Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang

Prasetyo · 3 Agu, 2022 17:04

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 01

  • Hyundai Creta merupakan rekomendasi mobil keluarga 2022 untuk segmen SUV compact.
  • Mobil asal Korea Selatan ini mampu memepet rival terkuatnya, Honda HR-V.
  • Fitur dan pengendalian mobil ini juga jempolan.

Pilihan mobil SUV berukuran medium dan berdimensi ringkas atau kompak semakin banyak. Salah satu pemain baru yang masuk ke pasaran adalah Hyundai Creta, yang sekaligus menjadi alternatif selain Honda HR-V yang telah lama mengisi segmen ini.

Mobil berdarah Korea Selatan itu berstatus buatan Cikarang, sehingga harga jualnya juga kompetitif dengan para rivalnya. Sebagai model debutan, rupanya mobil ini mendapat respons yang positif sejak dibuka keran pemesanannya pada November 2021 lalu.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 02

Mobil pertama buatan pabrik Hyundai Cikarang

Pabrikan bahkan sempat mengklaim, sebelum resmi dirilis dan tanpa model display di jaringan penjualan, konsumen yang menginginkan model tersebut di luar ekspektasi. Tak kurang dari 1.200 angka pesanan Hyundai Creta telah dibukukan perusahaan hingga tutup 2021. Angkanya melonjak lagi pada awal 2022. Padahal produksinya baru dilakukan pada pertengahan Januari dan distribusi ke konsumen dilakukan pada Februari 2022. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Belum ada setahun meluncur pun taji mobil baru ini bisa dibilang makin meruncing. Bukan cuma disediakan untuk pasar dalam negeri, tapi Hyundai memproduksinya guna memenuhi kebutuhan ekspor. Sejak Februari lalu, pabrikan sudah mengekspornya ke Filipina, Vietnam, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Kemudian akan bertambah lagi sesuai permintaan negara lain.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 01

Desain unik juga jadi daya pikatnya

"Kami sudah selesai membangun pabrik, fasilitas riset dan pengembangan (R&D), dan kantor head office regional Asia Pasifik. Itu semua membuktikan bahwa kami akan menjadi basis untuk ekspor (Hyundai Creta) ke Asia Pasifik,” terang Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur. 

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh

Penjualan Hyundai Creta Asapi Honda HR-V

Gayung bersambut, di dalam negeri penerimaan Hyundai Creta begitu gemilang. Buktinya mengutip data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer), penjualannya langsung menyusul Honda HR-V yang sejak lama menguasai segmen ini. Menariknya angka penjualan kedua model beda tipis usai generasi terbaru Honda HR-V meluncur, singkatnya persaingan jadi memanas dan lebih ideal. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 02

Pasca Creta diluncurkan, generasi terbaru Honda HR-V langsung rilis

Berdasarkan data, sepanjang Januari-Juni 2022, sudah ada 9.228 unit Hyundai Creta yang dikirimkan ke dealer. Adapun rivalnya yang ber-DNA Jepang pada periode waktu yang sama juga telah disuplai ke jaringan penjualan sebanyak 8.277 unit. 

Pilihan Varian, Spesifikasi, dan Harga Hyundai Creta

Inilah mengapa kami merekomendasikannya sebagai pilihan mobil keluarga terbaik di Indonesia. Khususnya bagi pasangan muda, yang notabenenya aktif dan membutuhkan kendaraan multifungsi sebagai komuter harian maupun diajak perjalanan jauh atau road trip. Terlebih perawakan SUV yang andal di berbagai macam jalan di Indonesia. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 03

Interior Hyundai Creta

Bicara varian, Hyundai Creta dipasarkan dalam beberapa trim dan harga yang terdiri dari:

  • Creta Active MT: Rp288 juta
  • Creta Trend MT: Rp309,5 juta
  • Creta Trend IVT: Rp330 juta
  • Creta Style IVT: Rp372 juta
  • Creta Prime IVT: Rp404 juta

Baca juga : Hyundai Luncurkan Creta Versi 7 Penumpang, Cocok Lawan Toyota Rush Tapi Harga Setara Innova

Bisa Kustomisasi Fitur

Tak berhenti di situ, ada fitur menarik lain di Hyundai Creta. Yakni berupa layanan My Own Creta melalui website resmi dan nantinya akan dihubungkan langsung ke diler terdekat. Sederhananya, ini adalah menu kustomisasi fitur dan kelengkapan sesuai kebutuhan. Varian yang bisa dikustom merupakan trim tengah alias Trend. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 04

Bisa pesan dengan panoramic sunroof

Dengan begitu, pembeli Hyundai Creta tipe tengah juga bisa menambahkan fitur yang diinginkan di varian tertinggi tanpa perlu membeli tipe Prime. Ini menjadi pilihan ekonomis, umpama menginginkan panoramic sunroof, dengan menambahkan Rp15 juta di tipe Trend, tanpa perlu mengeluarkan dana hingga Rp400 juta lebih untuk mendapatkannya. 

Oh iya, selain fitur kustomisasi, di mobil ini juga terdapat banyak fitur unggulan lain seperti ventilated seat, air purifier, sistem audio besutan Bose, paddle shift untuk menambah keasyikan berkendara, cooling glove box, head unit dengan sambungan Apple CarPlay juga Android Auto, Cruise Control, dan Hyundai Smartsense. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta Bintang Baru Penantang Dominasi SUV Jepang 05

Hyundai Bluelink untuk pantau kendaraan dari ponsel

Belum cukup di situ, satu hal lain yang menjadi kelebihan Hyundai Creta dibanding rivalnya adalah hadirnya fitur Bluelink, yang memungkinkan mobil terhubung ke pemilik melalui sambungan di ponsel pintar.

Dengan Bluelink, kondisi terkini mobil bisa diketahui secara real time. Bahkan bisa melakukan starter lewat sentuhan jari. Kemudian juga bisa berfungsi sebagai pendukung layanan darurat dengan terhubung ke call center Hyundai.

Baca juga : Membandingkan Dimensi Honda HR-V 2022, Toyota Corolla Cross, Toyota C-HR, Hyundai Creta, dan Kia Seltos, Mana yang Paling Praktis?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru