window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Menjadi Loyo!

Enda · 30 Sep, 2021 09:00

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Menjadi Loyo! 01

Penyebab mesin diesel menjadi loyo

Mesin diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Mesin jenis ini diketahui memiliki jumlah kompresi yang lebih besar hampir tiga kali lipat dibandingkan mesin bensin, sehingga tidak heran apabila torsi yang dimiliki mesin diesel juga ikut lebih besar.

Menurut Auto2000, setidaknya terdapat lima faktor yang menyebabkan mesin diesel konvensional maupun yang sudah berteknologi Common Rail terasa seperti kurang tenaga atau loyo.

Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Serah Terima Mobil Baru, Kalau Ada Cacat Langsung Minta Ganti Unit

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Tekanan Pompa Solar Sudah Lemah

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Menjadi Loyo! 01

Pompa solar lemah

Pompa tekanan ini dipasang pada filter solar atau dekat pompa injeksi. Fungsinya adalah menarik solar dari dalam tangki bahan bakar. Jika kondisinya melemah, maka ada keterlambatan pasokan bahan bakar yang sebenarnya dibutuhkan mesin. Kondisi ini menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tidak lagi ideal sehingga tenaga yang dihasilkan mesin tidak sempurna. 

Indikasi pompa tekanan yang sudah melemah adalah mesin susah hidup ketika pagi hari sehingga perlu memompanya untuk menghidupkan mesin.

2. Bermasalah Pada Injection Pump

Injection Pump merupakan pompa injeksi untuk mengalirkan bahan bakar solar bertekanan ke masing-masing injektor. Tekanan dalam pompa injeksi memiliki ukuran berbeda-beda tergantung masing-masing mobil. 

Namun ketika tekanan pompa injeksi kurang atau bahkan melebihi tekanan yang direkomendasikan, maka mesin diesel pasti bermasalah. Indikasi injection pump bermasalah adalah munculnya asap hitam tebal hingga kehilangan tenaga. 

3. Rendahnya Tekanan Kompresi Ruang Bakar

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Menjadi Loyo! 02

Rendahnya tekanan kompresi

Mesin diesel yang kurang bertenaga memang banyak dipengaruhi masalah berbau bahan bakar. Termasuk tekanan kompresi ruang bakar mesin sudah terlalu rendah. Tekanan kompresi memang mempengaruhi tenaga mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan tekanan kompresi tinggi, sekiranya 30 kgm. Sangat jauh jika dibandingkan kompresi mesin bensin yang ada di kisaran 10/11 kgm. 

Jika tekanan kompresi menurun, campuran bahan bakar dengan udara lebih sulit diledakkan. Dengan begitu mengakibatkan tenaga mesin berkurang.

4. Filter Solar yang Kotor

Filter solar yang kotor menjadi salah satu masalah utama mesin diesel kurang tenaga. Filter solar kotor mengurangi debit dan volume bahan bakar yang dibutuhkan. Akhirnya mesin mengalami kekurangan campuran bahan bakar sehingga tenaganya menjadi tidak maksimal. 

Filter kotor membuat proses penyaringan tidak baik. Kotoran bisa mampu masuk ke pompa injeksi. Akhirnya tekanan injeksi menjadi bermasalah. Indikasi filter solar kotor adalah tanda lampu indikator water separator mulai menyala tanpa ada tanda-tanda penyebab yang jelas.

Baca juga: Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

5. Setelan Injection Timing Berubah

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Menjadi Loyo! 03

Nilai dan posisi injection timing dalam mesin diesel sangat jarang berubah, ternyata bisa saja berada dalam posisi tidak tepat. Akhirnya mesin diesel menjadi kurang bertenaga. Injection timing adalah waktu injektor membuka nozzle untuk menyemprotkan bahan bakar. 

Kondisi injection timing yang berubah dan tidak sesuai spesifikasi mesin dapat membuat tenaga mobil menjadi kurang bertenaga. Bahkan terkadang muncul asap hitam terlalu berlebih di knalpot.

Baca juga: Bukan Cacat Pabrik, Ini Alasan Adaptive Cruise Control Tak Bekerja Normal di Terowongan dan Cuaca Buruk

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil