window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Vios Ternyata Masih Kalah Laris dari MG 5 GT dan Mazda 2 Sedan

Herdi · 21 Okt, 2022 14:08

Toyota Vios Ternyata Masih Kalah Laris dari MG 5 GT dan Mazda 2 Sedan 01

  • All New Toyota Vios baru saja diluncurkan.
  • Masuk segmen small sedan.
  • Penjualan Toyota Vios lebih rendah dibanding Honda City, MG 5 GT dan Mazda 2.

Segmen sedan entry level dengan mesin 1.5 liter dan harga Rp300 jutaan kembali dimeriahkan berkat kehadiran All New Toyota Vios yang meluncur pada 12 Oktober 2022 lalu. 

Dengan beragam perubahan baik dari eksterior, interior, teknologi dan fitur hingga platformnya, maka Toyota Vios generasi keempat tersebut diharapkan dapat mengembalikan kejayaan segmen sedan entry level.

Toyota Vios

All New Toyota Vios

Baca juga: Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan Director Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, All new Toyota Vios hanya ditargetkan menyumbangkan 1-2 persen dari total penjualan Toyota secara nasional.

"Sejak 2021 penjualan Toyota Vios mulai meningkat lagi ke angka 1 persen. Jadi saya rasa, walaupun bisa dibilang tidak besar, namun trennya sedikit mengalami kenaikan," ungkap Anton beberapa waktu lalu.

Kendati target Toyota Vios terbaru tidak besar, namun Anton berharap, mobil tersebut jadi yang terbesar atau nomor satu di market, khususnya di segmen sedan entry level. 

Penjualan Toyota Vios di Segmen Sedan Entry Level

Toyota Vios Generasi ketiga

Toyota Vios Generasi ketiga

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer periode Januari-September 2022 Toyota Vios hanya laku 153 unit. Bahkan pada bulan September 2022 penjualan Vios nihil alias tidak ada. 

Tentu saja jumlah ini seperti langit dan bumi jika dibandingkan penjualan beberapa produk Toyota lainnya, dengan penjualan tembus ribuan unit, seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Calya, Veloz, Rush, Fortuner, Agya dan juga Raize.

Oke, jika  Anda menyebut perbandingkan tersebut tidak apple to apple. Lantas bagaimana perbandingkan dengan sedan lainnya di segmen entry level?

Baca juga: Harga Bekas Beda Rp10 Juta, Pilih Toyota Vios Gen 3 Atau Generasi Ketiga Honda City

Honda City

Honda City

Masih menurut data Gaikindo, rival Toyota Vios yang pertama adalah Honda City. Secara penjualan Januari-September 2022, Honda City terjual hingga 537 unit, dimana pada September menyumbangkan 42 unit.

Kemudian, untuk MG 5 GT, meski pendatang baru namun penjualan mobil ini bisa tembus 204 unit, dimana pada September laku 84 unit. Lalu Mazda 2 sedan terjual 199 unit, dengan penjualan pada bulan ke-9 mencapai 88 unit.

Toyota Vios Ternyata Masih Kalah Laris dari MG 5 GT dan Mazda 2 Sedan 03

Rival Toyota Vios di Indonesia

Baca juga: 8 Mobil Seharga All New Toyota Vios yang Sudah Pakai ADAS, dari MPV sampai SUV (Part 1)

Kendati penjualan Toyota Vios sembilan bulan kemarin merosot, tentu saja dengan kehadiran model baru bukan tak mungkin penjualan di bulan selanjutnya akan meningkat.

Apalagi Toyota Vios generasi terbaru untuk varian atas sudah lebih lengkap, seperti halnya keberadaan fitur keamanan yang dilengkapi teknologi keselamatan Toyota Safety Sense atau disingkat TSS.

Teknologi TSS ini, mencakup Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Front Departure Alert (FDA). 

Selain TSS,  Toyota Vios juga memiliki fitur lainnya, mulai dari ABS, EBD, BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda.  Tak hanya itu, ada juga Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil