window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta

Esther · 21 Des, 2020 11:00

Nissan Evalia yang merupakan mobil keluaran pabrikan otomotif Nissan mungkin cukup asing bagi sebagian orang untuk saat ini. Namun mobil Nissan Evalia ini masih cukup eksis meskipun kegiatan produksi dan penjualannya telah diberhentikan sejak awal tahun 2018.

Mobil Nissan Evalia adalah salah satu tipe mobil MPV yang ada di Indonesia. Penjualannya diberhentikan di tahun 2018 bukannya tidak ada alasan. Hal ini dikarenakan penjualan mobil Nissan Evalia ini terus mengalami penurunan.

Meski begitu, mobil Evalia ini mendapatkan respon yang cukup bagus ketika diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Yah, meskipun tahun demi tahun penjualannya mengalami penurunan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta 01

Mobil Evalia ini bersaing dengan mobil MPV lainnya di Indonesia, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Di tambah lagi munculnya mobil LCGC 7-seater seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Persaingan yang ketat ini membuat mobil Evalia akhirnya harus mundur.

Yah, selain persaingan dari mobil MPV dan LCGC lainnya, mobil Evalia juga bersaing ketat dengan MPV Boxy lainnya seperti Daihatsu Gran Max, Daihatsu Luxio, dan Suzuki APV.

Selain itu, alasan lain mengapa mobil Nissan Evalia mundur adalah harga mobil Evalia yang cukup mahal di saat itu. Ini dikarenakan Nissan membekali mobil Evalia dengan fitur yang jarang digunakan mobil lainnya.

Mengingat popularitas Nissan Evalia di masanya dan cukup menarik perhatian konsumen di Indonesia, apa sih yang membuat mobil keluaran Nissan ini menjadi istimewa?

Eksterior Nissan Evalia

Hal pertama bisa dilihat dari bagian eksterior mobil. Ini dikarenakan tampilan eksterior sebuah mobil menjadi wajah perkenalan awal dengan calon pembeli atau konsumen. Baiklah, tampilan eksterior mobil Nissan Evalia memberikan kesan eksklusif MPV kelas premium.

Nissan membekali mobil Evalia dengan headlamp dengan bentuk heksagonal dengan desain dinamis yang mengikuti garis bodi ke belakang dan dipadukan dengan front grill yang berbentuk V shape yang melengkung ke bawah.

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta 02

Selain itu, ada juga lampu kabut di bagian ujung bawah kanan dan kiri mobil dengan cover yang berwarna gelap. Ini menambah kesan elegan dan stylish untuk mobil Nissan Evalia ini.

Pada bagian samping mobil, ada lekukan bodi yang halus dan didesain dengan stylish karena dipadukan dengan kaca flat. Mobil Evalia ini dibekali dengan pintu sliding yang menambah kesan eksklusif pada mobil ini.

Sebenarnya, sliding door ini memiliki tujuan untuk mempermudah akses penumpang untuk kedalam kabin dan juga tidak memakan banyak ruang ketika berada di area parkir.

Pada bagian belakang, Nissan Evalia dibekali dengan desain yang lebih boxy. Ini membuat mobil Evalia memiliki ruang bagasi yang lebih luas. 

Jika Anda merasakan ada yang kurang menarik, mobil Nissan Evalia ini juga menyediakan aksesoris tambahan yang dijual terpisah seperti fog lamp set, aero kit set, door visor, roof spoiler, lower grill chrome ornament, mudguard, dan door edge protector, back door finisher yang siap mempercantik tampilan layaknya MPV premium.

Interior Nissan Evalia

Hal kedua bisa dilihat dari bagian interior mobil. Sebuah mobil bisa saja terlihat sederhana di luarnya, namun terlihat mewah di dalamnya.Meskipun secara level Nissan Evalia masih dibawah Nissan Serena, tapi mobil Evalia ini memiliki konsep interior yang mewah.

Ruang kabin pada mobil MPV ini buat sangat nyaman bagi setiap anggota keluarga dan barang bawaaan. Selain itu, fitur yang terpasang pada mobil ini juga sangat memperhatikan kebutuhan keluarga, seperti kursi dibuat sangat nyaman,audio bagus, dan kesejukan udara.

Pada bagian dashboard, terdapat cluster utama di depan lingkar setir dengan indikator speedometer. Sementara itu, tuas persneling ditempatkan pada bagian tengah dashboard yang membuat pengemudinya dapat mengemudi dengan mudah

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta 03

Di tengah dashboard juga ada monitor LCD, tombol audio serta tombol pengatur AC. Penumpang depan mobil satu ini pun dibekali dengan jok yang empuk yang dilapisi kulit fabric berkualitas yang menambah tingkat kenyamanan mobil.

Kemudian, pada jok penumpang pertama ada tiga kursi sudah dilengkapi dengan armrest yang bisa dilipat. Lalu untuk jok paling belakang juga sudah diatur demian dengan tujuan agar penumpang di baris paling belakang tetap mendapatkan kenyamanan.

Dengan ukuran dimensinya 4400 x 1695 x 1850 mm, membuat mobil Evalia ini memiliki kabin yang luas dan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penumpangnya. Dengan ukuran kabin yang luas membuat mobil ini cocok menjadi mobil keluarga.

Ukuran mobil Nissan Evalia ini memang termasuk besar, sesuai dengan fungsi dan daya tampungnya. Meskipun memiliki bodi yang cukup besar, tetapi mobil Evalia ini masih terasa nyaman dikarenakan dia memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 175 mm. 

Selain itu, Nissan sendiri juga mengaplikasikan konstruksi body monocoque yang akan memberikan kenyamanan meski melewati jalanan bergelombang.

Fitur keselamatan dan pengereman Nissan Evalia

Untuk menjaga stabilitas mengemudi, mobil Evalia ini sudah dilengkapi dengan sistem suspensi berkualitas MacPherson Strut dengan tambahan stabilizer untuk suspensi depan dan Smart Comfort Suspension System untuk suspensi pada bagian belakang.

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta 04

Keberadaan suspensi kelas satu pada mobil Evalia akan memberikan peredaman yang cukup halus sehingga kenyamanan penumpang dan pengemudi mobil Nissan Evalia tetap terjaga.

Untuk pengereman, mobil Nissan Evalia dibekali rem disk brake pada bagian depan dan drum brake untuk rem bagian belakang. Untuk tipe SV dan XV, sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman berbasis EBD, ABS, dan EBA.

Mesin Nissan Evalia

Mobil Nissan Evalia dibekali dengan mesin berkode HR15DE dan berkapasitas 1.5L DOHC Dual CVTC 4 silinder segaris 16 katup yang memiliki performa yang handal dan bertenaga.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 109 PS pada 5600 rpm dan torsi maksimal 143 Nm pada 4000 rpm.

Selain itu, mesin mobil ini juga sudah dirancang dengan penempatan mesin yang didesain secara Front-mounted Engine yang terbukti mampu memaksimalkan kinerja mesin dan memudahkan perawatan mobil secara berkala.

Mesin mobil Nissan Evalia dibekali dengan teknologi tinggi dan canggih. Mesin ini memiliki performa yang halus dan memberikan kenyamanan yang ter-oke untuk penumpangnya. 

Pilihan LMPV yang kurang populer di pasaran mobil bekas, Harga Nissan Evalia lebih rendah dari Rp. 100 Juta 05

Untuk segmen medium MPV, tenaga yang dihasilkan oleh mesin Nissan ini merupakan salah satu mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Selain itu, pada mobil ini juga sudah didukung dengan Electronic Power Steering untuk memberikan kenyamanan berkendara.

Mobil Nissan Evalia keluaran pabrikan Nissan ini memiliki dua transmisi penggerak, yakni transmisi manual dan otomatis dengan empat speed. Tenaga akan ditransfer melalui penggerak roda depan.

Dengan mesin dengan performa handal dan tangguh, mobil Nissan Evalia ini sangat cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh dan jalan yang tidak rata. Jadi, sangat cocok juga untuk penggunaan di kota besar dengan jarak tempuh pendek.

Selanjutnya, berapakah harga dari mobil Nissan Evalia? Yuk, dilihat! Harga Nissan Evalia saat dirilis berkisar Rp 180 jutaan untuk tipe tertinggi di tahun 2012.  Harga tersebut setara dengan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) menengah lainnya, seperti Daihatsu Luxio dan Suzuki APV. 

Sebelumnya, Nissan Evalia telah dirilis di Jepang pada 2009. Nissan Evalia baru masuk ke Indonesia di tahun 2012. Nissan sendiri menyatakan bahwa mobil Nissan Evalia dibekali dengan fitur yang terlengkap.

Nissan Evalia memiliki total 5 varian. Harga Nissan Evalia berkisar dari Rp 163 juta hingga Rp 221 jutaan. Ini merupakan harga Nissan Evalia baru pada saat itu.

No Tipe Mobil Harga
1 Nissan Evalia ST M/T Rp162.500.000
2 Nissan Evalia SV M/T Rp192. 250.000
3 Nissan Evalia SV A/T Rp204.852.000
4 Nissan Evalia XV M/T Rp208.000.000
5 Nissan Evalia XV A/T Rp208.000.000

Bagaimana dengan harga bekas Nissan Evalia yang masih tetap eksis sampai saat ini. Yah, tidak salah lagi. Dengan pesonanya yang begitu menarik di masa berjayanya, maka mobil Nissan Evalia masih banyak yang mengejar.

Harga Nissan Evalia bekas berkisar dari Rp 94 juta hingga Rp 130 jutaan. Baiklah, jika ingin membeli mobil Nissan Evalia bekas, maka harus benar-benar memeriksa dengan seksama kondisi mobil yang akan dibeli. Mulai dari bagian eksterior hingga ke bagian interiornya.

No Tipe Mobil Harga(Rupiah)
1 Nissan Evalia XV 2012 105.000.000
2 Nissan Evalia SV 2013 94.000.000
3 Nissan Evalia XV 2013 130.000.000 
4 Nissan Evalia ST 2013 97.500.000

Nah, itu dia mengenai Nissan Evalia yang meskipun sudah tidak diproduksi, namun masih eksis. Yah, ini mungkin dikarenakan oleh fitur yang dibekali pada mobil Nissan Evalia yang ternilai masih lumayan berharga untuk mobil sejenisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil