window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Setelah Diganti Putih, Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Segera Dipasang Chip

Prasetyo · 27 Mei, 2022 09:01

Setelah Diganti Putih, Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Segera Dipasang Chip 01

  • Plat nomor putih akan mulai diterapkan Juni 2022.
  • Pelat nomor kendaraan juga bakal dipasang chip khusus.
  • Tujuannya menghindari penggunaan plat nomor palsu.

Plat nomor putih kendaraan bermotor milik pribadi rencananya akan diterapkan secara bertahap mulai Juni 2022. Adapun plat nomor putih dengan tulisan hitam ini akan mulai digunakan pada mobil-mobil baru yang terdaftarkan di Korlantas Polri mulai bulan depan.

Kemudian nantinya menyusul para pengguna mobil atau motor pribadi juga bisa mendapatkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) warna baru ini yang melakukan pembayaran pajak lima tahunan atau melakukan balik nama dari pemilik sebelumnya.

Setelah Diganti Putih, Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Segera Dipasang Chip 02

Mobil baru akan mulai dapat pelat nomor warna putih bertuliskan hitam

"Serentak se-Indonesia, tapi bertahap. Kendaraan baru dulu, nanti bulan depan kalau beli kendaraan baru sudah menggunakan pelat warna putih," kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus dikutip dari NTMCPolri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Bersiap, Pelat Nomor Putih Kendaraan Pribadi Berlaku Tahun Ini, Akan Dipasang Chip Juga!

Selanjutnya Dipasang Chip Juga

Setelah Diganti Putih, Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Segera Dipasang Chip 01

Chip khusus berteknologi RFID

Lebih lanjut Yusri menyebutkan, setelah plat nomor putih mulai diberlakukan, maka ke depannya pelat nomor kendaraan juga akan dipasang chip berteknologi khusus. Namun saat ini, kata dia, pihak Korlantas Polri sedang menunggu ketersediaan anggarannya.

"Kita mengharapkan satu atau dua tahun lagi bisa keluar, karena butuh anggaran. Kalau ada anggarannya kita akan gunakan, karena wacananya memang seperti itu," ucap Yusri. Tetapi kata dia, saat ini pihaknya akan memfokuskan terlebih dulu tentang penerapan pelat nomor putih.

Baca juga : Bersiap, Beli Mobil Baru Bulan Depan Bakal Dapat Pelat Nomor Putih

Sudah Dipakai di Banyak Negara Lain

Setelah Diganti Putih, Pelat Nomor Kendaraan Pribadi Segera Dipasang Chip 02

Pelat nomor putih dengan chip sudah diterapkan di negara lain

Masih menurut Yusri, penerapan plat nomor putih merupakan langkah untuk mendorong efektivitas tilang elektronik. Karena kamera ETLE akan menangkap gambar lebih jelas jika pelat nomor kendaraan menggunakan warna dasar terang.

"Hasil survei kita dari beberapa negara, dasar yang paling jelas itu yang terang, kita kaitkan lagi dengan tilang elektronik, kamera itu lebih mudah menyorot yang dasarnya terang," jelas Yusri.

Begitu pun soal penggunana chip di TNKB. Kata dia chip berbasis teknologi Radio Frequency Identification atau RFID sudah diterapkan pada sejumlah negara di seluruh dunia. Dengan adanya chip ini maka akan lebih mudah diakses kamera ETLE serta menghindari penggunana pelat nomor palsu.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini Syarat dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Putih Terbaru 2022

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil