window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Siap Bangun Pabrik di Halmahera

Adit · 22 Apr, 2022 08:02

Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Siap Bangun Pabrik di Halmahera 01

  • Satu lagi perusahaan baterai kendaraan listrik yang akan bangun pabrik di Indonesia.
  • Adalah CATL, penyuplai baterai kendaraan listrik terbesar di dunia asal Cina.
  • Bagi CATL, mega proyek ini akan menguatkan hubungan Indonesia dengan Cina.

Upaya Indonesia mengeksplorasi industri kendaraan listrik semakin gencar. Pertama ada perusahaan baterai asal Korea Selatan yakni Hyundai dan LG yang telah memantapkan diri membangun pabrik baterai kendaraan listrik. 

Terbaru giliran pabrikan asal Cina yang turut berinvestasi di Indonesia untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik. Adalah CATL (Contemporary Amperex Technology Co. Limited) sebagai pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia. 

Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Siap Bangun Pabrik di Halmahera 02

CATL adalah perusahaan pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai Pertama di Asia Tenggara, Mulai Produksi 2024

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melalui jaringan usahanya, Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co,. Ltd (CBL) bermitra dengan sejumlah perusahaan lokal. CBL sendiri adalah anak perusahaan Guangdong Brunp Recycling Technology Co,. Ltd, yang mana Brunp adalah anak perusahaan CATL.

CATL resmi menandatangani perjanjian investasi di Indonesia bersama BUMN tambang PT Aneka Tambang atau Antam dengan nilai investasi USD5,97 miliar atau setara Rp85,77 triliun. Dana tersebut akan digunakan penambangan, pengolahan nikel, manufaktur baterai, hingga daur ulang baterai. 

Keduanya juga akan berkolaborasi bersama PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk menggarap mega proyek baterai kendaraan listrik Indonesia. 

Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Siap Bangun Pabrik di Halmahera 01

Posisi baterai di mobil listrik yang berada di bagian bawah rangka

IBI atau IBC adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang ekosistem kendaraan listrik. Perusahaan tersebut juga anak perusahaan MIND ID. Sementara MIND ID adalah holding industri perusahaan pertambangan negara yang salah satu anggotanya adalah Antam. 

"Dengan investasi bersama sebsar USD5,968 miliar, proyek ini berlokasi di Kawasan Industri FHT Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, Indonesia dan juga tempat-tempat lain di negara ini," tulis CATL dalam keterangan resminya. 

Perusahaan Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Siap Bangun Pabrik di Halmahera 02

Proses pengolahan bahan baku menjadi baterai unit

Menguatkan Hubungan China dengan Indonesia

Bagi perusahaan, proyek ini akan menguatkan eksistensi CATL di industri baterai, termasuk juga menguasai pasokan bahan baku dan sumber daya hulu, menurunkan biaya produksi, dan mendorong pengembangan bisnis daur ulang baterai. 

"Proyek Indonesia merupakan tonggak penting bagi CATL karena kami memperluas jejak global kami, dan itu akan menjadi lambang persahabatan abadi antara Cina dan Indonesia. Kami sepenuhnya yakin dengan pengembangan proyek di masa depan," ujar Pendiri dan Ketua CATL, Robin Zheng. 

Proyeksinya pembangunan pabrik baterai untuk kendaraan ramah lingkungan ini akan dilakukan selama 5 tahun, mulai 2022 hingga 2026 dan akan berdiri di atas lahan seluas 29.085 hektar. 

Baca Juga: Bikin Kepo, Begini Kolong Toyota Kijang Innova EV Tempat Baterai dan Motor Elektrik Bersemayam

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia