window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spyshoot KIA KY Terungkap, Siap Nantangin Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga

Dhoni · 6 Apr, 2021 07:00

KIA nampaknya cukup serius mengincar pasar mobil keluarga, kabar terbaru KIA KY mulai terlihat sedang menjalani pengujian di Korea Selatan. Untuk segmen mobil 7 penumpang, KIA akan segera menghadirkan KIA Sonet 7-seater untuk pasar otomotif global pada 8 April mendatang.

Spyshoot KIA KY Terungkap, Siap Nantangin Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga 01

KIA KY Hadir Menantang Suzuki Ertiga

Dari spy shoot pertama kali, KIA KY yang diprediksi akan menjadi pesaing Suzuki Ertiga maupun Toyota Avanza memang cukup mengesankan. KIA KY dalam balutan kamuflase terlihat sedang menyusuri jalanan di pusat Litbang Hyundai, Gyeonggi – Korea Selatan.

Dalam model yang tengah menjalani pengujian, KIA KY terlihat dalam proposi yang cukup sedang. Sekilas jarak sumbu roda cukup panjang dan overhang belakang yang juga memanjang.

Spyshoot KIA KY Terungkap, Siap Nantangin Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga 02

Spy Shoot KIA KY

Pada lampu depan, DRL maupun lampu belakang, diduga kuat KIA KY telah mengunakan model LED. Dari foto, ukuran pintu belakang KIA KY seperti lebih besar dibandingkan pintu depan. Ketinggian pilar A lebih tinggi dibanding pilar lainnya sehingga ketinggian atap belakang menjadi lebih rendah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada bagian atap dari KIA KY terdapat roof rail dan antena model sirip hiu (shark fin). Namun yang menarik dari gambar spy shoot, KIA KY hadir dengan fitur sunroof atau bisa jadi hanya moon roof.

Namun jika memang benar tersedia fitur tersebut, tentu Suzuki Ertiga atau Toyota Avanza harus waspada. Versi terbaru sang MPV sejuta umat harus bisa menggungguli kelebihan dari KIA KY apabila mobil Korea ini masuk Indonesia.

Untuk model velg yang digunakan, KIA KY mengusung warna dual tone dengan logo KIA pada bagian tengahnya. Sedangkan untuk basis produksi, sepertinya KIA akan memilih India, sesuai dengan target untuk menjadikan pasar otomotif India sebagai tujuan utamanya.

Sejauh ini, KIA KY dijadikan sebagai model untuk memenuhi pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) di India. Namun tidak menutup kemungkinan KIA KY juga akan dihadirkan secara global, termasuk Indonesia.

Bicara data spesifikasi lengkap, KIA masih menyimpan rapi hingga peluncurannya. Diperkirakan KIA KY akan hadir pada tahun 2022.  Namun secara prediksi, KIA KY kemungkinan akan mengunakan mesin turbo diesel 1.5L dan juga mesin 1.5 L konvensional berbahan bakar bensin. Kemampuan tenaga mesin bensin yakni 115 PS dengan torsi 144 Nm. Sedangkan mesin diesel turbo dapat menghasilkan tenaga sebesar 115 PS dengan torsi 250 Nm.

Spyshoot KIA KY Terungkap, Siap Nantangin Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga 01

Suzuki Ertiga 2021

Untuk dapat bersaing dengan Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza, KIA KY harus menawarkan harga yang tidak jauh berbeda. Untuk harga Suzuki Ertiga di Indonesia dibanderol mulai dari Rp207juta hingga Rp262,8 juta. Suzuki Ertiga di Indonesia hadir dalam 5 pilihan tipe dengan perbedaan pada bagian transmisinya.

Spyshoot KIA KY Terungkap, Siap Nantangin Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga 02

Sedangkan harga Toyota Avanza bekisar dari Rp200 juta hingga Rp232 juta. Tentu untuk dapat bersaing di segmen Multi Purpose Vehicle, KIA KY harus menghadirkan fitur lebih berteknologi dan memiliki nilai ekonomis.

Jadi Anda memilih mobil keluarga produk Jepang atau Korea Selatan?

 

 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil