Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

Enda · 28 Mar, 2021 14:00

Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri 01

Spooring ban mobil secara manual

Tidak melihat mobil baru ataupun mobil lama, spooring ban mobil harus dilakukan demi memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Spooring atau dengan nama lain wheel alignment ini bertujuan untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil yang berlawanan.

Pada umumnya, penyelarasan titik keseimbangan antar ban dilakukan pada bagian roda depan mobil sebagai bagian yang mengarahkan dan menstabilkan laju kendaraan. Bicara mengenai prosesnya, penyetelan antar roda ini dilakukan meliputi camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius.

Fungsi utamanya jelas, memberikan kenyamanan dengan menjaga kestabilan kendaraan agar lingkar kemudi menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok, mencegah kendaraan belok dengan sendirinya dan menghindari keausan pada salah satu sisi roda. Disisi lain, melakukan spooring juga dapat menjaga keawetan komponen mobil, sperti tie rod, ball joint dan shockbreaker.

Baca juga: Aki Basah Vs Aki Kering, Mana yang Paling Awet?

Beberapa Tanda Harus Melakukan Spooring Ban Mobil

  1. Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.
  2. Ketika stir dibelokkan dan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan, dipastikan titik keseimbangan antar ban tidak center.
  3. Stir bergetar pada kecepatan tinggi sebagai salah satu gejala mobil harus segera di spooring
  4. Ketika mobil sedang diparkir di permukaan yang rata, salah satu rodanya ada yang terlihat keluar.
  5. Saat menginjak rem pada kecepatan yang tinggi, mobil terasa kehilangan kendali lari ke kanan maupun ke kiri.

Tidak Perlu ke Bengkel, Spooring Ban Mobil Bisa Dilakukan di Rumah

Jika kalian malas pergi ke bengkel, spooring juga bisa dilakukan di rumah. Secara manual, spooring ban mobil bisa menggunakan benang dan meteran. Berikut caranya.

Baca juga: Suka Pegal Saat Mengemudi? Berikut Posisi Duduk yang Ideal

Gunakan Benang Layangan atau Benang Kasur

Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri 02

Spooring ban mobil menggunakan benang

Pertama kali sebelum menggunakan benang untuk melakukan spooring secara manual, kalian harus memarkirkan mobil pada permukaan yang rata. Sebelum menyetel menggunakan benang, pastikan juga posisi lingkar kemudi dalam keadaan lurus atau sejajar.

Kemudian lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, lalu kembali ke roda belakang yang sama pada sisi lainnya. Caranya, ikatkan ujung benang pada per, chassis, atau komponen lain di bagian dalam belakang roda.

Jika melihat salah satu roda bagian depan terdapat cela, atur panjang tie rod hingga menghasilkan setelan yang sesuai. Cara menyetelnya, kalian tidak perlu mendongkrak ban mobil. Karena dengan mendongkrak salah satu bagian roda, justru tidak dapat mewakili kondisi realnya nanti.

Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri 03

Dalam langkah penyetelan, kalian harus menyiapkan kunci pass, kunci pass ring dan kunci pipa. Mengenai kunci pass dan kunci pass ring, kalian harus menyiapkan empat ukuran, yakni 13, 14, 17 dan 19. Selanjutnya, mur baut yang kami lingkari dengan warna hijau ini dikendorkan menggunakan kunci 17 atau 19.

Untuk menyetelnya, putar batang tie road atau dengan nama lain rack end yang kami lingkari dengan warna merah menggunakan kunci 13 atau 14. Apabila tidak ada kunci yang dimaksud, bisa menggunakan kunci pipa.

Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri 04

Putar batang tie rod dengan kunci, dan pastikan sisi roda depan dan belakang sudah menyentuh benang secara pas, tidak renggang, maupun terlalu menekan sisi roda depan. Jika setelan tie rod dinilai pas, langkah selanjutnya kencangkan kembali baut pada tie rod yang dilingkari warna hijau menggunakan kunci 17 atau 19.

Cara Lain dengan Menggunakan Meteran

Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri 05

Spooring ban mobil menggunakan meteran

Tidak hanya menggunakan benang, proses spooring ban mobil juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan meteran. Pertama-tama jalankan mobil secara lurus sepanjang kurang lebih 3 meter dan kemudian tarik rem tangan dalam posisi stir yang lurus.

Langkah berikutnya, ukur jarak antara kedua roda depan dan lakukan pengukuran pada sisi depan dan belakang roda menggunakan meteran. Roda yang membutuhkan spooring biasanya memiliki ukuran jarak berbeda pada sisi depan dan belakang.

Untuk mendapatinya agar kembali normal, gunakan cara yang sama dalam mengendurkan dan mengencangkan mur baut serta penyetelan tie rod seperti cara spooring manual menggunakan benang. Sebagai catatan, penyetelannya jangan sampai melebihi batas antara 1-5 mm.

Baca juga: Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Baojun 310 1.2L MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru