window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi BBM Mobil Diesel Euro 4, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex

Herdi · 3 Nov, 2022 10:08

Rekomendasi BBM Mobil Diesel Euro 4, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex 01

  • Dexlite dan Pertamina Dex merupakan BBM untuk mobil diesel Euro 4.
  • Sejak April 2022, semua kendaraan bermesin diesel wajib memiliki standar emisi gas buang Euro 4.
  • Dexlite memiliki CN51

PT Pertamina (persero) menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mobil bermesin diesel. Namun sejak 12 April 2022, setiap kendaraan diesel baru di Indonesia harus memiliki standar emisi gas buang Euro 4.

Alhasil produsen plat merah ini pun menyediakan BBM yang sesuai standar emisi Euro 4. Maka disediakanlah Dexlite dengan angka cetane (cetane number/CN) 51 dan Pertamina Dex dengan CN 53.

Dan harga Dexlite dan Pertamina Dex per 1 November 2022 di sejumlah wilayah di Indonesia alami penurunan. Melansir MyPertamina, untuk Pertamina Dex saat ini dijual di wilayah Jakarta dan beberapa wilayah lainnya yaitu Rp18.550 per liter dari sebelumnya Rp18.100 per liter. Sedangkan Dexlite kini dijual Rp18.000 per liter dari sebelumnya Rp 17.800 per liter. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga BBM Terbaru November 2022, Shell Super Turun Lebih Murah dari Pertamax dan Vivo Revvo 92

Harga Pertamina Dex dan Dexlite

Harga Pertamina Dex dan Dexlite per November 2022

Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex

Meski sama-sama dikeluarkan PT Pertamina dan digunakan untuk mesin jenis diesel, serta tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah, namun Dexlite dan Pertamina Dex memiliki berbeda. 

Dexlite

Ilustrasi SPBU Pertamina

Truk dan mobil pickup juga kini wajib pakai BBM Euro 4

Bahan bakar Dexlite memiliki angka cetane 51 dan juga memiliki kandungan sulfur maksimal 1200. Angka ini cukup tinggi dibandingkan dengan bahan bakar solar biasa. 

Dengan angka cetane yang tinggi membuat sistem pembakaran menjadi lebih baik dan menambah tenaga mesin. Sedangkan dengan kandungan sulfur yang cukup rendah membuat mesin dan emisi menjadi lebih bersih.

Dexlite juga diklaim mampu membuat tarikan gas menjadi lebih halus dan pemakaiannya tidak boros. Penggunaan bahan bakar Dexlite cocok untuk pengguna kendaraan bermesin diesel berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan niaga yang dilengkapi teknologi common rail.

Baca juga: Pick Up Diesel Terjangkau Tata Intra V20 Bisa Tenggak Bio Solar, Tapi...

Pertamina Dex

Rekomendasi BBM Mobil Diesel Euro 4, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex 03

Mobil diesel di Indonesia wajib pakai Dexlite atau Pertamina Dex

Untuk Pertamina Dex sendiri merupakan bahan bakar diesel dengan angka cetane paling tinggi yaitu 53 dan memiliki kandungan sulfur maksimal 300. 

Nah, karena kandungan cetane tinggi, maka hal itu dapat memberikan kelebihan pada sistem mesin dibandingkan Dexlite, yaitu dapat menjadikan sistem pembakaran lebih baik dan efisien serta membuat mesin lebih bertenaga. 

Dengan kandungan sulfur yang lebih rendah, membuat bahan bakar ini menjadi lebih ramah lingkungan. Maka dari itu, karena kandungan sulfur rendah, Pertamina Dex sangat direkomendasikan.

Baca juga: Sekali Isi BBM Bisa Nyaris Rp2 Juta, Ini Daftar Mobil Diesel di Indonesia yang Wajib Minum Pertamina Dex

Keunggulan Dexlite dan Pertamina Dex

petugas SPBU mengisi BBM jenis Dex Series

SPBU Pertamina sediakan BBM jenis Dex Series

Dexlite

  • Bertenaga, karena nilai cetane 51 menjamin mesin tetap bertenaga.
  • Harga terjangkau, dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan Solar, Memiliki harga yang tidak terlalu jauh di atas Solar.
  • Melindungi mesin, karena dengan Additive Formula, Dexlite dirancang khusus untuk melindungi mesin.

Pertamina Dex

  • Ramah lingkungan, karena cetane 53 dan standar Euro4, menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan.
  • Mesin awet dan tahan lama, karena BBM jenis ini dapat melindungi mesin ditambah dengan kandungan sulfur yang rendah membuat mesin lebih tahan lama dan tangguh untuk berbagai jenis medan.
  • Tangguh, Pertamina Dex lebih murni untuk urusan bahan bakar, sehingga selalu terjaga, menjamin kinerja mesin lebih optimal, tangguh dan bertenaga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil