3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik

Adit · 20 Jun, 2022 11:30

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 01

  • 3 fitur di Mitsubishi Pajero Sport yang bikin perjalanan makin fun to drive.
  • Ada fitur yang bisa bikin nggak kena tilang elektronik di jalan tol.
  • Salah satu fitur juga bikin Mitsubishi Pajero Sport makin fun to drive

Akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Sembari berlibur, tentunya aktifitas mengeksplorasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate yang kami sebut sebagai SUV serba bisa menarik untuk dilakukan. Bagaimana tidak, punya tampang kece, mobil ini diajak ngemal bisa, main kotor-kotoran sanggup, melibas jalan berpasir pun tidak masalah. 

Sebagai sebuah SUV yang jangkung, Pajero Sport memang menawarkan banyak keunggulan. Jarak terendahnya ke tanah sekitar 218 mm. Meskipun bukan yang tertinggi, tapi sudah cukup untuk tidak membuat mudah gasruk melahap jalanan yang kurang ebrsahabat untuk kendarana jenis lain, yang sering kita temui saat melakukan perjalana ke luar kota. 

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 02

Mitsubishi Pajero Sport si SUV bongsor yang siap melibas medan jalan off-road

Baca Juga: Sering Keliru dan Dianggap 'Murah', Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dengan Pajero Sport

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebelumnya kami sudah mengulas mendalam di Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021. Namun pada ulasan kali ini, kami kerucutkan ulasannya mengenai ragam fitur yang bisa mendongkrak keasyikan berkendaranya sehingga kami menyebutnya sebagai SUV bongsor yang menyenangkan untuk dikendarai. 

Sebelum menuju lokasi. Maka kami harus melewati jalanan biasa dulu, kombinasi dalam kota dan luar kota melalui tol. Impresi berkendara saat berada di jalan tol tentu tak perlu diragukan lagi. Dapur pacu 4N15 2.400 cc-nya menawarkan akselerasi yang ringan sekaligus bertenaga. Tak sulit untuk membawanya sampai ke kecepatan maksimal 100 km/jam. 

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 01

Ada turn lamp yang akan menyala ketika setir dibelokkan

Tak Perlu Khawatir Kena Tilang Elektronik

Karena mesin diesel dipasangkan sistem induksi paksa turbo, maka tak heran bila putaran mesinnya cukup powerfull. Untuk mencapai laju 99-100 km/jam. Angka di panel instrumennya menunjukkan angka 1.700-1.800 rpm. Impresif memang, terlebih varian Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate ini disemayamkan Adaptive Cruise Control yang membantu pengoperasian mobil lebih mudah dan terhindar tilang elektronik.

Maksudnya lebih mudah adalah gampang mempertahankan mobil melaju di kecepatan batas atas 100 km/jam. Lantaran adaptif, laju mobil bisa disesuaikan dengan kendaraan di depannya. Artinya bisa deselerasi sendiri ketika mobil di depan melambat atau kecepatannya lebih rendah. Sebaliknya, akselerasi bisa bertambah sendiri sampai batas kecepatan yang kita atur ketika mulai lengang atau jarak kendaraan di depan mulai menjauh. 

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 02

Tombol pengaturan adaptive cruise control di Mitsubishi Pajero Sport

Namun sebagai catatan, atur batas waktu kecepatan Mitsubishi Pajero Sport di angka 97-98 km/jam, bukan di 100 km/jam. Kenapa? Karena saat melewati tol layang dengan kondisi yang tidak rata, kadang membuat akselerasi mobil bertambah sendiri. Ketika sudah di-set 100 km/jam, dan tepat ketika ada jalan menurun sedikit, laju mobil menjadi 101 km/jam yang artinya sudah melebihi batas kecepatan. 

Jalan tol layang MBZ juga dikenal bumpy, naik-turun, juga tidak rata antar sambungannya, setuju kan? Nah berkat profil suspensi double wishbone dan dengan 3 link type rigid axle yang dipadukan coil spring, membuat ayunannya lembut. Penggunaan ban 265/60 ring 18 juga membantu menyerap benturan sangat baik.

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 03

Punya ground clearance tinggi, nggak perlu khawatir gasruk

SUV yang Fun to Drive

Fitur lain yang bikin pengendaraan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate makin asyik dikendarai adalah paddle shift. Inilah yang bikin mode manual mobil ini kami katakan fun to drive. Ya meskipun ganti giginya bisa lewat tuas transmisi, jauh lebih menyenangkan pakai tungkai di balik lingkar kemudi. Jadi mirip-mirip pebalap lah ketika melaju. 

Untuk yang satu ini lebih terpakai di jalur luar tol yang lengang dan lalu lintasnya cepat. Idealnya begini, penggunaan paddle shift agar akselerasi lebih bertenaga lagi dan responsif. Misalnya hendak menanjak yang panjang, maka supaya mobil bisa tetap menanjak butuh penurunan gigi segera saat itu juga, maka tinggal kurangi gigi lewat paddle shift kiri. 

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 04

Desain lingkar kemudi sporty sekaligus elegan

Pun saat hendak menyalip truk maupun bus, setelah menurunkan gigi dan mesin sudah meraung, langsung naikkan gigi lagi lewat paddle shift kanan, begitu seterusnya. Perpindahan giginya responsif tapi tidak terlalu cepat, ada jeda sepersekian detik tapi tidak memengaruhi fun to drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate ini. Oh iya kalau mode manualnya mau dimatikan, tinggal tekan paddle shift yang lama sampai indikator gigi berubah jadi D lagi.

Lagi-lagi perlu ingat, sebaiknya gunakan mode manual dalam kondisi yang sudah diceritakan. Selebihnya tetap mengaktifkan mode penggantian gigi otomatis supaya tetap nyaman dan tidak cepat lelah. Lagipula dengan pakai mode manual, maka konsumsi BBM jadi lebih terkuras karena perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin tinggi. 

Baca Juga: Toyota Fortuner Makin Perkasa, Asapi Mitsubishi Pajero Sport Sebagai SUV Ladder Frame Terlaris

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 05

Paddle shift di Mitsubishi Pajero Sport

Oh iya ngomong-ngomong putaran mesin, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate ini cukup senyap kok. Dalam pengendaraan cruising santai di 1.500 rpm atau kecepatan 70 km/jam terasa hening. Peredaman kabinnya juga memuaskan, road noice atau suara kendaraan luar bisa direduksi dengan baik. Namun ketika mesinnya sudah meraung di atas 2.400 rpm, barulah mulai masuk ke kabin.

Sunroof Bikin Perjalanan Lebih Syahdu

Keberadaan sunroof menjadi nilai tambah pada model ini. Sebab kompetitornya tidak memilikinya. Sebut saja Toyota Fortuner yang sampai tipe tertingginya tidak punya kelengkapan ini. Atau Isuzu Mu-X, berdasarkan spesifikasi teknis juga tidak dilengkapi oleh pabrikan. 

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 06

Keberadaan sunroof di Mitsubishi Pajero Sport

Ya meskipun keberadaan sunroof di mobil menuai perdebatan karena tidak sesuai dengan iklim Indonesia, hingga perawatannya yang sulit karena kalau karetnya getas maka bisa bikin kabin bocor, tetap saja sunroof di Mitsubishi Pajero Sport membuatnya lebih elegan dan patut kita nikmati yang bikin perjalanan lebih syahdu. 

Sayangnya panel kaca yang disematkan tidak begitu besar hanya bisa mengakomodasi kursi baris depan. Tapi itu bukan masalah besar, sebab ketika berkelana malam hari, perjalanan lebih seru lagi ditemani langit-langit bening dengan cahaya bintang yang berpendar. Mantap!

3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik 07

Mitsubishi Pajero Sport: SUV yang serba bisa!

Akhir kata, dengan penjelasan fitur-fitur sesuai pengalaman kami tadi, membuat Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 Ultimate adalah SUV yang paling cocok untuk dikemudikan sendiri. Fitur terbarunya membantu aktivitas berkendara lebih aman dan nyaman. Sampai beberapa unsur kebaruan yang membuatnya hadir semakin menjadi pilihan di kelasnya.

Baca Juga: Bulan Sebelumnya Kalah, Mitsubishi Pajero Sport Tekuk Balik Toyota Fortuner di Mei 2022

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru