window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya

Enda · 13 Apr, 2021 17:00

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 01

Velg mobil peyang

Velg atau rim adalah lingkaran roda yang umumnya berbahan dasar alumunium atau besi yang dibalut ban. Velg ini berguna sebagai tumpuan kendaraan.

Salah satu bagian terpenting pada mobil ini berperan penting untuk menjalankan mobil dengan stabil agar dapat melaju secara nyaman.

Velg mobil yang peyang dapat berpengaruh besar terhadap kestabilan atau gaya berkendara. Velg mobil yang tidak rata, biasanya diakibatkan dari penggunaan yang tidak sewajarnya. Entah mobil menghantam lubang disaat melaju dalam kecepatan tinggi, ataupun menopang beban yang terlalu berat.

Pastikan velg berfungsi secara optimal sebagai media untuk mobil dapat berjalan. Apabila velg bermasalah, faktor terbesar yang bisa ditimbulkan yaitu terjadinya kecelakaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk mengetahui gejala apa saja yang ditimbulkan dari velg mobil yang bermasalah, kami akan memberikan beberapa informasinya kepada kalian.

Gejala yang Timbul Akibat Velg Mobil Peyang

Salah Satu Permukaan Ban Mobil Lebih Cepat Botak

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 01

Ban mobil tidak rata

Velg mobil peyang, biasanya menyebabkan salah satu bagian tapak pada ban memiliki tekanan yang tidak seimbang. Hal ini berdampak pada salah satu permukaan ban yang lebih cepat aus.

Bagian ban yang lebih cepat aus bisa dihindari ketika kalian mengetahui adanya kerusakkan velg lebih cepat. Jika indikasi utama mengarah pada bagian ini, kalian bisa melakukan pengecekan ke toko ban untuk melakukan balancing ataupun press velg.

Baca juga: Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

Setir Terasa Bergetar Ketika Mobil Melaju Dikecepatan Tinggi

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 02

Mengemudi mobil setir terasa bergetar

Apabila kalian mengetahui kurangnya tekanan angin pada ban, secara otomatis kalian akan merasakan sistem kendali yang ikut berubah. Gejala serupa pun bisa dialami kalau velg mobil ada yang peyang dan retak rambut. 

Velg akan terasa bergetar cukup hebat pada bagian lingkar kemudi ketika melaju dalam kecepatan tinggi, sehingga akan sangat berbahaya bagi laju dan stabilitas kendaraan. Jika sudah begitu, sebaiknya melakukan pemeriksaan pada bagian velg jika efek getaran ini masih terasa pada kemudi mobil saat sedang melaju.

Putaran dari velg mobil yang tidak seimbang juga akan mengeluarkan derit metal saat ada bagian yang rusak pada mobil. Bermula dari kondisi velg mobil yang peyang, kerusakan bisa semakin parah menjadi retak bahkan velg bisa pecah.

Berkurangnya Tekanan Angin Pada Ban

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 03

Ban mobil selalu kempis yang disebabkan velg mobil peyang

Tekanan angin pada ban yang terus menerus berkurang, tidak hanya bisa disebabkan oleh kebocoran ban. Hal lain bisa ditimbulkan dari kerusakan pada velg. Karena itu, periksa bagian velg yang rusak secara perlahan menggunakan cairan sabun.

Jika sudah berhasil diditeksi, dan kerusakan yang ditimbulkan dalam kategori ringan, velg mobil peyang masih bisa diperbaiki. Velg mobil yang tidak rata ini bisa kalian bawa ke bengkel untuk diperbaiki ke bentuk aslinya.

Timbul Suara Berderit Dari Velg Mobil

Selain pertanda fisik yang dirasakan oleh kendaraan, kalian mungkin juga akan mendengar suara berderit dari velg mobil. Salah satu bagian yang biasanya rusak adalah spoke pada velg. Meskipun getarannya tidak terlalu terasa, kalian bisa lebih mewaspadai kerusakan ini agar bisa langsung diperbaiki.

Suara Dengung Muncul Ketika Mobil Melaju Dikecepatan Tinggi

Suara dengung yang merangsek masuk ke dalam kabin ketika melaju di kecepatan tinggi tidak hanya timbul dari gear differential yang mengalami keausan, ataupun as kopel atau cross joint bermasalah.

Suara dengung yang muncul juga bisa berasal akibat velg mobil peyang. Dengan begitu, gejala lain velg mobil yang bermasalah ini mulai bisa kalian ketahui satu persatu.

Cara Mudah Merawat Agar Velg Mobil Tidak Mudah Peyang

Bagi kalian yang ingin membuat velg mobil tetap stabil dan tahan lama, berikut beberapa tips merawat velg agar tidak cepat peyang.

Hindari Jalan Berlubang

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 04

Jalan berlubang

Sebaiknya kalian lebih waspada di jalanan ketika melewati jalan yang berlubang. Apabila kalian terpaksa dengan harus melewati jalan yang berlubang, pastikan untuk menurunkan kecepatan kendaraan agar suspensi mobil bisa meredam guncangan dengan baik. Jika melakukan hal seperti itu, bisa dipastikan kondisi velg akan jauh lebih aman.

Selalu Perhatikan Tekanan Angin

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 05

Periksa tekanan angin pada ban

Sebelum melakukan perjalanan, kalian diwajibkan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil sebelum menggunakannya. Jangan remehkan hal ini karena tekanan ban bisa memengaruhi kinerja velg.

Pastikan tekanan anginnya selalu pas, sesuai dengan yang tertera di dinding ban atau di pintu mobil bagian dalam. Jika angin terasa kurang, segera berikan tambahan angin agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan terjaga.

Baca juga:Cara Mengetahui Kekentalan dan Jenis Oli Untuk Mobil Baru

Lakukan Pengecekan Terhadap Velg Sebelum Berkendara

Untuk menghindari supaya velg tidak peyang semakin parah, kalian juga bisa secara rutin memeriksa kondisi velg. Usahakan memeriksa ukuran velg setiap kali ingin berkendara, terlebih lagi jika mobil baru saja menghantam lubang. Jika ada perubahan bentuk velg, segera bawa ke bengkel agar bisa diperbaiki lebih cepat.

Jangan Sesering Mungkin Mencuci Velg Mobil Dalam Kondisi Panas

Velg Peyang Bikin Mobil Geal-Geol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya 06

Mencuci velg mobil jangan sembarangan

Salah satu hal yang wajib kalian pahami ketika ingin membersihkan velg, jangan mungkin mencuci velg dalam kondisi masih panas. Biasanya ini dilakukan oleh sebagian orang yang langsung mencuci mobil setelah melakukan perjalanan jauh, supaya mobil kembali bersih. 

Baiknya diamkan dulu sejenak mobil ketika habis digunakan dalam rentan waktu 10-20 menit sebelum membersihkan kotoran menggunakan air.

Suhu panas yang diredam velg akibat gaya gesek setelah perjalanan jauh bisa mengakibatkan velg mobil berubah bentuk dan berubah warna. Cara seperti ini harus selalu kalian perhatikan agar kondisi velg tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Mobil Sering Brebet Ketika Digas Jangan Keburu Panik, Kenali Beberapa Penyebabnya!

Jadi, mencegah velg peyang lebih gampang kan? 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil