window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selain Mesin, Pilihan Ban Mobil Punya Peran Besar Dalam Efisiensi BBM

Dito · 20 Feb, 2023 08:30

Selain Mesin, Pilihan Ban Mobil Punya Peran Besar Dalam Efisiensi BBM 01

Selama ini kebanyakan orang beranggapan bahwa konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil hanya fokus pada mesin saja. Padahal ada faktor lain yang juga punya peran besar dalam menghemat BBM, salah satu yang terbesar adalah ban mobil.

Head of Original Equipment (OE), Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano memaparkan bahwa faktor rolling resistance atau hambatan gulir pada ban mobil untuk konsumsi BBM cukup besar yakni 23%. Sehingga bila faktor tersebut bisa dikurangi maka mobil bisa menjadi lebih efisien. 

Baca juga : Bridgestone Ecopia EP150 Dipakai Mitsubishi Xpander Cross, Ini Kelebihannya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain Mesin, Pilihan Ban Mobil Punya Peran Besar Dalam Efisiensi BBM 01

“Beberapa faktor yang mampu meningkatkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan adalah, pertama hambatan udara pada kendaraan, lalu hambatan akselerasi kendaraan, dan rolling resistance atau hambatan gulir. Faktor rolling resistance pada konsumsi bahan bakar kendaraan cukup besar, yaitu mencapai 23%,” papar Fisa dalam acara Media Gathering Bridgestone Indonesia di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Jakarta. 

Bridgestone pun selalu mengembangkan teknologi Low Rolling Resistance (LRR) sebagai solusi untuk mengurangi emisi gas karbon melalui efisiensi bahan bakar. Selain itu Bridgestone juga merancang produknya untuk memiliki performa yang tinggi di berbagai situasi.

Bridgestone Indonesia Segera Hadirkan Teknologi Ban Mobil Enliten

Selain Mesin, Pilihan Ban Mobil Punya Peran Besar Dalam Efisiensi BBM 02

Meningkatnya penjualan mobil listrik di dunia dan Indonesia membuat produsen komponen seperti ban menghadirkan produk khusus. Salah satunya adalah Bridgestone Indonesia yang berencana menghadirkan ban khusus mobil listrik dengan teknologi terbaru.

Bridgestone sendiri sebenarnya sudah memiliki teknologi Enliten yang ramah lingkungan dengan hambatan gulir rendah membuat daya baterai lebih hemat. Selain itu ban khusus mobil listrik ini juga mempunyai bobot lebih ringan 2 kg dibandingkan ban konvensional.

Baca juga : Promo Menarik Beragam Jenis Ban Bridgestone Untuk Kendaraan Roda Empat di IIMS 2023

Selain Mesin, Pilihan Ban Mobil Punya Peran Besar Dalam Efisiensi BBM 03

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan teknologi Enliten ini akan segera dihadirkan di Indonesia. Terlebih penjualan mobil listrik di Indonesia yang sedang meningkat.

“Tunggu saja nanti kabar terbarunya ya. Kami akan menghadirkan teknologi ini (Enliten) di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, teknologi Enliten ini mempunyai tiga keunggulan. Mulai dari bahan baku generasi terbaru, konstruksi yang lebih optimal dan kembangan ban yang baru. Efeknya memberikan kebisingan yang lebih rendah, bobot lebih ringan, efisiensi lebih baik dan usia ban lebih panjang karena tidak cepat aus.

Teknologi ini sudah sempat dikenalkan secara global pada tahun 2020 lalu dan langsung digunakan pada mobil listrik buatan Volkswagen, ID.3. Teknologi itu disematkan pada Turanza Eco yang dirancang sangat khusus dengan bahan baku lebih sedikit.

Baca juga : Bridgestone Indonesia Berencana Hadirkan Produk Khusus Mobil Listrik, Apa Bedanya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil