window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya?

Ilham · 8 Des, 2021 19:01

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya? 01

Massiv Thunder diklaim lebih awet dari OEM

Aki atau baterai di mobil menjadi salah satu komponen penting yang menyuplai daya pada peranti kelistrikan. Untuk itu aki dengan usia pakai yang panjang dan bebas perawatan (Maintenance Free) cocok dipilih pada kendaraan harian.

Hal ini juga turut dikembangkan oleh produsen aki merek Massiv. Di mana mereka mengenalkan produk aki maintenance free (MF) baru yang berjuluk aki Massiv Thunder pada Rabu (8/12/2021) di Jakarta.

Dalam kegiatan bertajuk Kick Off Massiv Thunder di Jakarta itu, selain menghadirkan teknologi baru, pihak Massiv juga mengenalkan penyegaran pada slogan dan kemasan sebagai penanda optimisme mereka menyambut tahun 2022.

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya? 02

Selain produk, ada tagline dan kemasan baru

“Massiv Thunder dengan tagline Free Your Power memberi semangat baru dalam memilih aki MF di pasar. Semangat Free Your Power bisa menularkan kreativitas tanpa batas dan tetap enerjik dalam beraktivitas,” tukas Eron Edwin Lumban Radja, Marketing Manager PT Wacana Prima Sentosa, distributor aki Massiv.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet!

MassivThunder Lebih Awet dari Aki OEM

Kembali ke Massiv Thunder, aki ini dirancang agar lebih awet bahkan diklaim lebih awet dari aki bawaan mobil baru. "Persyaratan aki OEM itu ada di angka 6.000 cycle. Sedangkan Massiv Thunder bisa mencapai 6.600 cycle atau 10 persen diatas persyaratan OEM," buka Hadi, Direktur Utama WPS.

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya? 01

Pengembangan dilakukan pada bagian dalam aki

Untuk mengetahui kemampuan tersebut, maka produk tersebut dilakukan serangkaian tes. Termasuk dimasukan ke dalam ruang bersuhu 75 derajat celcius untuk menyimulasikan kondisi di dlm kap mesin. "Ini untuk memenuhi standar dari pabrikan, bahkan kami ada di atas kemampuan OEM mobil," paparnya.

Selain itu, ada juga beberapa pembaruan dan pengembangan pada teknologi Massiv Thunder yang merupakan hasil masukan dan kebutuhan di lapangan. Hal tersebut membuat usia pakai aki tersebut lebih panjang.

"Jika rata-rata pemakaian aki OEM selama 12 bulan. Kalau bicara data, ada peningkatan 10 persen dari OEM, jadi produk ini bisa sekitar 14 bulan. Meskipun usia pakainya tergantung pemakaian, operasional harian, jarak tempuh, hingga macet. Semua berpengaruh," ucap Gde Oka Yunihartawan, Technical Division Head Massiv.

Baca Juga: Aki Basah vs Aki Kering, Mana Aki yang Paling Awet Dipakai?

Biar Lebih Awet Pakai Teknologi Baru

Secara keseluruhan, ada dua poin pengembangan aki Massiv Thunder untuk menambah performa barunya. Pertama, Massiv Thunder memiliki daya starter tingggi (High Cranking Ampere) dan usia pakai yang lebih lama.

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya? 02

Sel dalam aki Massiv

Diantaranya ubahan pada desain anyar pelat menggunakan desain center lug. Desain ini memungkinkan distribusi arus listrik di dalam baterai lebih baik dan efektif. Hal ini membuat daya starter lebih tinggi ketimbang sebelumnya side lug.

"Sementara untuk poin usia pakai lebih lama dikarenakan pengembangan seperti penambahan spesial alloy yang meningkatkan ketahanan terhadap korosi. Massiv menambahkan unsur timah putih (SN) untuk meningkatkan umum pakai baterai," urai Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head Massiv.

Selain itu, aki baru ini juga menerapkan teknologi expanded dalam proses pembuatan pelat. Teknologi ini juga diaplikasikan saat proses pedinginan (cold process), sehingga struktur kristal timah lebih solid.

Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya? 03

Plat expanded dengan center lug (kiri) jadi teknologi barunya

Selanjutnya, sambungan antar sel lebih kuat. Di mana proses pembuatan sambungan antar cell (konektor) menggunakan mesin otomatis, small part casting. Langkah ini diyakini lebih stabil proses sehingga konektor menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Aki Mobil Bebas Perawatan

Keunggulan lain yang ditawarkan Massiv Thunder adalah bebasnya perawatan yang perlu dilakukan oleh penggunanya. "Aki jenis MF memang bukan aki kering. Tapi air zuurnya sudah langsung ada di dalam sel. Sehingga penggunanya cukup mengecek kondisinya sesekali dan tidak perlu isi air aki seperti versi konvensional," kata Hadi.

Baca Juga: Cabut Kabel Aki Saat Indikator Mobil Menyala, Bukan Cara Mengatasi Kerusakan

Belum Dijual Umum

Sayangnya jika Anda berminat pada Massiv Thunder yang estimasinya akan dijual Rp600 ribu hingga Rp1 juta ini patut bersabar. Karena aki Massiv terbaru ini baru masuk tahap produksi dan bakal berada di pasaran pada Januari 2022. Tepatnya pada minggu ke-4 baru sampai ke dealer Massiv di Indonesia.

“Puncaknya nanti Februari 2022, aktivitas Kick Off Massiv Thunder bakal dikemas menarik. Sehingga publik bisa mengikuti rangkaian tersebut dan bisa merasakan persembahan kami sekaligus menular tagline Free Your Power ke masyarakat,” tukas Satriawan Agung Prabowo , Pilot Project Massiv Thunder di Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil