window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

8 Kelemahan Suzuki APV Bekas, Harga Cuma Rp50 Jutaan!

Enda · 8 Des, 2023 12:03

Kekurangan Suzuki APV

Kelemahan Suzuki APV bekas wajib diketahui ketika hendak membeli mobil ini, apalagi harganya sudah sangat terjangkau.

Perlu diketahui, Suzuki APV diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2004 oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Kehadiran mobil ini menjawab permintaan pasar akan sebuah mobil keluarga yang sanggup membawa orang dengan jumlah banyak, sekaligus tangguh untuk menopang berbagai barang bawaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Saat itu, segmen MPV berdesain boxy juga tengah naik daun, karenanya, APV pun mendapat lawan sepadan dari Daihatsu Luxio (Spesifikasi | Berita) dan Nissan Evalia.

Popularitas APV sempat menjulang karena mobil ini dianggap memiliki durabilitas yang lebih baik daripada rival-rivalnya.

suzuki apv ambulance

Kerap dipakai jadi ambulans

Tak heran kalau Suzuki akhirnya tertarik juga menghadirkan APV bukan cuma sebagai kendaraan penumpang (passanger car) tapi juga kendaraan niaga seperti pick up serta APV yang dipakai untuk armada ambulans atau angkutan kota (angkot).

Bicara soal APV, mobil yang masuk dalam kategori minibus ini sempat mendapatkan beberapa kali penyegaran guna memberikan kesan berkendara lebih nyaman.

PT SIS pun hingga saat ini masih menjualnya walau sejak awal kali diluncurkan sampai dengan sekarang tidak mengalami ubahan secara menyeluruh.

Harga Suzuki APV baru, per Desember 2023 APV  mulai dari Rp178,6 juta hingga Rp243,7 juta. 

Sedangkan untuk pasaran kondisi bekasnya Suzuki APV kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan.

Harga Suzuki APV per Desember 2023
Tipe Harga Baru
APV Blind Van Rp 178.600.000
APV GA Rp 218.400.000
APV ARENA GL Rp 226.500.000
APV ARENA GX Rp 240.500.000
APV ARENA SGX Rp 243.700.000

Suzuki APV dengan segala keunggulan dan popularitasnya di kategori mobil keluarga dan angkutan, bukan berarti bebas dari kelemahan.

Sebagai calon pembeli yang cerdas, penting untuk memahami kelemahan Suzuki APV sebelum mengambil keputusan pembelian.

Terlebih lagi dengan segmen pengguna minibus yang kian menyusut tetap disatu sisi harga bekasnya semakin terjangkau, simak delapan kelemahan Suzuki APV yang perlu kita ketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli.

  • 2013 Suzuki APV GX ARENA 1.5

    Rp 113,40 Juta
    Rp 2,05 Juta
    /bulan

    37.210 km

    10,5 tahun

    Jakarta

  • 2019 Suzuki APV LUXURY 1.5

    Rp 175,50 Juta
    Rp 3,17 Juta
    /bulan

    55.433 km

    4,5 tahun

    Jakarta

  • 2018 Suzuki APV GL 1.5

    Rp 126,10 Juta
    Rp 2,28 Juta
    /bulan

    83.375 km

    5,5 tahun

    Jakarta

Baca juga: 4 Hal Menarik Suzuki APV, Mobil Keluarga yang Disukai Pengusaha Travel

1. Kelemahan Suzuki APV Ada di Posisi Mesin

kelemahan Suzuki APV

Posisi mesin ada di balik jok pengemudi dan penumpang depan

Pertama kelemahan yang ada pada Suzuki APV yakni mesinnya yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.

Peletakan mesin di bawah menghasilkan panas berlebih di dalam kabin yang dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara.

Padahal mobil ini punya kap depan alias bonnet tapi bukan dipakai untuk kompartemen mesin.

Selain mengurangi kesan nyaman, kekurangan lain ada pada faktor keselamatan.

Hal itu dikarenakan di bagian depannya mobil ini memiliki bonnet pendek sehingga serapan energi ke kabin ketika mengalami tumbukan sangat besar.

Bagi sebagian orang, terutama yang baru bisa mengemudi, mobil berdesain tanpa bonet ini terkadang juga bikin kagok, karena objek dari depan seakan-akan begitu dekat dengan pengemudi.

2. Ruang Kaki Baris Pertama Terbatas

kelemahan Suzuki APV

Pengemudi berpostur tubuh jangkung akan kurang nyaman di kabin depan APV

Pada jok baris pertamanya, untuk ruang bebas kaki (legroom) APV baik di sisi pengemudi maupun penumpang depan sangat terbatas.

Kondisi tersebut dikarenakan pada ujung bagian kanan dan kirinya mobil ini memiliki gundukan yang merupakan ruang fender roda namun menjorok hingga ke kabin depan. 

Ini juga jadi salah satu kelemahan dari desain APV yang punya bonnet pendek.

Baca juga: APV Versi Pick Up, Simak 5 Kekurangan Suzuki Mega Carry

3. Peredam Kabin Tipis

Kekurangan Suzuki APV

Layout kabin depan APV

Kelemahan lain yang dikeluhkan pengguna Suzuki APV ada pada peredam kabinnya.

Untuk peredam kabin mobil ini dirasa sangat tipis sehingga tidak mampu mengurangi getaran dan suara dari ruang mesin maupun bagian luar mobil saat tengah melaju yang berdampak pada kurangnya rasa nyaman dalam berkendara.

Guna mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambahkan peredam di bagian lantai kabin dan dinding pintu.

Tak cuma itu, peredam di bagian atap juga bisa ditambahkan guna memberikan kekedapan suara lebih baik terutama pada saat turun hujan.

Pilihan material dan tata letak kontrol juga cenderung kurang modern dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di kelasnya.

4. Suspensi Keras

Kekurangan Suzuki APV

Struktur tubuhnya didesain sebagai kendaraan pengangkut barang

Bagian depan Suzuki APV menggunakan suspensi berjeniskan Mac Pherson Strut dan coil springs, sedangkan di belakang memakai model 3-link rigid axle with coil springs.

Untuk bantingan yang dihasilkan pada suspensi depannya cenderung keras ketika melewati jalan berkontur.

Demikian juga pada ayunan suspensi roda belakang yang tidak bisa dibilang lembut.

Ini mungkin akibat Suzuki yang mendesain konstruksi sasis serta suspensi pada APV untuk kebutuhan multi purpose, yakni bisa bawa orang dan barang sekaligus.

Sehingga yang ditekankan adalah bagaimana daya tahan mobil tersebut untuk "mengemban" berbagai tugas berat.

Sehingga ketika memiliki bantingan yang keras tentu mengurangi kesan nyaman dalam berkendara, padahal kompetitornya bisa menyajikan hal yang berbeda dari APV.

Meskipun dapat memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan rata, mobil ini mungkin tidak seoptimal ketika harus melewati medan berkontur atau jalan berlobang, terutama dalam perjalanan jarak jauh atau di daerah dengan kondisi jalan yang tidak begitu baik.

Baca juga: Belasan Tahun Modelnya Gitu-gitu Aja, Suzuki APV Ternyata Masih Bisa Diandalkan

5. Ban Depan Sering Makan Sebelah

Kekurangan Suzuki APV

Lakukan pengecekan pada tingkat keausan tapak ban

Selain suspensi yang terasa keras ketika melewati jalan rusak, kelemahan Suzuki APV yang lain kembali ada pada bagian kaki kaki depan.

Sejumlah pengguna mobil ini mengeluhkan jika ban depan kerap mengalami keausan pada bagian tapaknya hanya di satu sisi, atau yang kerap disebut dengan istilah ban makan sebelah.

Guna mengatasi ban makan sebelah tersebut, sebenarnya bisa dilakukan spooring maupun balancing secara berkala 6 bulan sekali apabila mobil sering digunakan.

Tak hanya itu, kaki-kaki depan mobil ini juga rentan bermasalah seperti pada bagian tie rod, link stabilizer, dan ball joint karena masa pakai.

Kaki-kaki yang bermasalah tersebut selain mengurangi kestabilan berkendara tentu akan timbul suara asing seperti ‘gluduk’ ketika melewati jalan rusak.

Untuk itulah, ketika hendak ingin membeli Suzuki APV bekas, maka perhatikan baik-baik kondisi roda depan, termasuk lakukan tes jalan untuk mengetahui apakah ada suara-suara asing dari bagian kaki-kaki.

6. Desain Boxy Bikin Limbung Saat Manuver

Kekurangan Suzuki APV

Pengendalian tidak sebaik MPV bonnet lainnya

Secara dimensi untuk panjang body keseluruhan Suzuki APV berada di angka 4.230 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.865 mm.

Memiliki postur tubuh berbentuk kotak, untuk tingkat aerodinamis berkendaranya terbilang kurang.

Hal ini dibuktikan ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi mobil terasa goyang dan kerap timbul gejala body roll.

Memang perlu diketahui, mobil berdesain boxy seperti APV tidak direkomendasikan untuk dipacu pada kecepatan tinggi, sebab bakal sangat limbung ketika terkena hempasan angin dari arah sisi, atau pada saat bermanuver di tikungan.

Ini memang kekurangan yang tidak hanya dimiliki APV tapi juga minibus boxy lainnya, sehingga jika Anda berniat membeli mobil dengan kesenangan berkendara yang jempolan, pilihkan kendaraan tipe hatchback atau sedan.

7. Minim Fitur Keselamatan Berkendara

Kekurangan Suzuki APV

Ada varian transmisi manual dan otomatis

Untuk fitur keselamatannya Suzuki APV terbilang minim karena hanya dilengkapi side impact beam, seatbelt dan TECT BODY yang dapat meredam energy jika terjadinya benturan.

Pada versi faceliftnya, mobil ini mendapatkan tambahan dual SRS Airbags di depan yang secara otomatis akan mengembang ketika mobil mengalami benturan cukup keras.

Mengenai sistem pengeremannya, APV tidak dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA) maupun Electronic Brake Distribution (EBD) sehingga dapat menyebabkan terkuncinya roda yang menyebabkan mobil tergelincir ketika pengemudi menginjak rem secara mendadak.

Fitur seperti Hill Start Assist (HSA), Rear Camera, Smart Key, serta Immobilizer juga belum ada di mobil yang satu ini.

Ini menjadi pertimbangan penting terutama bagi konsumen yang menempatkan keamanan sebagai prioritas utama dalam memilih mobil keluarga.

8. Mesin Kurang Responsif dan Sulit Memasukan Gigi Mundur

Kekurangan Suzuki APV

Terakhir kelemahan Suzuki APV ada pada performa mesin yang dihasilkan.

APV menggunakan mesin 1.500 cc G15A 4 silinder 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga 94,5 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 126 Nm di 3.000 rpm.

Punya diameter x langkah 75,0 x 84,5 mm, APV juga hadir dengan opsi transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan konvensional.

Mesin yang terpasang ini ternyata untuk tarikan awal akselerasinya terasa kurang begitu responsif yang kemungkinan dikarenakan bodynya yang besar.

Kemudian meskipun Suzuki APV dapat diandalkan dalam hal daya angkut, performa bahan bakarnya terkadang tidak seefisien kendaraan sekelasnya.

Tingginya konsumsi bahan bakar dapat menjadi beban finansial jangka panjang bagi pemilik mobil yang mengutamakan efisiensi dan hemat biaya operasional.

Selain itu keluhan lain ada pada pengguna APV transmisi manual untuk memasukan gigi mundurnya mobil ini terasa sedikit terasa keras sehingga dibutuhkan kesabaran ketika ingin bergerak mundur.

Baca juga: Harga Baru Daihatsu Luxio Lebih Mahal Hampir Rp5 Juta Dibanding Suzuki APV, Apakah Fiturnya Lebih Oke?

Kesimpulan

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan yang menjadi daya tariknya, tidak dapat dipungkiri bahwa ada kelemahan Suzuki APV yang perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli. P

emahaman mendalam mengenai kelemahan potensial ini dapat membantu konsumen membuat keputusan yang informasional dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tetaplah bijak dalam mengukur pro dan kontra sebelum memutuskan apakah Suzuki APV adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan mobilitas Anda.

@garasi.autofun Sama-sama 5-seater, kalian pilih crossover atau hatchback? #tipsmobil #reviewmobil #tipsmobilbekas #bekasberkualitas #mobilbekas #suzuki #mazda #sx4scross #mazda2 ♬ 80-90s funk Japanese style - 庭

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki APV Arena Blind Van

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil