window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas

Ilham · 17 Mei, 2022 12:08

Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas 01

  • Kecelakaan bus Mojokerto sebabkan 14 penumpang meninggal dunia.
  • Sopir diduga mengantuk saat mengemudi.
  • Perlu perhatian manajemen waktu istirahat sopir bus.

Ada kejadian memilukan di hari Senin (16/5/2022). Sebuah bus pariwisata dari PO Ardiansyah menabrak tiang papan informasi VMS (Variable Message Sign) di pinggir bahu jalan tol yang mengakibatkan bus terguling.

Dari kecelakaan tunggal di jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur ini, belasan orang dinyatakan meninggal dunia. Sontak hal ini menjadi perhatian banyak pihak.

Apalagi suasana libur Lebaran dan Waisak masih terasa. Dilansir Tribratanews Polda Jatim, sejumlah fakta pun terkuak terkait peristiwa ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Sepeninggal Mercy Bagong, Kenapa Truk Bermoncong Tak Lagi Muncul di Indonesia?

Pengemudi Bus Diduga Mengantuk

Dari kronologi yang dijelaskan pihak PJR Ditlantas Polda Jatim, bus menabrak papan informasi jalan tol saat melaju dari arah Solo ke Surabaya (barat ke timur). Saat itu, bus bernomor polisi S 7322 UW tersebut melaju di jalur lambat.

Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas 01

Kecelakaan Bus (foto: Ditlantas Polda Jatim)

Pengemudi bus, Ade Firmansyah (29) diduga mengantuk lalu masuk ke bahu jalan dan menabrak pembatas. Serta menghantam tiang papan informasi jalan tol. Karena kejadian tersebut 14 orang dinyatakan meninggal dunia dan 19 penumpang luka-luka.

Diketahui, Ade Firmansyah merupakan sopir cadangan. Sementara supir utamanya atau batangan adalah Ahmad Ari Ardiyanto (31) yang saat kejadian tengah beristirahat. Pergantian driver tersebut dilakukan di rest area Ngawi, Jawa Timur.

Hal tersebut lumrah dilakukan. Karena dalam perjalanan jauh, baik bus pariwisata atau AKAP (antar kota antar provinsi) kerap diawaki oleh dua supir secara bergantian.

Baca Juga: Cerita Mudik Lebaran 2022 Naik Bus AKAP, Pantas Banyak yang Kecewa

Kecepatan Bus di Atas 100 Km/Jam

Meski disebutkan melaju di jalur lambat, namun pihak kepolisian menyatakan jika kecepatan bus lebih dari 100 km/jam. Indikasinya dari sejumlah kerusakan yang dialami, mulai dari tiang papan informasi yang rubuh hingga badan bus yang ringsek parah.

Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas 02

Jalan tol yang sepi dan lurus panjang kerap bikin mengantuk

Saat kejadian, medium bus berwarna hijau dengan bodi Jetbus 3 dari karoseri AdiPutro tersebut sudah dalam kondisi terguling ke sisi kanan akibat menghantam tiang rambu jalan tersebut.

Sebagai catatan, bus tersebut berisi 33 orang yang berasal dari Surabaya. Rombongan tersebut melakukan perjalan wisata menuju Dieng, Jawa Tengah dan tengah kembali ke Surabaya.

Pentingnya Waktu Istirahat Sopir

Lewat kecelakaan ini, ada beberapa hal yang bisa dipetik. Satu diantaranya adalah manajemen waktu beristirahat yang dibutuhkan oleh sopir.

Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas 03

Perhatikan waktu istirahat

Seperti dikatakan oleh Bejo, mantan pengemudi PO Sari Mustika rute Pati-Jambi yang menyatakan pentingnya memanfaat waktu beristirahat disela mengemudi.

"Kalau sudah waktunya istirahat, lebih baik benar-benar dipakai untuk tidur. Jangan buat main hape yang malah kerap menghabiskan waktu tanpa terasa. Kalau tidur kurang, justru berefek saat mengemudi," wantinya.

Hal ini menurutnya, kerap kurang diperhatikan para sopir bus. Karena saat istirahat justru dipakai untuk bermain ponsel. Sehingga ketika sopir bertugas mengemudi, justru timbul rasa mengantuk akibat kurang tidur.

Baca juga : Miris, Setiap Hari 70 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Jalanan Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil