window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian

Yongki Sanjaya · 23 Jan, 2023 10:30

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 01

Konsumsi BBM hingga kini masih jadi satu faktor utama ketika memilih mobil baru. Kalau mobilnya irit, tentu biaya operasional bisa cukup hemat saat melakukan perjalanan. Hasil pengujian BBM oleh kami di beberapa LMPV populer pun cukup menyita perhatian pembaca Autofun yang penasaran.

Tak cuma itu, netizen juga turut menyoroti kelemahan dari Suzuki APV. Meskipun punya banyak keunggulan namun faktanya penjualan APV saja kalah laris dibandingkan Suzuki Ertiga. Tren konsumen sekarang mulai beralih dari minibus ke MPV.

Lebih lanjut, berikut ini lima artikel terpopuler sepanjang pekan lalu. Simak uraiannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Hasil Uji Konsumsi BBM 5 LMPV Terlaris di Indonesia, Siapa Paling Irit?

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 01

Sepanjang 2022 lalu, kami sudah menguji seluruh model LMPV terlaris di Indonesia. Ada lima model yang kami uji, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Hyundai Stargazer. Salah satu hasil pengujian paling penting yang perlu diketahui adalah uji konsumsi BBM dari 5 LMPV terlaris di Indonesia ini.

Kami menguji konsumsi BBM di LMPV dengan metoda yang nyaris serupa, yaitu dengan rute dalam kota dan luar kota, dengan simulasi perjalanan di jalan bebas hambatan. Pengujian bahan bakar dengan metode full-to-full dilakukan agar didapat hasil yang serupa di seluruh kendaraan.

Kondisi lalu-lintas dan cuaca saat pengujian memang tak dapat disamakan, karena kami mengujinya di waktu yang berbeda. Meski begitu, parameter kecepatan rata-rata baik di dalam kota maupun di luar kota dapat diketahui sebagai gambaran kondisi lalu-lintas yang kami hadapi saat pengujian.

2. Harga Wuling Formo Max Pickup Bocor Sebelum Peluncuran

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 02

Wuling Formo Max pickup menambah jajaran produk komersial Wuling di Indonesia. Produk terbaru ini hadir untuk menyaingi rival-rivalnya seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max PU, dan DFSK Super Cab.

Namun pick up ini baru resmi diluncurkan pada Selasa, 17 Januari 2023. Walau demikian pemesanan di dealer Wuling atau website resmi Wuling sudah berlangsung sejak periode 5-16 Januari 2023.

Wuling sempat mengumumkan estimasi harga untuk Formo Max yaitu direntang Rp163 juta - Rp172 juta. Menjelang dimulainya penjualan resmi pick up tersebut, muncul daftar harga Wuling Formo Max pick up yang resmi.

3. 5 Kekurangan Toyota Avanza Gen 1, Wajib Dipertimbangkan Sebelum Beli

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 03

Jauh sebelum kemunculan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander, PT Toyota Astra Motor sudah lebih dulu meramikan segmen Low MPV 7-seater dengan menghadirkan Avanza Gen 1 pada Desember 2003.

Menyasar segmen mobil keluarga dengan harga terjangkau, Toyota Avanza generasi pertama untuk kondisi bekasnya hingga kini masih banyak diminati. Sebagai informasi, untuk pasaran harga bekasnya generasi pertama Avanza kini berada di angka Rp70 jutaan.

Jika pada artikel sebelumnya kami membahas keunggulan Toyota Avanza gen 1, pada ulasan kali ini kami akan mengupas secara tuntas 5 kekurangan dari mobil ini.

4. 5 Alasan Isuzu Panther Grand Touring Kalah Pamor Dari Kijang Innova Reborn Diesel, Padahal Harganya Lebih Murah

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 04

Isuzu Panther kini tak lagi dijual dalam kondisi baru, dan kalian hanya bisa membeli unit bekasnya. Melihat dimensinya, Isuzu Panther juga masuk kategori MPV medium, sepadan dengan Toyota Kijang Innova. Bila membandingkan di pasaran, harga Isuzu Panther Grand Touring bekas kini lebih murah dari Kijang Innova Reborn diesel.

Lantas, kenapa pamor si kucing diesel ini kalah mengesankan dibandingkan rival dari sesama grup Astra? Tentu banyak dari kalian penasaran alasan konsumen berusia 35-45 tahunan tidak suka dengan mobil ini. Tren yang ada, masyarakat cenderung mengidolakan Kijang Innova diesel bila mencari mobil keluarga bekas berbahan bakar solar.

Sebagai perbandingan, Isuzu Panther Grand Touring 2019 di CARSOME dijual seharga Rp276.000.000 untuk pembelian cash. Sementara itu, Harga Toyota Kijang Innova Reborn Diesel tipe V 2.4 mencapai Rp383.000.000. Dengan harga bekas lebih terjangkau, konsekuensinya ada di kelengkapan Panther yang tak sebaik Kijang Innova Reborn.

5. 8 Kelemahan Suzuki APV Bekas, Harga Cuma Rp50 Jutaan!

Top 5 Autofun: Uji Konsumsi BBM LMPV Populer di Indonesia Menyita Perhatian 05

Suzuki APV diluncurkan di Indonesia pada tahun 2004. Kehadiran mobil ini menjawab permintaan pasar akan sebuah mobil keluarga yang sanggup membawa orang dengan jumlah banyak. Dengan segmen pengguna minibus yang kian menyusut, apa saja kelemahan Suzuki APV yang perlu kita ketahui?

Bicara APV, mobil yang masuk dalam kategori minibus ini sempat mendapatkan beberapa kali penyegaran guna memberikan kesan berkendara lebih nyaman. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hingga saat ini masih menjualnya walau sejak awal kali diluncurkan sampai dengan sekarang tidak mengalami ubahan secara menyeluruh.  

Harga barunya, per Januari 2023 APV dijual mulai dari Rp213,5 juta hingga Rp238,9 juta. Sedangkan untuk pasaran kondisi bekasnya Suzuki APV kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil