window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pengawalan Polisi Kerap Meresahkan, Kapolri Perintahkan Anggotanya Lebih Humanis

Herdi · 24 Mar, 2023 09:00

Pengawalan Polisi Kerap Meresahkan, Kapolri Perintahkan Anggotanya Lebih Humanis 01

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit menghimbau kepada seluruh jajaran Korlantas Polri agar senantiasa memedomani Standard Operating Procedure (SOP) pada setiap kegiatan pengawalan Polisi lalu lintas, baik pengawalan VVIP, VIP, maupun pengawalan berbagai kegiatan masyarakat.

Menurut Sigit, pengawalan yang melibatkan kegiatan masyarakat sering kali mendapatkan perhatian dan banyak protes dari publik. Maka dari itu, kata Sigit, saat pelaksanaan pengawalan, Polisi harus dilakukan secara humanis ketika membuka jalan dan utamakan kendaraan lain yang lebih penting.

Baca juga: Polisi Pastikan Lapor Kehilangan Kendaran Bermotor Tidak Ada Lagi Pungli, Netizen: Cuma Teori Doang?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit menghimbau kepada seluruh jajaran Korlantas Polri agar senantiasa memedomani Standard Operating Procedure (SOP) pada setiap kegiatan pengawalan lalu lintas,

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit menghimbau kepada seluruh jajaran Korlantas Polri agar senantiasa memedomani Standard Operating Procedure (SOP) pada setiap kegiatan pengawalan lalu lintas

"Protes heboh rombongan moge (Motor gede) dikawal masuk tol, keluhan sopir truk melihat konvoi mobil mewah yang dikawal, viral sepeda dikawal polisi ambil jalur kanan. Jadi hal-hal ini kemudian menjadi perhatian publik," ungkap Sigit dalam akun @listyosigitprabowo. 

Lebih lanjut dia mengatakan, khusus untuk pengawalan kegiatan masyarakat, pengawalan hanya dilakukan untuk memastikan ketertiban rombongan di jalan dan apabila tidak mendesak, harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas, serta tidak boleh mendapatkan prioritas.

"Toloing yang begini-begini, rekan-rekan lebih selektif lagi, dan kemudian apabila memang tidak terlalu mendesak ikuti aturannya," ucapnya.

Baca juga: Polisi Akan Kurangi BBNKB II dan Hapus Pajak Progresif, Ini Alasannya

Pengawalan Polisi Tetap Harus Taat Aturan 

Pengawalan Polisi Kerap Meresahkan, Kapolri Perintahkan Anggotanya Lebih Humanis 02

Listyo juga menyoroti pengawalan-pengawal kerap tidak mengindahkan aturan, termasuk saat berada di persimpangan lampu lalu lintas. Kata dia, sebaiknya saat pengawalan melewati lampu merah berhenti, dan lampu hijau baru jalan.

"Jadi kita kawal itu untuk ketertiban rombongan, bukan kemudian memberikan dia prioritas-prioritas boleh melanggar," ucapnya.

Pengawalan Polisi

Kecuali, kata Sigit, ada beberapa pengawalan yang memang harus diprioritaskan, seperti mobil ambulans yang harus segera berangkat karena keselamatan masyarakat yang ada di dalam mobil ambulans dan sebagainya.

"Kita mulai ajarkan untuk hal yang tertib sehingga kemudian tidak menimbulkan kecemburuan dan akhirnya masyarakat keberatan karena memang hal-hal seperti ini kemudian dirasakan sangat mengganggu di masyarakat," terangnya.

"Tolong yang seperti ini rekan-rekan lebih selektif memahami apalagi pada saat situasi macet sehingga kemudian semua pengguna jalan betul-betul merasakan bahwa ada norma-norma yang harus kita jaga," tambahnya. 

Baca juga: Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa!


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil