window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Fitur Keselamatan Modern, Uji Tabrak MG 5 di ANCAP Dapat Skor Terburuk

Enda · 21 Des, 2023 10:01

Uji tabrak MG 5 ANCAP

Mobil sedan MG 5 baru-baru ini melakukan uji tabrak Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) guna mengetahui seberapa baik tingkat perlindungan yang diberikan untuk penggunanya.

Sebagai brand China berdarah Inggris, MG (Morris Garage) memasarkan MG 5 bukan cuma di Indonesia namun juga beberapa negara di belahan dunia.

Selain membawa desain futuristik, mobil yang bermain di segmen small sedan pesaing Toyota Vios dan Honda City ini juga memiliki fitur keselamatan modern.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski dibekali fitur keselamatan modern, dalam uji tabrak ANCAP diumumkan bahwa MG 5 tidak berhasil mendapatkan satu bintang pun.

Baca juga: Toyota Vios Ternyata Masih Kalah Laris dari MG 5 GT dan Mazda 2 Sedan

Uji Tabrak MG 5 di ANCAP Hanya 50 Km/Jam

Uji tabrak MG 5 ANCAP

Uji tabrak MG 5 ANCAP

Standar uji tabrak ANCAP mencakup tabrakan setengah frontal pada kecepatan 50 km/jam saja, tidak seperti standar Euro NCAP yang mencapai 64 km/jam.

Uji tabrak frontal penuh juga dilakukan pada kecepatan 50 km/jam, ada pula juga side crash test pada kecepatan 60 km/jam, dan side impact test pada kecepatan 32 km/jam.

Dalam pengetesan sendiri tedapat empat komponen yang dinilai yakni Adult Occupant Protection, Child Occupant Protection, Vulnerable Road User Protection dan Safety Assist.

Untuk pengetesan Adult Occupant Protection mobil ini hanya berhasil mendapatkan 37% dari nilai yang diharapkan, dengan meraih skor 15.09 dari poin maksimalnya 40.

Selanjutnya pengetesan Child Occupant Protection mengumpulkan 28.81 poin dari skor maksimal yang ditentukan 49.

Pengetesan pun dilakukan terhadap Vulnerable Road User Protection yang meraih angka penilaian 26.78 dari 63 poin.

Selanjutnya Safety Assist, dimana dari beberapa pengetesan yang dilakukan, uji tabrak pada bagian ini memperoleh hasit terburuk.

Tercatat mobil ini hanya sanggup mengumpulkan 2.48 poin, dari dari batasan maksimal 18 poin yang ditentukan.

Dengan begitu secara keseluruhan 13% MG 5 hanya sanggup memenuhi persyaratan uji keselamatan ANCAP, yang membuatnya meraih predikat keselamatan terburuk dengan meraih nol bintang dalam uji tabrak yang dilakukan.

Baca juga: Adu Spesifikasi Honda City Sedan 2023 vs MG 5 GT, Pemain Lama Menang Banyak?

MG Akan Tambahkan Fitur Keselamatan Demi Raih Bintang dan Meningkatkan Keamanan Pengguna

Uji tabrak MG 5 ANCAP

Pengujian tabrak samping

Dikutip dari beberapa media luar, MG 5 terbaru akan mendapatkan sejumlah fitur keselamatan terbaru guna memberikan tingkat keamanan pengguna.

Fitur yang bakal dipasangkan pada mobil ini diantaranya; Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition dan Autonomous Emergency Braking System terbaru.

Fitur barunya disebut-sebut akan hadir di semua lini MG 5 anyar nantinya.

Penyematan fitur terbarunya, disebutkan bahwa perusahaan berinvestasi dalam pengembangan model baru MG 5 mencapai 4 juta dolar AS atau sekitar Rp62 miliar.

Carla Hoorweg, CEO ANCAP mengatakan, MG 5 telah melakukan kesalahan dari segi keselamatan konsumen. 

"Ini adalah pengingat bahwa mobil modern tidak semuanya memiliki tingkat keselamatan yang baik, padahal dari luar kelihatannya tidak rusak parah,” ujarnya.

MG 5 ini mendapat skor rendah karena beberapa alasan. Seperti halnya pada bagian seatbelt, disebutkan bahwa mobil ini tidak memiliki pretensioner.

Padahal pretensioner secara efektif menahan gaya dorong penumpang dengan segera menarik seatbelt saat terjadi tabrakan frontal yang kerjanya berkaitan dengan sensor mekanisme airbag.

Uji tabrak MG 5 ANCAP

Uji tabrak depan

Disaat sensor membaca adanya benturan, dalam sepersekian detik sistem langsung bekerja menarik seatbelt dan menjaga pengemudi tetap pada kursinya.

Sistem pretensioner seperti kantung udara, apabila aktif bekerja ketika membaca adanya tabrakan, maka harus diatur ulang supaya fungsinya bisa dimanfaatkan kembali.

Faktor lainnya yang membuat MG 5 mendapat skor buruk yakni mobil ini tidak memiliki pemantauan titik buta dan Lane Keeping System.

Sedangkan sistem darurat otomatis Sudutnya hanya terbatas untuk mencegah tabrakan dari belakang dengan mobil, sepeda, dan pejalan kaki. 

MG 5 di Indonesia Dijual Mulai dari Rp347,9 Juta OTR Jakarta

Uji tabrak MG 5 ANCAP

MG 5 GT

Di Tanah Air MG 5 dinamai MG 5 GT. Sedan Entry-Level ini ditawarkan dalam tiga varian, yakni Activate yang dibandrol Rp347,9 juta, Ignite Rp377,9 juta dan Magnify Rp407,9 juta OTR Jakarta.

Dari segi keselamatan berkendara tipe teratasnya Magnify sudah dilengkapi ABS, EBD, Airbags, FSF (Full Space Frame), EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), EBA (Electronic Brake Assist), XDS (Electronic Differential System), TCS (Traction Control System) dan SCS (Stability Control System).

Ada pula HSA (Hill-start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), follow me home light, ISOFIX, speed sensing door lock dan terakhir front seat 3-point seatbelt.

Dan menariknya tipe ini telah disematkan MG Pilot yang mencakup; RDA (Rear Driver’s Assistance System), BSD (Blind Spot Detection), LCA (Lane Change Assist), RCTA (Rear Cross Traffic Alert) dan RCW (Rear Collision Warning).

Baca juga: Harga Mulai dari Rp339,9 Juta, Ini Perbedaan Tiap Varian MG 5 GT

@autofun.indonesia Pake MG4 EV ke Bandung, berapa kali ngecharge ya? #mobilbaru #mobillistrik #reviewmobil #mg4ev ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 MG 5 Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil