window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran?

Yongki Sanjaya · 3 Okt, 2023 16:30

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 01

Pada akhir pekan lalu PT Chery Sales Indonesia memberi kejutan dengan merilis tipe tertinggi dari Omoda 5 yaitu Omoda 5 GT. Crossover itu hadir dalam varian Front Wheel Drive dan All Wheel Drive. Sebagai pendatang baru, Omoda 5 disiapkan oleh Chery untuk berhadapan dengan crossover seperti Mazda CX-5 atau Honda HR-V.

Sebelum lebih jauh membandingkan spesifikasi, kita bandingkan dulu harga Chery Omoda 5 GT dengan Mazda CX-5 di tahun 2023 ini. 

  • Chery Omoda 5 front wheel drive (FWD) Rp 448.800.000 
  • Chery Omoda 5 all wheel drive (AWD) Rp 488.800.000.

Harga Mazda CX-5 2023:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • Elite Edition FWD: Rp608.800.000
  • Kuro Edition FWD: Rp618.800.000
  • AWD: Rp705.000.000

Kalian mungkin melihat bila Omoda 5 bukan lawan seimbang bagi Mazda CX-5 yang kelasnya menyasar segmen semi premium. Namun demikian, Chery berani memberi harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi tak kalah istimewa.

Baca juga: 

Resmi Diluncurkan, Chery Omoda 5 GT Jadi Mobil AWD Termurah di Indonesia

Bukan Hanya di Mesin, Segini Banyaknya Perbedaan Chery Omoda 5 GT dengan RZ

Review Singkat Mazda CX-5 AWD, Edisi Spesial Yang Bikin Rivalnya Tak Bisa Jumawa

Kali ini, kita akan bandingkan Mazda CX-5 dan Chery Omoda 5 GT dengan varian AWD. Dengan selisih harga mencapai lebih dari Rp216 jutaan, apakah Omoda 5 GT bisa mengimbangi spesifikasi dan fitur dari Mazda CX-5 AWD? 

Simak ulasannya sebagai berikut.

Chery Omoda 5 GT AWD, Tampang Keren Performa Luar Biasa

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 01

Omoda 5 menjadi crossover yang cepat meroket namanya karena menampilkan desain yang futuristik. Tak seperti mobil China kebanyakan, desain Omoda 5 ini berorientasi pasar global.

Omoda 5 GT lebih menekankan identitas eksklusif dengan adanya logo OMODA sebagai emblem pada kap mesin di bagian depan dan juga di area belakang mobil. Hal lain yang membedakannya dengan Omoda 5 versi RZ sebelumnya yaitu pada aksen warna, dimana versi GT memakai aksen oranye. 

Pada varian GT ini, warna gril sama dengan badan mobil, sehingga tampak lebih fashionable dan sporty. Lebih lanjut, varian AWD juga memiliki ukuran velg 19 inci yang dipertegas dengan warna All Black yang menegaskan kesan maskulin. 

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 02

Tak cuma memberi kesan stylish dari sisi penampilan, performa Omoda 5 GT pun luar biasa. Mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 Hp dan torsi 290 Nm. 

Baik AWD maupun FWD dipadukan menggunakan transmisi kopling ganda (DCT) 7-Percepatan, sehingga menyajikan sensasi berkendara yang responsif. Tak kalah penting, varian AWD memiliki enam moda berkendara yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia. 

Terdapat mode Normal dan ECO untuk di jalanan pada umumnya, kemudian moda Sport yang agresif yang cocok untuk di jalan tol, pilihan moda Gravel untuk jalan beraspal dan berbatu, moda Mud untuk jalan berlumpur, dan moda Off Road.

Fitur Kekinian di Chery Omoda 5 GT

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 03

Untuk dukungan multimedia, Omoda 5 GT AWD dibekali head unit layar sentuh 20,5 inci ultra-clear Vision dengan Carplay dan Android Auto yang dipadukan 8 speaker garapan Sony 8, Intelligent Voice Assistant, kamera 360 derajat dan panoramic sunroof.

Selain itu juga terdapat pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, serta kursi penumpang dengan ventilated seat. Tak kalah penting, varian AWD terdapat wireless charging sebesar 50W.

Adapun fitur keselamatan di Omoda 5 GT dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System, ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control), Hill-start Assist Control, dan Hill Descent Control.

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 04

Omoda 5 GT AWD juga memiliki ADAS yang mencakup Autonomous Emergency Brake (AEB), Drive Away Warning (DAW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Blind Spot Warning (BSW), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW),  Lane Keeping Assist (LKA), hingga  Driver Monitoring System.

Mazda CX-5 AWD, Unggulkan Kesan Premium dan Elegan

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 05

Mazda punya kelas tersendiri di jagat otomotif Indonesia. Brand asal Jepang tersebut hadir dengan pesona ala mobil mewah, dengan harga yang masih rasional.

Mazda CX-5 merupakan salah satu model yang ingin 'diincar' oleh Chery Omoda 5. Mazda CX-5 AWD sebagai tipe teratas, punya fitur tak kalah mentereng. Terlebih, brand Mazda memiliki built quality jempolan, termasuk untuk material interior.

Desainnya mewah dengan fitur canggih ala mobil Eropa, dengan bahasa desain KODO khas Mazda begitu kuat jadi identitas di eksterior CX-5. Lampunya sudah mengadopsi teknologi LED yang terintegrasi dengan fitur Adaptive LED Headlights.

Fitur Canggih Dengan Interior Premium Ala Mobil Eropa

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 06

CX-5 punya segala fitur dan teknologi canggih yang sangat memanjakan pengemudi dan juga penumpang. Mobil ini dilengkapi Electric Seat With Memory Function yang memiliki delapan arah di kursi depan. Adanya sunroof yang dapat dibuka dan ditutup secara elektrik ini tentu memberikan kesan mewah sekaligus kabin yang lapang.

Terdapat head up display (HUD), yang disebut oleh Mazda sebagai Windshield Active Driving Display. Lebih lanjut, head unit layar sentuh dengan ukuran 7 inci sebagai pusat multimedia mendukung koneksi Android auto dan Apple CarPlay.

Lebih lanjut, CX-5 dilengkapi juga dengan wireless charging, hands-free power liftgate, hingga drive mode selection indicator. Makin menarik lagi karena Mazda menyematkan sistem audio dari BOSE. Kejernihan suara dari sistem audio, dipadukan dengan kekedapan kabin yang baik. 

Pada CX-5 terdapat knob controller di konsol tengah, yang juga bisa digerakan langsung oleh penumpang belakang. Alat ini digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi sistem hiburan mulai dari mengatur suara, musik, radio dan satnav, dan lainnya.

Serba Bisa di Medan Offroad dan Jalan Aspal

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 07

Mazda merancang CX-5 sebagai SUV serba bisa sehingga dapat diandalkan juga di medan off road. Ini karena pada varian tertinggi telah memakai penggerak all wheel drive. CX-5 dibekali mesin SKYACTIV, berkapasitas 2.488 cc, 4 silinder, DOHC, Dual S-VT dengan cylinder deactivation.

Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 252 Nm pada 4.000 rpm yang ditunjang transmisi otomatis 6-percepatan.

CX-5 memiliki tingkat pengendalian yang presisi dan minim limbung. Stabilitas tersebut berkat suspensi SKYACTIV-Chassis Independent MacPherson Strut dan stabilizer bar di bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, disematkan Multi-Link dengan stabilizer bar. 

Fitur Keselamatan Cukup Beragam

Chery Omoda 5 GT AWD Vs Mazda CX-5 AWD, Brand China Berani Lebih Jor-joran? 08

Mazda CX-5 dibangun dari struktur body Ring Structure unibody construction SKYACTIV-BODY. Bicara fitur keselamatan standar, CX-5 dibekali beragam kelengkapan mencakup Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control (TC), Hill Launch Assist (HLA). Terdapat Emergency Stop Signal (ESS), G-Vectoring Control (GVC), Front and rear parking sensors, hingga 360 View Monitor.

Sementara itu pada interiornya memiliki Airbags dual front - curtain & side. Terdapat ISOFIX child-seat, side-impact door beams, high-mount stop lamp, collapsible steering shaft & injury-minimizing brake pedal, termasuk Neck injury mitigation front seats. 

Sebagai SUV kelas atas, CX-5 AWD juga didukung ADAS yang disebut i-ACTIVSENSE. Fiturnya meliputi Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan juga Cruising and Traffic Support.

Masih ada lagi fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Adapun fitur pendukung lainnya berupa Auto Hold, Power Liftgate dengan Spindle Damper, Smart City Brake Support hingga i-Stop.

Kesimpulan

Dengan harga yang selisih jauh, terbukti Omoda 5 GT AWD bisa mengimbangi kelengkapan fitur seperti yang dimiliki oleh Mazda CX-5 AWD. Soal performa yang tertulis, tenaga yang dihasilkan oleh mesin 1.6 turbo milik Omoda 5 bisa sedikit lebih besar daripada CX-5. 

Kini tinggal pembuktian dari Chery soal layanan penjualan dan purna jual apakah bisa lebih oke dari brand Jepang premium seperti Mazda. Bila mampu membuktikan kekuatan aftersales, Chery bisa jadi brand China yang patut diperhitungkan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil