window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian?

Prasetyo · 23 Agu, 2022 11:04

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 01

  • Mitsubishi Pajero Sport Ralliart mendapat tambahan beberapa aksesoris.
  • Mesinnya tetap 2.4L MIVEC Turbo diesel.
  • Harganya lebih murah dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar di Indonesia.

Ralliart tentunya bukan istilah asing bagi car enthusiast. Apalagi penggila motor sport maupun penyuka mobil-mobil Mitsubishi. Sebab tim Mitsubishi Ralliart sudah tak terhitung menjuarai berbagai ajang balap mobil tingkat dunia.

Membawa semangat motorsport yang kental, Ralliart pun kini merambah ke model-model produksi massal Mitsubishi yang tak melulu bernuansa high performance. Layaknya Toyota dengan GR Sport atau Honda dengan Mugen, maka sejumlah model terlaris Mitsubishi juga kini telah "disusupi" komponen Ralliart. Satu diantaranya Pajero Sport.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 02

Debut di Thailand tahun lalu

Mitsubishi Pajero Sport Ralliart sudah resmi diluncurkan akhir tahun lalu. Adalah Thailand yang pertama kali menerima unit ini. Beruntungnya, rekan kami Autofun Thailand sudah melakukan pengetesan terhadap Pajero Sport bernuansa Ralliart tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Operasi Plastik, Mitsubishi New Xpander Cross Kini Adopsi Banyak Komponen Pajero Sport

Pakai Livery dan Tambahan Aksesori Bernuansa Merah-Hitam

Hal paling mencolok dari sosok Mitsubishi Pajero Sport Ralliart tentu saja di bagian eksteriornya. Seluruh komponen tambahan yang ada di bodi mobil ini menggunakan aksesoris asli berlisensi langsung dari Jepang.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 01

Bodinya pakai livery RALLIART

Misalnya saja keberadaan livery cutting sticker dibagian samping mobil dengan kombinasi merah-hitam yang ditambah logo RALLIART. Kemudian wheel arch juga diberi aksen hitam untuk menegaskan ruang roda yang besar. Adapun velg yang terpasang kini pakai ukuran 18 inci dengan finishing black gloss.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 02

Aksen-aksen bernuansa RALLIART

Selanjutnya ada kepet lumpur merah juga pakai logo Ralliart. Kemudian pada bumper depan dan belakang diberi tambahan aksen merah. Sementara rear upper spoiler dan roofrail pakai warna hitam. Warna senada juga digunakan pada grill depan dan aksen smoked pada lampu utama.

Interior Tetap Dipertahankan

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 03

Interior Mitsubishi Pajero Sport Ralliart

Jika pada bagian luar banyak hal yang berubah, maka interior Mitsubishi Pajero Sport Ralliart tak berbeda banyak dibanding Pajero Sport tipe Dakar. Pada dasbor masih ada headunit 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Meter cluster juga tetap 4,2 inci.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 04

Ada wireless charging

Seluruh jok masih berlapis kulit dengan jok baris depan diberi pengaturan elektrik 8 arah. Untuk pengemudi juga disediakan paddle shift serta cruise control. Lantas demi menambah kenyamanan ada juga AC dual zone dan pengisian daya ponsel nirkabel.

Baca juga : 3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik

Sayangnya Bukan 4x4

Mitsubishi Pajero Sport Ralliart dipersenjatai mesin diesel turbo MIVEC 2.4-liter berkodekan 4N15. Mesin ini mampu memproduksi daya puncak 181 PS di 3.500 rpm dengan torsi 430 Nm di 2.500 rpm.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 05

Cuma tersedia penggerak 2 roda

Menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan, sayangnya untuk varian RALLIART ini cuma tersedia dalam sistem penggerak dua roda. Padahal di Indonesia ada tipe Dakar Ultimate yang sudah berpenggerak 4x4.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 06

Pakai mesin 2.4L MIVEC turbo diesel

Tapi edisi Ralliart akan tampil ekslusif. Pasalnya mobil ini hanya disediakan dalam dua warna, yaitu White Diamond with Black Roof dan Jet Black Mica.

Fitur Keselamatan Lengkap

Di Thailand, Mitsubishi Pajero Sport Ralliart ditawarkan seharga 1.365.000 baht atau kira-kira setara Rp563 jutaan. Sebenarnya lebih murah dibanding varian Dakar dari Pajero Sport di Indonesia.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 07

Lebih murah dari Pajero Sport Dakar di Indonesia

Sebagai perbandingan, untuk harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT di Indonesia Rp611,2 juta, sementara Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 AT Rp660,8 juta, dan Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 AT Rp720,5 juta.

Walau lebih murah, varian Pajero Sport Ralliart ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Diantaranya ada Multi Around Monitor with Guiding Line and Expected Course Line, Electric parking brake with Brake Auto Hold, Dual Airbags, Brake Override System, ABS with EBD, Brake Assist, Hill Start Assist, Active Stability and Traction Control, dan Emergency Stop Signal.

Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian? 08

Belum ada Adaptive Cruise Control

Kalau dibandingkan Pajero Sport Dakar Ultimate, versi Indonesia fiturnya lebih lengkap. Karena sudah ditambah juga  Forward Collision Mitigation System (FCM), Adaptive Cruise Control (ACC), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Misacceleration Mitigation System, serta 7 airbags.

Baca juga : Rp650 Jutaan Pilih Subaru Forester 2022, CR-V, Fortuner atau Pajero Sport?

Kesimpulan

Dengan tambahan aksesoris resmi dari Jepang, Mitsubishi Pajero Sport Ralliart tentu akan menarik buat mereka yang suka tampil beda tanpa harus melakukan modifikasi lagi. Sayangnya kelengkapan fitur varian ini masih kalah dari Pajero Sport tipe tertinggi di Indonesia.

Namun karena Pajero Sport Ralliart juga belum masuk ke Tanah Air, rasanya varian ini bisa dijadikan referensi modifikasi yang simple tapi tetap memiliki aura sporty untuk para pemilik Mitsubishi Pajero Sport.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil