window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Bawa Bus dan Truk, Pengemudi Hino 'Sekolah' di Pusat Pelatihan Berstandar Jepang!

Ilham · 27 Jan, 2022 17:30

Sebelum Bawa Bus dan Truk, Pengemudi Hino 'Sekolah' di Pusat Pelatihan Berstandar Jepang! 01

Pelatihan bagi pengemudi truk
  • Pusat pelatihan Hino berstandar internasional.
  • Ada beragam pelatihan skill yang disediakan.

Kecelakaan truk dan bus di Indonesia kerap terulang. Ironisnya musibah tersebut tak jarang berujung fatal dengan memakan korban jiwa. Beragam faktor jadi alasan. Termasuk kondisi kendaraan dan penyumbang paling besar, human error.

Kondisi ini tentu mendapat perhatian banyak pihak. Mulai pemerintah hingga produsen truk itu sendiri. Salah satunya PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Produsen bus dan truk Hino di Indonesia tersebut menghadirkan pusat pelatihan berkendara yang diberi nama Hino Total Support Customer Center (HTSCC) pada Kamis (27/1/2022).

Harapannya kualitas skill dan kesadaran berlalu lintas, serta penerapan cara mengemudi yang benar dan aman bisa diterapkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kami membangun Hino Total Support Training Center sebagai pusat pelatihan pengemudi untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang handal dan tertib berlalu lintas," ujar Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI dalam sambutannya.

Baca Juga: Hino Buka Fasilitas Body Repair dan Cat, Pemilik Truk Hino Lawas Bisa Segarkan Tampilannya

Target Pelatihan

Menurutnya, fasilitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hino tersebut dapat digunakan customer Hino untuk terus meningkatkan keterampilan berkendara para pengemudinya. Bahkan target peserta LPS-LPK Hino tahun ini mencetak 2.000 pengemudi kompeten.

Sebelum Bawa Bus dan Truk, Pengemudi Hino 'Sekolah' di Pusat Pelatihan Berstandar Jepang! 01

Peluncuran HTSCC

"Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa," ungkap Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI.

Meski demikian, saat ini pihaknya masih memprioritaskan pelatihan pengemudi dari perusahaan yang loyal pada produk Hino. Namun pihaknya berharap lulusan pelatihan ini juga bisa menjadi contoh bagi rekan-rekannya untuk berbagi ilmu yang didapat.

Fasilitas Pelatihan Berstandar Hino Jepang

Berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat, HTSCC memiliki banyak fasilitas. Di mana standarisasi fasilitas tersebut dirancang dengan kerjasama pada beberapa stakeholder seperti Dishub,KNKT dan prinsipal Hino Jepang.

Sebelum Bawa Bus dan Truk, Pengemudi Hino 'Sekolah' di Pusat Pelatihan Berstandar Jepang! 02

Blind spot test area

Lintasan yang tersedia mulai dari basic driving course seperti blind spot test area, inspection bay, stop & go. Lalu parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road dan safety brake.

Kemudian di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas–kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP.

Baca Juga: Cuma Nambah Airsus, Bus Hino RK 260 Naik Rp150 Jutaan

Hino Jadi Pelopor Sertifikasi Pengemudi Di Segmen Kendaraan Komersial

HTSCC Dibangun di atas lahan seluas 24.000-meter persegi. Menariknya Hino merupakan satu–satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelangganya.

Fasilitas ini digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik dan mengemudi yang ekonomis.

Sebelum Bawa Bus dan Truk, Pengemudi Hino 'Sekolah' di Pusat Pelatihan Berstandar Jepang! 03

Simulasi latihan mengemudi komplet

Termasuk pemeriksaan harian, teknik blind spot serta setiap pelatihan akan dipandu juga oleh video learning yang diberikan oleh Hino Motors Limited Japan.

Di samping itu, ada pula pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, karakteristik kendaraan dan manusia, serta basic english conversation. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil