window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak

Prasetyo · 16 Des, 2021 17:09

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 01

Saat ini bencana erupsi gunung berapi tengah terjadi di beberapa wilayah. Paling parah tentunya yang melanda masyarakat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Itu dikarenakan Gunung Semeru menyemburkan abu vulkanik yang lantas terbawa angin dan menutup sebagian besar wilayah Lumajang.

Tentunya abu vulkanik dari erupsi gunung berapi ini memberikan dampak buruk bagi aktifitas keseharian warga. Harta benda pun bisa rusak seketika akibat tertimbun debu dari lahar dingin tersebut. Tak terkecuali kendaraan bermotor.

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 02

Wilayah Lumajang yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru

Karena memiliki kandungan pasir kuarsa yang sangat tinggi dan bersifat asam, debu vulkanik juga berbahaya bagi sejumlah komponen mobil. Jika kendaraan Anda terkena debu erupsi gunung berapi, yuk dicek lima komponen ini dan cara membersihkannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Awas Bodi Mobil Jadi Berkarat

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 01

Cuci bersih mobil dari sisa-sisa debu vulkanik

Bagian yang pertama kali terkena debu vulkanik pada mobil apabila di wilayah tempat tinggal Anda terjadi erupsi gunung berapi adalah permukaan bodi. Mengingat abu gunung berapi ini bersifat korosif, maka dapat dengan mudah memicu terjadinya karat. Apalagi kalau di bagian bodi tersebut ada yang bekar terjadi kerusakan atau tabrakan namun belum sempat Anda perbaiki.

Untuk menghilangkannya segera bilas bodi mobil menggunakan air bersih mengalir sampai abu vulkanik benar-benar rontok. Jika memungkinkan setelah itu beri shampo khusus mobil supaya semua debu ikut hilang dari permukaan cat. Lantas bilas lagi dengan air bersih yang mengalir. Kalau sudah, seka dengan kain lap kering.

Baca juga : Ketahui Bahaya Cuci Mobil Pakai Steam, Jangan Terlena Karena Praktis dan Cepat

2. Kaca Mobil Jadi Gampang Baret

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 02

Siram dulu kaca dengan air sampai debu rontok baru di lap

Selain bodi, permukaan kaca juga rentan terkena debu vulkanik yang terbawa angin. Jangan pernah menyeka abu vulkanik yang menempel di kaca mobil dengan wiper karena kaca berpotensi akan baret. 

Cara membersihkannya semprot kaca dengan air pembersih wiper dulu sebelum menyekanya. Atau lebih aman dengan menyiram kaca mobil menggunakan air bersih mengalir atau air kemasan. Pastikan jika sudah tidak ada abu yang menempel baru dilanjut seka dengan kain lap. 

3. Filter Udara Juga Bisa Tersumbat

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 03

Bahaya kalau abu vulkanik dibiarka menempel pada filter udara

Ibarat hidung manusia, filter udara menyaring udara yang masuk ke dalam ruang mesin. Abu vulkanik dapat menyusup ke ruang mesin bila setelah terjadi erupsi gunung berapi, Anda mencoba menyelamatkan diri dengan berkendara ke tempat yang aman. 

Kalau sudah begini kinerja filter udara tidak lagi optimal. Cara paling jitu untuk mengatasinya adalah dengan mengganti filter udara yang baru meskipun belum waktunya mengganti saringan udara.

Baca juga : Bukan Cuma Filter Oli, 3 Filter Lain di Mobil Ini Perlu Diperiksa dan Diganti Secara Berkala

4. Cek Sistem Rem Mobil

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 04

Semprot dengan cairan cleaner supaya tak ada debu yang menempel

Bagian lain yang perlu diwaspadai dari ancaman abu vulkanik adalah perangkat rem. Debu yang bersifat material kecil, dapat dengan mudah menempel hingga ke sela-sela permukaan terkecil. Termasuk pada piringan dan kampas rem. Pada saat debu sudah menempel dan rem bekerja, maka permukaan cakram rem akan baret-baret.

Untuk memastikan kondisi ini tak terjadi, bersiahkan secara merata komponen pengereman mobil Anda. Supaya hasilnya maksimal, bisa dengan sekaligus mencopot roda termasuk membersihkan bagian suspensi. Supaya tak ada sedikit pun debu yang masih menyelinap di kompartemen kaki-kaki mobil tersebut.

5. AC Mobil Bisa Terkontaminasi Abu Vulkanik

Mobil Kena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Berapi? Hati-hati 5 Komponen Ini Bisa Rusak 05

Jangan buka kaca mobil atau hidupkan AC kalau terjadi semburan abu vulkanik

Jangan membuka kaca mobil saat melintasi kawasan yang terdampak abu vulkanik. Karena debu akan masuk ke dalam sistem sirkulasi AC mobil serta menyumbat dan berpotensi merusak perangkat AC yang dilalui. Semakin berbahaya ketika udara AC yang terkontaminasi dihirup oleh penumpang mobil.

Apabila keadaan sudah kembali normal, pastikan juga untuk memeriksa dan mengganti filter kabin AC. Ini untuk menghindari adanya partikel debu yang mungkin masuk ke sistem AC mobil walaupun dalam jumlah sedikit.

Baca juga : Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil