window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki S-Presso AGS Lebih Diminati Ketimbang yang Manual, Dianggap Lebih Praktis

Prasetyo · 6 Jun, 2023 16:02

Suzuki S-Presso AGS Lebih Diminati Ketimbang yang Manual, Dianggap Lebih Praktis 01

Suzuki S-Presso rupanya bukan cuma diminati di Indonesia, namun beberapa negara tetangga juga menjadikan mobil ini favorit.

Filipina misalnya, sejak S-Presso diluncurkan tahun 2020, penjualan mobil kecil Suzuki ini setidaknya 500-an unit per bulan.

Para pembeli kabarnya tertarik lantaran desain yang unik, ukuran yang compact, serta harga yang terjangkau.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mending Pesan Toyota Agya 2023 atau Pilih Suzuki S-Presso?

Suzuki S-Presso Indonesia

S-Presso untuk Indonesia rilis di GIIAS 2022

Namun rupanya, ada sedikit kisah sedih dari S-Presso di negara tersebut.

Pasalnya varian S-Presso akan dipangkas, mengingat ketertarikan konsumen disana hanya pada salah satu varian saja.

Apalagi untuk tipe tersebut, ternyata juga memiliki ketersediaan fitur yang jauh lebih lengkap, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: FAQ Suzuki S-Presso 2023, Apakah Bisa Sesukses Suzuki Ignis?

Suzuki S-Presso Transmisi Manual Akan Discontinue?

Suzuki S-Presso AGS

Transmisi AGS

Dikutip dari Autoindustriya, Selasa (06/06/2023), saat pertama kali rilis di Filipina, S-Presso hanya tersedia dengan gearbox manual 5 percepatan.

Kemudian di tahun ini, Suzuki menawarkan satu varian lagi untuk S-Presso di negara tersebut, yaitu yang menggunakan transmisi manual otomatis (AMT) 5 kecepatan yang dikenal dengan sebutan AGS (Auto Gear Shift).

Dan ternyata tipe terbaru ini lebih diminati daripada yang varian transmisi manual.

Baca juga: Biaya Service Suzuki S-Presso Hingga 100.000 Km, Tak Semurah yang Dibayangkan?

Suzuki S-Presso headunit

Headunit 7 inci S-Presso versi Indonesia

Apalagi pada model baru itu, ditambah pula beberapa fitur seperti headunit dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, auto start/stop engine, dual front airbags, hill-hold control, dan electronic stability program (ESP).

Kondisi ini membuat permintaan S-Presso transmisi manual (M/T) menjadi semakin menyusut, yang pada akhirnya bisa saja dihilangkan.

"Jika permintaan untuk tipe M/T kecil, maka manajemen dapat memutuskan untuk menghentikan penjualan M/T. Tapi untuk saat ini permintaan varian M/T tetap ada, terutama untuk konsumen fleet," ucap sumber Suzuki Filipina.

Penjualan Suzuki S-Presso di Indonesia

Suzuki S-Presso mesin K10C

Versi Indonesia pakai mesin K10C

Lantas bagaimana dengan kondisi di Indonesia? Apakah permintaan untuk S-Presso bertransmisi AGS juga lebih besar ketimbang yang manual?

Mengacu pada data wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), ketimpangan permintaan kedua model S-Presso ini pun terlihat.

Untuk periode Januari - April 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tercatat sudah mengirimkan 347 unit S-Presso transmisi manual.

Tetapi untuk yang varian AGS ternyata lebih tinggi lagi, yaitu 739 unit.

Baca juga: Suzuki S-Presso 2023 Tambah Fitur Baru, Akhirnya Punya Spion Elektrik

Spesifikasi Suzuki S-Presso di Indonesia

Suzuki S-Presso Indonesia

Penjualan di Indonesia juga cukup tinggi

Sama seperti halnya di Filipina, saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 S-Presso juga hadir dengan sejumlah penambahan fitur.

Mulai dari pengaturan spion pakai sistem electric, jok belakang dilengkapi ISOFIX, Hill Hold Control, ESP, dan auto start-stop engine.

Untuk segi hiburan, mobil ini dibenamkan headunit 7 inci lengkap dengan audio steering switch serta terdapat smartphone linkage untuk memudahkan pengendara berkomunikasi tanpa menyentuh perangkat telpon.

Tak cuma itu, mesinnya juga baru, berkode K10 C 998 cc yang menghasilkan tenaga 66 PS dengan torsi 89 Nm serta tersedia dalam pilihan transmisi manual (M/T) dan AGS. 

@autofun.indonesia Pada Berani Bayar Berapa?#mobilbaru #reviewmobil #mobilmurah ♬ Aspen - The Rippingtons

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki S-Presso MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil