window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Piknik Aman dan Nyaman, Begini Cara Pilih Bus Pariwisata yang Kredibel

Yongki Sanjaya · 9 Sep, 2022 14:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia

Efek BBM Naik Harga Tiket Bus Ikut Melonjak Tajam, Jakarta-Surabaya Sekarang jadi Segini

Pasalnya, cukup sering kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus pariwisata ketika membawa rombongan. Penyebabnya bisa karena faktor internal kelalaian pengemudi dan kondisi bus, atau juga faktor eksternal dari kelalaian pengguna jalan lain hingga infrastruktur jalan. 

Pemerintah pun tidak tinggal diam melakukan pengawasan terhadap perusahaan otobus yang beroperasi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terua meningkatkan pengawasan bus, khususnya terhadap angkutan pariwisata, salah sarunya dengan menerbitkan undang-undang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan – yakni Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2017. 

Cara Mengecek Kelayakan Bus Pariwisata

Piknik Aman dan Nyaman, Begini Cara Pilih Bus Pariwisata yang Kredibel 01

Sejauh ini, masyarakat awam hanya melihat dari sisi tampilan dan iming-iming tarif sewa yang murah. Padahal, belum tentu armada bus yang digunakan ini terdaftar di Kementerian Perhubungan. Terlebih, cukup banyak bus pariwisata lawas tapi baru.

Maksudnya, sebagian dari bus yang digunakan ini ada yang memakai sasis produksi lama tapi telah direkondisi dengan memakai body baru di karoseri. Rebody sebenarnya tidak salah, namun sebaiknya tetap mengacu pada data perizinan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Kita bisa melakukan pengecekan melalui website Spionam milik Kementerian Perhubungan. 

Spionam adalah singkatan Sistem Perizinan Online Angkutan dan Multimod. Pada website tersebut juga dicantumkan kapan masa berlaku uji kendaraan (KIR) juga masa berlaku kartu pengawasan kendaraan (KPS). Untuk bus pariwisata ilegal biasanya sulit diketahui kapan terakhir melakukan KIR dan tidak jelas soal KPS ketika beroperasi.

Periksa Kondisi Fisik Bus Pariwisata di Garasi

Piknik Aman dan Nyaman, Begini Cara Pilih Bus Pariwisata yang Kredibel 02

Saat kita akan menyewa bus pariwisata, tak ada salahnya meminta izin kepada pihak agen untuk melihat kondisi unit yang akan digunakan. Saat akan menyewa bus, sebaiknya kita tak cuma melihat fisik luar bus yang terlihat bagus dengan model kekinian.

Meskipun usianya cukup lawas, bus pariwisata yang kredibel tentunya juga masih dalam batas usia yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 15 tahun dari usia pembuatan sasis dan mesin. Dari Spionam bisa kita ketahui soal tahun pembuatan bus tersebut. 

Mengetahui usia bus yang akan disewa adalah salah satu hal yang penting. Pasalnya usia bus adalah salah satu hal yang akan menentukan soal kelayakan dan kenyamanan bus ketika digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Pastikan dalam bus ada safety belt, ada alat pemadam api, alat pemecah kaca, kotak P3K dengan ketersediaan obat yang cukup, hingga ketersediaan akses keluar melalui pintu darurat jika ada kondisi berbahaya. Pastikan juga tidak ada kaca yang retak, dan lampu-lampu berfungsi dengan baik. Hal dasar seperti itu umumnya akan tersedia dalam bus pariwisata yang kredibel.

Cara Memilih Armada Bus Pariwisata Sesuai Kebutuhan

Piknik Aman dan Nyaman, Begini Cara Pilih Bus Pariwisata yang Kredibel 03

Saat ingin melakukan perjalanan wisata atau piknik skala besar, hitung dengan cermat berapa peserta yang akan turut serta. Ini berguna untuk menentukan kapasitas bus agar tak salah pilih. Ada banyak layanan sewa bus yang menyediakan pilihan bus dengan berbagai jumlah kursi.

Jika ingin perjalanan selalu nyaman, pilih bus yang menyediakan layanan entertainment seperti TV dan DVD untuk menonton film atau karaoke. Pilih juga bus yang memiliki kursi nyaman dengan area kaki yang luas.

Berikut ini kategori bus pariwisata berdasarkan kapasitas penumpangnya:

  • Small bus: 13, 15, 16 kursi.
  • Medium bus:  18, 23, 29, 31, 35 kursi
  • Big bus: 59, 48, 45, 40 kursi

Bukan hanya aman, namun kamu juga harus merasa aman selama perjalanan wisata. Memilih bus dengan fasilitas terbaik adalah salah satu solusinya.

Beberapa fasilitas unggulan yang bisa jadi pertimbangan antara lain :

  • AC 
  • Reclining Seat
  • Armrest & Legrest 
  • LCD TV 
  • USB Port 
  • Wifi
  • Smoking Room.

Kesimpulan

Saat kita akan memilih bus pariwisata untuk piknik tak cuma melihat fisiknya saja yang masih bagus dengan model kekinian. Banyak faktor yang perlu diperhatikan supaya perjalanan ke lokasi wisata ini tetap nyaman dan menyenangkan.

Tak jarang, perjalanan malah jadi petaka akibat kondisi bus yang kurang perawatan, ditambah lagi faktor kelalaian pengemudi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil