5 Mobil Toyota yang Dipakai di Olimpiade Tokyo 2020, Semuanya Pakai Mobil Ramah Lingkungan

Prasetyo · 29 Jul, 2021 16:00

5 Mobil Toyota yang Dipakai di Olimpiade Tokyo 2020, Semuanya Pakai Mobil Ramah Lingkungan 01

Hajatan olahraga dunia, Olimpiade Tokyo 2020 memang tengah jadi perhatian. Tak terkecuali publik dalam negeri yang ingin menyaksikan bagaimana atlet-atlet Indonesia berlaga membawa nama bangsa.

Namun rupanya, Olimpiade Tokyo 2020 bukan hanya berkaitan dengan atlet, cabang olahraga dan juga medali. Di tengah event global ini, ada hal menarik dari sisi otomotif. Yaitu kendaraan-kendaran yang dipakai sebagai official car Olympic Games Tokyo 2020.

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -1

Mobil-mobil ini digunakan untuk keperluan para atlet

Satu dari beberapa brand otomotif yang mendukung acara olahraga tersebut adalah Toyota. Jadi tak heran jika sejumlah mobil Toyota pun dipakai untuk kebutuhan para atlet saat berlaga di acara yang berlangsung 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bahkan Toyota bukan hanya menyediakan mobil listrik dan hidrogen seperti Prius PHV atau Mirai, mobil-mobil hybrid pun tetap dijadikan kendaraan pendukung Olimpiade di Jepang ini.

Berikut lima diantaranya :

1. Toyota Corolla Touring

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -2

Corolla Touring Hybrid

Salah stau mobil Toyota yang terlihat jadi kendaraan resmi Olimpiade Tokyo 2020 adalah Corolla Touring 2020. Ini merupakan versi Wagon dari Toyota Corolla yang sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Model ini menggunakan mesin hybrid 2ZR-FAE 1.8-liter serta sudah menganut sistem penggerak empat roda E-Four (electronic four-wheel drive system).

Baca juga : Toyota Yaris Cross Adventure 2021 Segera Hadir, Versi Tertinggi Bermesin Hybrid

2. Toyota Yaris Cross

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -3

Yaris Cross Hybrid

Model berikutnya yang juga terlihat sebagai official car Olympic Tokyo 2020 adalah Toyota Yaris Cross. Lagi-lagi unit yang digunakan adalah varian hybrid yang menggunakan mesin bensin 1.5L yang dikombinasikan motor listrik kecil. Mobil ini juga sudah mengadopsi TNGA, dan konsumsi bahan bakarnya diklaim hingga 30,8 km/liter.

3. Toyota RAV4

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -4

RAV4 Hybrid

Beralih ke model SUV Toyota yang digunakan untuk Olympic Games Tokyo 2020 adalah RAV4 PHEV. Model ini dilengkapi dengan mesin A25A-FXS 2.5-liter yang dikombinasikan dua motor listrik. Motor listrik di poros roda depan, mampu menghasilkan daya maksimum 182 PS dan torsi 270 Nm. Sedangkan motor listrik di roda belakang mampu menghasilkan output 54 PS dan torsi 121 Nm.

4. Toyota Voxy

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -5

Voxy hybrid

Mobil yang satu ini tentu sudah cukup banyak yang menggunakannya di Indonesia. Namun unit yang dipakai untuk kebutuhan para atlet olimpiade itu sepertinya menggunakan varian hybrid. Adapun mesinnya mengkombinasikan antara mesin bensin 1.8L dengan motor listrik. Ini membuat konsumsi bahan bakarnya diklaim sanggup mencapai jarak 24 km dalam tiap 1 liter bensin.

5. Toyota Alphard

Mobil Toyota Olimpiade Tokyo 2020 -6

Caption

Mobil terakhir yang sering terlihat menggunakan livery Olympic Games Tokyo 2020 adalah Toyota Alphard hybrid. Mobil ini menggunakan mesin berkode 2AR-FXE 2.5L VVT-i yang dikombinasikan motor listrik. Dua mesin ini membuat tenaga dan torsinya lebih besar daripada Alphard bermesin bensin tunggal tapi sekaligus juga lebih hemat bahan bakar.

Nah itu dia beberapa mobil Toyota yang terlihat dipakai untuk kebutuhan ajang Olimpiade Tokyo 2020. Tentunya selain itu masih ada banyak mobil Toyota lain yang dipakai.

Baca juga : Goda Para Sultan Buat Ganti Mobil, Toyota Alphard 2021 dan Toyota Vellfire 2021 Tambah Fitur Baru dan Makin Sporty

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru