window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

UGM Mau Bikin Mobil Listrik Mungil, Siap Hadapi Wuling Air EV?

Herdi · 30 Des, 2022 19:00

UGM Mau Bikin Mobil Listrik Mungil, Siap Hadapi Wuling Air EV? 01

Era elektrifikasi di depan mata. Hal inilah yang membuat banyak mobil-mobil bertenaga listrik semakin bermunculan. Hal ini juga akan dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM). Ya, rencananya kampus UGM akan menghadirkan mobil listrik.

Ini terlihat dari bocoran desain paten dari Berita Resmi Desain Industri No.43/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga: Daihatsu Tanto Siapkan Masuk Pasar Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain paten mobil listrik karya UGM

Desain paten mobil listrik karya UGM

Dari keterangannya, diketahui desain tersebut diserahkan sejak 16 Desember 2022 dan diumumkan pada 27 Desember 2022 kemarin. Desain nama pemohon desain industri adalah Universitas Gadjah Mada, dengan alamat Direktorat Penelitian, Gedung Pusat UGM, Lantas 3, Sayap Selatan, Bulaksumur Indonesia.

Adapun nama pendesain mobil listrik dari kampus UGM dilakukan oleh beberapa orang diantaranya Ir. Dr. Eng. M. Arif Wibisono, Ir. Dr. Eng. R. Rachmat A. Sriwijaya, Enas Dhuhri Kusuma, Fery Prasetyawan,  Misbachul Hanif, dan Yudha Apriyanto.

Baca juga: Mitsubishi XFC Concept 2023 Didesain Bisa Terabas Banjir, Cocok Banget Buat di Indonesia!

Desain paten mobil listrik karya UGM

Desain paten mobil listrik karya UGM

Tidak banyak informasi mengenai keterangan desain mobil listrik karya kampus UGM. Hanya saja, terlihat guratan kasar berupa lekukan-lekukan mobil tersebut, termasuk akses masuk penumpang yang hanya tersedia dua pintu. 

Bentuknya Seperti Wuling Air EV

Wuling Air ev

Wuling Air ev

Jika melihat desain paten mobil listrik dari kampus UGM ini, maka akan mengingat dengan mobil 'nyetrum' seperti Wuling Air ev, yang kini sudah banyak ditemukan di jalanan.

Namun perlu dicatat, untuk mobil listrik kecil tidak hanya Wuling Air ev saja, tapi ke depan akan ada DFSK Mini EV. Bahkan rencananya DFSK Mini EV disebut-sebut dipersiapkan untuk diproduksi di Indonesia. 

DFSK Mini EV

DFSK Mini EV

Sebelumnya, Toyota juga pernah membawa mobil listrik dengan bentuk kecil, yaitu C+Pod. Akan tetapi, meski mobil listrik mungil dari Toyota ini memang sering kali hilir mudik muncul di pameran otomotif nasional. Namun belum diinformasikan apakah akan dijual di Indonesia atau tidak. 

Baca juga: DFSK Mini EV Siap Tantang Wuling Air ev Tahun Depan, Harga Rp200 jutaan

Toyota C+Pod

Toyota C+Pod

Nah, jika UGM benar ingin menghadirkan mobil listrik dengan ukuran mini, setidaknya mobil ini dilengkapi teknologi dan fitur canggih, serta jika dijual harganya harus sangat terjangkau. Selain itu, mobil ini juga harus bikin bangga masyarakat Indonesia.

Ehm, jadi bikin penasaran gimana wujud aslinya nanti!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia