window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck

Yongki Sanjaya · 7 Apr, 2022 10:00

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 01

Kamu yang tumbuh besar pada dekade 1980-1990an mungkin tidak asing dengan sosok VW Kombi. Ya, minibus dengan nama asli yaitu VW Transporter ini cukup beken sebagai mobil penumpang dan sebagian lagi menjadi angkutan barang. 

Bagi yang belum tahu, VW Kombi kini banyak dimodifikasi sebagai food truck. Dimensi yang bongsor dengan kabin super lega jadi keunggulan VW Kombi. 

Mundur ke belakang, VW Transporter yang masuk ke Indonesia ini yang paling populer hadir pada generasi kedua dengan kode sasis T2. Kombi T2 ini merupakan generasi kedua yang pertama kali masuk pada tahun 1968 dan dijual hingga 1985 di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk Kombi generasi pertama dengan kode sasis T1 ini sebenarnya juga telah hadir di Indonesia. Kombi T1 ini di kalangan masyarakat dinamai sebagai Kombi Dakota.

Jenis dan Varian VW Kombi di Indonesia 

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 01

Dari bentuk bodinya, ada beberapa varian VW Kombi yang dijual di Indonesia. Paling banyak yaitu tipe minibus, dan terbagi menjadi beberapa jenis lagi yaitu Combi dan Microbus.

Selain itu, ada juga varian langka seperti panel van sampai pickup baik single cabin maupun double cabin. Untuk varian seperti ini biasanya merupakan pesanan khusus. 

Pada dekade 1970-an, pemerintah juga membuka program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KNBS) kepada distributor kendaraan bermotor. Volkswagen ikut serta dalam program KNBS dengan menghadirkan pick up VW Mitra. Mobil ini berbasis VW EA489 Basistransporter dengan bodi depan VW Kombi facelift.

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 02

Nah kalian jangan sampai keliru, tipe Combi yang namanya diadopsi sebagai sebutan T2 sebenarnya lebih diperuntukkan untuk barang meskipun bisa menjadi mobil penumpang. Interiornya tidak ada sekat kabin serta jok depan model terpisah 2 buah. 

Untuk mobil penumpangnya hadir dalam tipe Mircrobus. Ciri di interior ada sekat antara kabin depan dan penumpang, jok depannya memanjang model bench seat, serta jalur ventilasi udara yang lebih panjang dan lengkap.

Perbedaan VW Kombi Jerman dan Brazil, ada Beberapa Versi

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 03

Secara umum, Kombi T2 ini merupakan generasi kedua yang pertama kali masuk pada tahun 1968 dan dijual hingga 1985 di Indonesia. Dalam periode tersebut, Kombi hadir dalam dua versi produksi yakni Jerman dan Brazil. 

Setelah menuai sukses melalui Volkswagen T2 produksi Hannover (Jerman), pada tahun 1979, PT Garuda Mataram memperkenalkan pengganti dari VW Kombi Jerman dengan VW Kombi produksi Brazil. Perbedaan negara tempat Kombi ini diproduksi alasannya karena di Jerman sudah berhenti memproduksi Kombi.

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 04

Antara versi Jerman dan versi Brazil terdapat beberapa perbedaan fisik desainnya. Kombi Jerman versi awal dikenal dengan istilah VW Kombi Kumis. Ciri khasnya ada pada bagian depan, letak lampu seinnya berada dibawah lampu depan. Kemudian untuk bentuk air scoop pada pilar belakangnya berbentuk melengkung.

Pada facelift tahun 1972 akhir, desain air scoop bagian belakangnya diubah jadi berbentuk lurus dan rata. Nah, varian ini yang lebih dikenal dengan sebutan Kombi Jerman karena dibuat di Jerman dan dirakit di Indonesia. Untuk Kombi yang berasal dari Jerman, memiliki jendela belakang yang lebar serta penggunaan pintu belakang model geser atau sliding door. 

Kombi Brazil, Desain Bergaya Klasik Mirip T1

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 05

VW Kombi Brazil ini dikenal dengan istilah 11 window, yang memiliki ciri khas pada penggunaan jendela belakang kecil berjumlah 4 ruas di setiap sisinya selain jendela pintu depan. Untuk pilar C Ini memakai kaca jendela melengkung dengan total 3 jendela, termasuk pintu belakang yang bisa dibuka dengan sistem tip top. 

Selain itu perbedaan lainnya ada pada air scoop yang berpindah ke bagian panel bodi belakang, tepatnya di atas rumah roda. Desain pintu tengahnya tidak lagi memakai pintu geser melainkan menggunakan pintu model barn door atau pintu bukaan seperti lemari.

Mengenal Perbedaan Sosok VW Kombi Versi Jerman dan Brazil, Minibus yang Kini Jadi Andalan Food Truck 06

Perbedaan teknis salah satunya ada pada sistem suspensi, dimana pada Kombi Brazil sudah memakai balljoint sementara Kombi Jerman memakai king pen.

Di Indonesia, VW kombi T2 cukup populer dijadikan food truck karena dimensi yang besar. Untuk versi Kombi Brazil, ada yang dikustom menjadi seperti VW Kombi Dakota baik yang 11 window maupun yang 23 window.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil