawab tol Cipali yang merupakan singkatan dari Cikopo-Palimanan di Pulau Jawa? Ternyata bukan. Jalan tol yang termasuk bagian dari Tol Trans Jawa itu memiliki ruas sepanjang 116,7 km. Namun betul, ruas tol ini sempat menyabet predikat jalan tol terpanjang di RI sejak pertama kali diresmikan pada 2015. 

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 02

Tol Cipali merupakan yang terpanjang yang keempat.

Baca Juga: Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

Rupanya jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini adalah ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung sejauh 189 km. Selain itu mengacu keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pembangunan jalan tol ini juga merupakan yang tercepat. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekitar 2,5 tahun digarap oleh PT Hutama Karya. Capaian ini juga akhirnya memecahkan rekor sebagai pembangunan tol tercepat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 01

Jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung membentang sepanjang 189 km.

Jarak sejauh 189 km apabila disamakan di pulau Jawa, sama jauhnya kira-kira dari Pelabuhan Tanjung Priok di utara Jakarta ke Geopark Ciletuh di bagian selatan Sukabumi, Jawa Barat. Oh iya jalan tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu. 

Jalan tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi. Pertama Terbanggi Besar-Pematang Panggang sejauh 112 km, dilanjut seksi dua Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 km. 

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 02

Tol terpanjang Terbanggi Besar-Kayu Agung menghubungkan Lampung dan Sumatera Selatan.

Akses keluar masuknya terbagi menjadi enam gerbang tol yang tersebar di Gunung Batin, Menggala, Lambu Kibang, Way Kenanga, Simpang Pematang, dan Kayu Agung. Adapun ketersediaan tempat istirahatnya tersebar di arah Kayu Agung sebanyak lima titik dan empat menuju Bakauheni.

Nantinya ruas tol ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, yang ditargetkan akan tersambung dari Lampung hingga Aceh pada 2024 mendatang. Saat ini di Sumatera telah beroperasi jalan tol sepanjang 653 km, dan terbagi atas sembilan ruas tol. 

Baca Juga: Hati-Hati Bahaya Aquaplaning di Jalan Tol Saat Hujan, Ini Cara Menghindarinya!

Bukan Cuma Terbanggi Besar-Kayu Agung, Inilah Jalan Tol Terpanjang Lain di Indonesia

Di Sumatera, jalan tol yang memiliki jarak terpanjang lainnya adalah ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, yang menjadikannya jalan tol terpanjang kedua di Indonesia. Pembangunannya juga dilakukan Hutama Karya dan diresmikan 2019. Jalan tol ini menjadi penghubung Pelabuhan Bakauheni hingga Lampung Tengah. 

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 03

Jalan Tol Trans Sumatera.

Jalan tol terpanjang ketiga lainnya masih berada di Andalas. Yakni ruas tol Pekanbaru-Dumai yang membentang dari pusat Kota Pekanbaru hingga pesisir Dumai sepanjang 131,4 km. Tol ini melalui Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Kota Dumai. Karena itu, pembangunannya memakan banyak waktu dari akhir 2016 baru rampung pada 2020. 

Barulah tol terpanjang keempat dipegang oleh Tol Cipali, yang jadi andalan bagi masyarakat untuk bepergian dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah tanpa hambatan.

Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho! 04

Jalan tol Jakarta-Merak merupakan tol terpanjang kelima di Indonesia.

Adapun jalan tol terpanjang di Indonesia kelima adalah Tol Jakarta-Merak sejauh 98 km yang telah digunakan sejak 1984. Keberadaannya penting sebagai penghubung kawasan Tangerang dan Pelabuhan Merak. Maka dari itu tol ini penting bagi distribusi logistik, barang, maupun jasa. 

Sehingga tak heran banyak truk maupun kontainer besar yang melintas di ruas tol ini. Tol Jakarta-Merak membentang dari Jakarta Barat, Tangerang, Serang, hingga Cilegon. Namun dewasa ini juga banyak mobil pribadi yang melintas karena sudah banyak hunian yang dibangun di daerah tersebut. 

Baca Juga: Saldo Kurang Saat Bayar Tol? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil